Mobil Pertama MG Indonesia Diluncurkan 19 Maret 2020 bernama MG ZS

Donasi atasi Covid-19 melalui ACT
CaruserMagz.com – Sebelumnya telah diumumkan bahwa Merek Otomotif asal Inggris bernama Morris Garage (MG) resmi memasuki pasar Indonesia. Sesuai janjinya, pabrikan Inggris tersebut akan segera meluncurkan mobil pertama MG untuk pasar Indonesia, berupa Compact SUV bernama MG ZS.

 
Untuk peluncuran mobil pertama MG Indonesia ini, pabrikan asal Inggris yang telah diakuisisi Raksasa otomotif China, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) tersebut telah melayangkan undangan ke media-media Indonesia. Prosesi buka tudung akan digelar pada Kamis, 19 Maret 2020.

 
Ya, MG sekarang merupakan bagian dari SAIC, sehingga berada dalam grup yang sama dengan Wuling Indonesia, bahkan MG telah meluncurkan Medium SUV bernama MG Hector di India, yang merupakan versi MG dari Wuling Almaz atau Baojun 530 di China.

 
Dalam undangannya, MG Motor Indonesia menjelaskan bahwa model pertama yang akan mereka luncurkan adalah Compact SUV bernama MG ZS. Walau telah dimiliki oleh Raksasa Otomotif China, namun MG Indonesia mengklaim Compact SUV tersebut tetap membawa standar khas mobil Inggris.

 
MG Motor Indonesia mengundang Anda untuk hadir dalam peluncuran MG ZS, mobil SUV kompak dengan desain eksterior, interior, serta mesin berstandar khas Inggris,” tulis MG Motor Indonesia pada undangan peluncuran perdananya.

MG ZS - Compact SUV Tampak Belakang
MG ZS – Compact SUV Tampak Belakang

MG ZS sendiri bukanlah model legendaris, melainkan model baru yang debut globalnya dilaksanakan saat perusahaan Inggris tersebut telah diakuisisi oleh SAIC, yaitu di ajang Guangzhou Auto Show 2016, China. MG ZS mulai dijual secara resmi di tiga negara pada tahun 2017, yaitu Inggris, Cina, dan Thailand.

 
Dilihat dari dimensi dan kapasitas penumpangnya, mobil pertama MG di Indonesia ini akan bersaingan dengan Honda HR-V, Mitsubishi Outlander Sport dan Suzuki SCross. Namun tergantung harganya, jika mencapai angka Rp 500 jutaan, maka akan berada dikelas yang lebih tinggi untuk bersaing dengan Mazda CX-30, Toyota C-HR dan Mitsubishi Eclipse Cross.

 
Di negara lain, MG ZS disediakan dengan dua pilihan powertrain, yaitu mesin 1500cc Naturally Aspirated dengan output tenaga hingga 106 ps dan torsi 141 Nm, dan mesin 1000cc turbocharger dengan tenaga hingga 111 PS dan torsi 160 Nm. Untuk di Indonesia, belum ada bocoran informasi mengenai dapur pacu MG ZS Indonesia.

 
Sekedar Informasi, Morris Garage atau MG adalah pabrikan mobil yang didirikan pada tahun 1924 oleh William Morris dan Cecil Kimber. MG merupakan brand legendari Inggris yang dibesarkan kembali oleh Raksasa Otomotif China. Perusahaan ini berkantor pusat di Longbridge, Brimingham, Inggris.

 
Meskipun telah dimiliki Grup Perusahaan otomotif China, MG masih mempertahankan kekhasan Inggrisnya dengan tetap memusatkan desain di London, Inggris dengan Direktur Design asal Eropa bernama Carl Gotham yang memimpin team desain sebanyak 25 orang. Fasilitas desain canggih tersebut mulai berfungsi pada September 2018, dilengkapi sarana rendering 2D hingga virtual reality.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

Pecinta otomotif yang lebih suka mengungkapkan pendapat dan ide melalui tulisan ketimbang mengatakannya secara verbal. Karyawan swasta yang suka menghabiskan waktu luang dengan menulis. Introvert, analitis, dan cinta damai alias tidak suka berdebat. Ketahui lebih banyak tentang saya melalui link Media Sosial di bawah.

Tulis Komentar