CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Mobil Konsep Low MPV Hyundai - Diperkirakan Bernama StariaDecember 9, 2020

MPV Hyundai Penantang Avanza dan Xpander Bernama Staria?

CaruserMagz.com – Low MPV Hyundai Made in Indonesia Tercium Media otomotif Filipina. Autoindustriya mengabarkan bahwa Hyundai telah mendaftarkan sebuah nama mobil di Kantor Hak Kekayaan Intelektual Filipina. Produk tersebut bernama Staria yang didaftarkan pada 1 Juni dan nama Staria Premium menyusul diajukan pada 15 September 2020 lalu.

Media Filipina tersebut menyebutkan bahwa berdasarkan keterangan merek dagangnya, nama itu merupakan produk otomotif yang bisa berupa van, wagon, mobil listrik sepenuhnya (EV), atau mobil hybrid. Namun belum dapat dipastikan jenis kendaraan mana tepatnya, karena masih bersifat informasi umum.

Dugaan yang beralasan kuat adalah bahwa pabrikan Korea Selatan tersebut dikabarkan akan mengimpor beberapa model mobil yang diproduksi di Indonesia. Itu sangat masuk akal karena Hyundai sedang membangun pabriknya di Cikarang, Jawa Barat yang direncanakan mulai beroperasi pada awal 2022.

Mengenai model yang akan diproduksi di pabrik Hyundai Indonesia tersebut, kami pernah mendapat bocoran halus dari petinggi distributor resmi Hyundai di Palembang pada November 2018 silam, yang kami beritakan pada artikel ini: Konsolidasi Internal Hyundai Indonesia Minta Masukan untuk Mobil yang akan diproduksi di Pabrik Hyundai Cikarang.

Pembangunan Pabrik Hyundai di Cikarang
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam kunjungan ke lokasi pabrik PT HMMI di Cikarang, Bekasi, Jumat (17/4/2020) – Foto oleh AntaraNews

Menurut beliau memang Hyundai berencana memproduksi Low MPV di Indonesia, khususnya mobil murah untuk kalangan menengah ke bawah. Ada juga informasi bahwa model tersebut akan dibuat kembaran dengan produk berlencana KIA, layaknya kembaran Avanza dan Xenia.

Media otomotif di Indonesia saat ini telah banyak mendapat bocoran dari informan yang disebut terpercaya, bahwa Hyundai memang sedang menyiapkan MPV kompak berkapasitas 7-penumpang untuk diproduksi di pabrik Hyundai Cikarang.

Informasi dari Filipina ini cukup masuk akal, bahwa Staria kemungkinan besar adalah penantang Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Mitsubishi Xpander, mengingat model-model LMPV tersebut juga ada di pasar Filipina.

Baca juga:

Namun dikabarkan oleh Autoindustriya, selain merek dagang lokalnya di Filipina, Nama Staria juga terdaftar di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Laos, dan Kamboja. Anehnya, nama itu juga sampai ke Jerman, Prancis, dan Amerika Latin.

Ini bisa jadi dugaan lain, bahwa Staria adalah nama dagang untuk produk global, mengingat ada juga isu bahwa akan ada versi 3-baris untuk crossover Hyundai Creta atau Staria merupakan generasi baru dari Hyundai Starex.

Benarkah Staria akan menjadi nama LMPV Hyundai made in Indonesia atau bukan? Kepastiannya masih cukup lama. Mungkin setengah hingga satu tahun ke depan baru kita ketahui jelasnya, mengingat pabrik Hyundai direncanakan mulai mengeluarkan produknya pada Februari 2022.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar