Kia dan Hyundai Bangun Pabrik di Indonesia? Begini Mobil yang akan Dibuat

CaruserMagz.com – Sebelumnya telah berhembus rumor pada Agustus 2018, bahwa pihak Hyundai akan bangun pabrik di Indonesia. Hal tersebut menguak setelah diungkapkan oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Harjanto, setelah FGD antara Kadin Indonesia dan Korea International Trade Association (KITA), di GIIAS (6/8).

 
Hal tersebut tidak dibantah oleh Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), Mukiat Sutikno, saat dihubungi oleh Media. Namun dia mengatakan bahwa rencana tersebut masih rahasia internal pihaknya.

 
“Terkait rencana investasi Hyundai di Indonesia kami sebagai distributor memang ada diskusi dengan pihak Hyundai Korea tapi karena masih confidential mohon maaf kami belum bisa sharing dulu sekarang. Tapi yang penting kami selalu sharing ke pihak HMC terkait potential growth dari auto market Indonesia,” jelas Mukiat Sutikno, seperti dikutip detikOto, (3/9/2018).

 
Menurut Harjanto dari Kemenperin, pihak HMI telah memberikan permintaan-permintaan insentif untuk kemudahan berinvestasi di Indonesia. Sebagian besar sudah terakomodir, namun ada permintaan yang cukup sulit bagi Kemenperin adalah HMI menginginkan lahan gratis. Jika hanya mencarikan lokasi lahan yang kompetitif, pihaknya bisa memberikan masukan pada HMI.

 

Konsolidasi Internal jaringan Dealer HMI dan KMI

 
Hari ini, Sabtu 3 November 2018, kami mendapat sedikit bocoran informasi dari Eddy Yusuf, selaku General Manager Maju Motor Group (MMG) Palembang, yang mengelola Dealer dan Servie Center Hyundai dan Kia di Palembang.

 
Dalam perbincangan santai Eddy Yusuf menceritakan bahwa Hyundai dan Kia akan membangun pabrik di Indonesia, kemungkinan lokasinya di Cikarang.

 
Menurutnya, beberapa detail sudah disampaikan pihak HMI pada jaringan dealer di seluruh Indonesia dan pihaknya diminta masukan mengenai ekspektasi konsumen, baik terhadap produk mobil Hyundai dan Kia, maupun terhadap layanan service dan suku cadang.

 

Kapan dimulai Pembangunan Pabrik?

 
CaruserMagz menanyakan kapan rencana pembangunan pabrik tersebut dimulai. Dengan lugas Eddy menjawab bahwa pembangunan akan dimulai tahun 2019. “Hal itu sedang digodok pihak HMI, 2019 rencana tersebut go ahead” katanya.

 
Baca juga:

 

Apa Mobil yang akan dibuat Hyundai dan Kia di Indonesia?

 
Eddy Yusuf menjelaskan bahwa pihak HMI dan KMI tertarik untuk membuat produk mobil murah. Karena hal itu sedang booming di Indonesia. Menurutnya konsumen Indonesia itu pada dasarnya tidak neko-neko, asalkan mobilnya terjangkau makan akan laris.

 
“Mobil yang akan dibuat adalah mirip dengan mobil-mobil kembar di Indonesia, seperti Agya-Ayla, Rush-Terios dan lain-lain,” Ujar Eddy.

 
Ketika kami tanya apakah maksudnya sama dengan produk-produk mobil Korea yang sekarang ada, yang memang selalu berpasangan seperti Kia Picanto – hyundai i10, Kia Rio – Hyundai i20, Tucson – Sportage, dan Santa Fe – Sorento.

 
Eddy menjelaskan bahwa informasi yang dia dapatkan dari pusat, tidak demikian. Jadi itu adalah mobil-mobil yang benar-benar baru. Sedangkan yang ada sekarang, walau dibangun dengan platform dan mesin yang sama, pasangan-pasangan mobil Kia-Hyundai punya model desain yang benar-bear berbeda.

 
Menurutnya, mobil yang akan diproduksi Hyundai dan Kia di Indonesia adalah mobil dengan model, desain, mesin yang sama persis. Analogis dengan kembaran-kembaran Toyota-Daihatsu.

 
“Bukan seperti mobil Hyundai-Kia yang sudah ada sekarang, jadi itu mobil yang benar-benar sama bentuknya, ya seperti kembaran layaknya Rush-Terios,” Terang Eddy.

 
Namun Eddy Yusuf mengatakan bahwa informasi tersebut masih bersifat internal, masih confidensial, dan belum dirilis secara resmi ke media. Untuk pastinya, semoga ada klarifikasi atau penjelasan resmi dari petinggi Hyundai Mobil Indonesia atau Kia Mobil Indonesia.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar