Daihatsu Taft Concept at Tokyo Auto Salon 2020

Daihatsu TAFT Concept Dipamerkan, Musuh Bebuyutan Suzuki Jimny Bangkit Lagi

Berita Daihatsu SUV
CaruserMagz.com – Daihatsu Motor Corporation telah memperkenalkan crossover Daihatsu TAFT Concept pada Tokyo Auto Salon 2020. Seperti tak mau kalah dari Suzuki yang menghadirkan kembali SUV mungil legendarisnya, Suzuki Jimny, Daihatsu pun kini memperbarui model lawasnya yang dulu sangat populer di tahun 90an tersebut.

 
Mungkin melihat kesuksesan luar biasa dari Suzuki Jimny pada dua model terakhirnya dengan pemesanan meledak hingga pabrikan Jepang tersebut kewalahan memenuhi permintaan dari seluruh dunia. Mobil dengan nama yang merupakan singkatan dari “Tough & Almighty Fun Tool” tersebut dilahirkan kembali oleh Daihatsu.

 
Namun pihak Daihatsu tidak mau dikatakan bahwa Taft versi modern ini adalah pesaing Suzuki Jimny. Melainkan punya segmennya sendiri yang tidak sekaku Jimny, tapi tidak pula soft seperti Kei Car Suzuki Hustler.

Daihatsu Taft Concept - Tampak Belakang
Daihatsu Taft Concept – Tampak Belakang

Tidak ada pesaing langsung dari Taft, itu bukan model yang lembut seperti Suzuki Hustler baru, itu bukan pula model yang kaku seperti Jimny baru. Tapi berada di tengah, menjadi model baru yang akan mengambil posisi strategis,” seperti kata pihak Daihatsu.

 
Daihatsu Taft modern ini mengadopsi platform DNGA dan disebut berjenis crossover ringan yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari, tapi juga berjiwa SUV untuk dibawa rekreasi.

 
Hal itu terlihat dari bentuk konsepnya yang terlihat mengotak, namun tetap punya nuansa lebih soft dibanding Taft yang kita kenal pada zaman kejayaannya. Di tahun 80 hingga 90an, Daihatsu Taft punya varian pendek dan panjang, dimana yang lebih panjang bernama Taft HiLine. Taft Hiline ini sangat populer sebagai kendaraan operasional pertambangan dan perkebunan berkat ketangguhannya.

Daihatsu Taft Concept - Tampak Depan dan Belakang
Daihatsu Taft Concept – Tampak Depan dan Belakang

Meskipun baru diumumkan model konsepnya saja, pihak Daihatsu Jepang telah mengumumkan di website resminya, bahwa TAFT baru ini sudah bisa dipesan sejak 1 April 2020, namun hanya untuk konsumen Jepang saja. Sedangkan peluncuran model produksinya dijadwalkan pada bulan Juni 2020.

 
Menurut pihak Daihatsu Jepang, model produksi masal dari Daihatsu Crossover Taft ini akan memiliki perbedaan dibanding versi konsepnya. Versi konsep ini terlihat retro dengan warna hijau ala militer, namun lebih berkesan Kei Car untuk perkotaan karena ground clearance yang nampak rendah. Dalam hal bentuk konsep ini mengotak layaknya SUV, namun secara keseluruhan terlihat tidak segarang Jimny yang berkesan sangat off-roader.

Daihatsu Taft Concept - Interior
Daihatsu Taft Concept – Interior

Pada bagian interior, suasana berplastik sanga kental, tidak ada nuansa glossy atau ornamen carbon, yang ada adalah aksen berwarna orange pada beberapa bagian seperti center cluster dan kisi-kisi AC pada dashboard. Sedangkan doortrim terlihat polos dengan bahan plastik keras tanpa bahan kain, apalagi soft touch atau kulit.

 
Jok menggunakan bahan anti air dengan jahitan berwarna oranye dan motif sarang lebah dengan warna senada plastik doortrim. Kabar baiknya adalah sudah ada head unit layar sentuh yang lebar dan palang setir telah dilengkapi berbagai tombol switch.

 
Dalam hal fitur, kei car di Jepang cukup kaya fitur canggih. Misalnya rem parkir elektrik dan rem otomatis menjadi fitur standar, cruise control, pemanas kursi dan AC Digital. Jangan disamakan dengan LCGC ala Indonesia, karena Daihatsu Taft ini sudah dilengkapi panoramic sun roof.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar