Toyota Corolla Laku Setiap 28 Detik Hingga Capai 50 Juta Unit

Toyota Corolla Lintas Generasi

CaruserMagz.com – Toyota Corolla merupakan salah satu sedan populer di dunia. Mobil yang sangat digemari para pecinta otomotif dunia. Hal itu terbukti dengan rekor gelar mobil terlaris di dunia yang belum terpecahkan oleh model lain.

Model yang lebih dikenal di dunia dengan nama Corolla Altis ini memiliki predikat yang paling laris. Toyota Corolla telah mencatat angka penjualan hingga 50 juta unit. Artinya Corolla terjual 1 unit setiap 28 detik.

Corolla dipasarkan ke seluruh benua dalam persaingan dengan mobil terlaris lainnya seperti Volkswagen Golf dan Honda Civic.

Fakta Mobil Toyota Corolla Dari Generasi Ke Generasi

Generasi pertama dari mobil ini diperkenalkan pertama kali di Jepang pada 1966. Menyusul dipasarkan di Australia dan berlanjut menjadi booming di pasar Otomotif Amerika Serikat. Generasi pertama ini masih menggunakan lampu utama dengan bentuk bulat dan kaca spion di sebelah kap mesin.

Toyota Corolla Generasi Pertama
Toyota Corolla Generasi Pertama

Dibekali mesin 1.100 cc, Corolla dihadirkan dalam 3 tipe unik, yaitu tipe sedan berkode KE10, tipe Coupe dengan kode KE15 dan tipe Wagon dengan kode KE16.

Corolla generasi kedua hadir di Indonesia pada tahun 1971. Hal ini sekaligus menjadi kiprah awalnya di pasar otomotif Indonesia.

Berlanjut pada tahun 1975, Corolla generasi ketiga hadir di Indonesia dengan julukan Corolla Veteran atau Corvet.

Toyota Corolla Gen-1 Wagon
Toyota Corolla Gen-1 Wagon

Di tahun 1990an, sedan Corolla Altis sempat menjadi primadona orang kaya Indonesia, kemudian meredup karena kalah pamor oleh Camry, apalagi dengan menurunnya minat konsumen pada sedan, Corolla Altis di Indonesia seperti tenggelam.

Sejak kehadiran Kijang Innova dan model low MPV dan low SUV yang lebih menguasai pasar otomotif tanah air, Corolla makin sedikit volume penjualannya di Indonesia.

Namun Toyota tetap menghadirkan mobil sedan legendaris ini, meski untuk ceruk pasar yang sempit, dalam persaingan ketat dengan Honda Civic turbo dan Mazda 3 sedan.

Mobil Toyota Corolla
Mobil Toyota Corolla: Youtube.com

Memgikuti tren SUV, Corolla kini punya versi crossover sebagai Corolla Cross, di pasar global juga sudah ada model hatchback-nya.

Terlepas dari hal tersebut, tetap saja Toyota Corolla telah mengukir sejarah dunia dan menjadi mobil terpopuler yang pernah ada. Corolla tentu tak mudah luntur dari hati para penggemarnya.

Tulis Komentar