Pengertian TPMS ‘Tire Pressure Monitoring System’ pada Ban Mobil

Memahami Pengertian TPMS

CaruserMagz.com Fungsi dan Pengertian TPMS – Tekanan udara ban mobil sangatlah penting untuk senantiasa dipantau, mengingat parameter tersebut terkait dengan keselamatan berkendara.

Tekanan ban haruslah mencukupi sesuai anjuran pabrikan untuk menghindari berbagai risiko seperti ban jadi cepat aus, potensi meledak hingga mengakibatkan kecelakaan lalu-lintas.

Teknologi kini memungkinkan kita memantau tekanan ban mobil setiap saat, bahkan dalam kondisi mobil sedang berjalan. Teknologi tersebut diwujudkan sebagai fitur Tire Pressure Monitoring System atau disingkat TPMS.

Untuk memahami apa pengertian TPMS, bagaimana cara kerjanya dan apa manfaatnya, berikut kami sampaikan:

Pengertian TPMS

TPMS atau sistem pemantauan tekanan ban adalah sistem terkomputerisasi yang menampilkan tekanan udara setiap ban dan memberi peringatan pada pengemudi saat tekanan salah satu atau lebih ban kurang atau lebih dari standar yang diizinkan.

Peringantan yang diberikan biasanya berupa display yang menyala di dashboard atau cluster-meter. Tanda tekanan ban “rendah” dan “tinggi” bisa dibedakan dari warna atau ikon yang tampil. Beberapa TPMS termasuk memberikan informasi temperatur ban.

TPMS memantau ban kempes
Ban kempes berbahaya

Cara Kerja TPMS

Perangkat dari sistem pemantau tekanan ban ini terdiri dari sensor di setiap roda, modul penerima di mobil, dan tampilan display peringatan untuk pengemudi. Ada dua jenis TPMS, yaitu sistem pembacaan langsung dan sistem pembacaan tidak langsung.

TPMS dengan pembaca langsung menggunakan sensor di roda yang mengukur tekanan udara setiap ban secara langsung. Biasanya peringatan akan diberikan jika tekanan ban lebih tinggi atau rendah 25% dari yang diperbolehkan.

TPMS dengan sistem tidak langsung menggunakan sensor kecepatan roda pada fitur Antilock Braking System (ABS). Sensor mendeteksi ketika ban berputar lebih lambat dari ban lain sebagai indikasi bahwa tekanannya rendah. Selanjutnya sistem akan memicu peringatan pada pengemudi.

Baca: Mengapa Lebih Baik pakai Nitrogen untuk Ban Mobil Anda?

Hal yang Perlu Diketahui tentang TPMS

Jika mobil Anda memiliki TPMS, maka perlu diketahui beberapa fakta agar memahami fungsinya dengan baik, yaitu sebagai berikut:

  • TPMS tidak akan berfungsi jika ban kempes.
  • Jika TPMS tidak berfungsi karena ada kerusakan, dashboard akan menampilkan “TPMS Malfunction”, maka sensor perlu dicek dan diperbaiki atau bahkan diganti.
  • Pada TPMS yang juga mendeteksi penurunan suhu, lampu TPMS mungkin akan menyala jika cuaca di luar dingin, walau sebenarnya tekanan ban normal. Hal itu dipengaruhi oleh sifat udara yang sangat dipengaruhi temperatur.
  • Ban yang bocor halus akan mengakibatkan lampu TPMS juga menyala, walau saat dicek tekanan ban tampak normal.

Kelebihan dan Kekurangan TPMS

Beberapa hal dianggap sebagai kelebihan dan kelemahan pada sistem pemantau tekanan ban ini, yaitu:

Kelebihan TPMS

  • Sistem TPMS dapat mencegah masalah terkait tekanan ban yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, semisal ledakan, sehingga membantu mengurangi risiko kecelakaan.
  • Dengan tekanan ban yang bisa dipantau dan dijaga pada tekanan optimum, akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.
  • Membantu menghilangkan rasa was-was pada pengemudi mengenai apakah tekanan ban mobilnya seimbang atau tidak, sehingga membantu memberi rasa percaya diri yang lebih baik.

Kekurangan TPMS

Beberapa hal bisa dianggap kelemahan TPMS, yaitu antara lain:

  • Lebih mahal – Ini adalah sistem tambahan dengan fungsi elektronik, sehingga sedikit banyak akan menambah harga pada mobil.
  • Memerlukan pemeliharaan – sebagaimana perangkat mobil lainnya. Semakin canggih mobil, maka perawatannya tentu akan makin kompleks.
  • Jika sistem error, terkadang TPMS memberi alarm palsu.
  • Untuk TPMS jenis sensor langsung, sensornya mudah dilepas dan dicuri oleh pencuri yang mengerti fitur ini, karena sensornya terpasang di roda.
Fitur TMPS - Pemantau Tekanan Ban Mobil
Fitur TMPS – Pemantau Tekanan Ban Mobil

Baca juga: Mengapa Ban Dibuat dari Bahan Karet?

Kesimpulan

TPMS sudah mulai jadi fitur umum di kendaraan menengah ke bawah sejak tahun 2020. Fitur ini sangat berguna terutama karena berkaitan dengan keselamatan berkendara.

Bagi Anda yang ingin memiliki fitur ini, namun mobil Anda belum menyediakannya, maka bisa membelinya sebagai fitur after-market, namun display-nya tidak terintegrasi dengan cluster-meter atau head unit mobil.

Mengetahui fungsi, cara kerja dan pengertian TPMS termasuk kelebihan dan kekurangannya akan sangat bermamfaat, sehingga Anda bisa memamfaatkan fungsinya dengan maksimal.

Tulis Komentar