Tips Mencegah Penularan Covid-19 Virus Corona di Mobil Pribadi

Donasi atasi Covid-19 melalui ACT
CaruserMagz.com – Virus Corona atau yang disebut COVID-19 sedang menjadi momok paling menakutkan di masyarakat Indonesia maupun di seluruh dunia. Hingga artikel ini kami tulis, paling tidak 11 negara negara telah memberlakukan karantina masal atau Lockdown untuk mencegah virus tersebut lebih luas penyebarannya, seperti Italia, Malaysia, Irlandia, Polandia, Elsavador, Denmark, Selandia Baru, Spanyol, Filipina, Lebanon, dan Prancis.

 
Di Indonesia sendiri, tercatat hingga 18 Maret 2020 telah terdeteksi 227 orang positif terjangkit Covid-19 dan 19 diantaranya telah meninggal dunia. Untuk itu, kita butuh makin waspada dan meningkatkan perlindungan diri dari setiap kemungkinan tertular virus berbahaya tersebut, termasuk di mobil pribadi.

 
Virus corona dapat menular dengan berbagai cara, sehingga segala bentuk kontak dengan penderita Covid-19 harus dihindari sebisa mungkin. Celakanya tidak semua penderita Corona dapat terdeteksi secara dini, sehingga pada dasarnya kontak dengan semua orang yang kemungkinan terjangkit harus dihindari.

 
Tak terkecuali dengan mobil yang merupakan ruang bergerak, ada kemungkinan menjadi sarana penularan virus corona. Khususnya mobil angkutan umum yang ditumpangi banyak orang. Namun bagaimana dengan mobil pribadi, Apakah juga bisa menjadi sarana pemularan Covid-19? Jawabannya tentu bisa.

 

Berikut tips mencegah penularan Covid-19 virus corona di mobil pribadi:

 

1. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Berkendara

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak kontak dengan lingkungan, orang lain dan benda-benda yang sering dipegang banyak orang di tempat umum, sehingga membersihkan tangan sebelum menyetir mobil dapat menjadi perlindungan awal melindungi kabin mobil dari terpapar virus corona. Mencuci tangan setelah menyetir mobil juga perlu dilakukan untuk memastikan tangan kita aman dari virus jika mobil tersebut sudah mengandung virus sebelumnya.

 

2. Selalu Bawa Hand Sanitizer

Selalu membawa hand sanitizer juga penting saat bepergian dengan mobil pribadi, karena tidak semua tempat yang kita kunjungi ada fasilitas untuk mencuci tangan dengan air mengalir. Dengan hand sanitizer kita dapat membersihkan tangan dari mikrobiologi seperti virus dan kuman kapan saja kita mau. Gunakan hand sanitizer sebelum masuk dan setelah keluar mobil, jangan lupa senantiasa bawa botol cairan tersebut saat keluar mobil, agar bisa diaplikasikan lagi saat akan memasuki mobil kembali.

 

3. Gunakan Masker

Jangan lupa untuk selalu membawa masker saat bepergiaan dengan kendaraan pribadi, agar dapat digunakan saat harus keluar dari mobil atau terpaksa membuka jendela mobil, misalnya di pintu tol. Apalagi jika anda telah mengalami gejala sakit seperti flu, demam atau bersin-bersin, sebaiknya gunakan masker untuk mencegah virus yang anda bawa menular ke orang lain atau menjadi tersebar di interior mobil.

 

4. Rutin Bersihkan Kabin Mobil

Virus Corona mudah menular melalui cairan air liur atau dari saluran pernafasan penderitanya seperti dari bersin atau batuk-batuk, lalu pindah ke tangan penderitanya kemudian pindah ke benda-benda yang sering dipegang orang banyak di tempat umum. Maka kita tidak pernah tahu apakah tangan kita telah memindahkan virus tersebut ke kabin mobil kita, setelah memegang benda-benda di luar mobil seperi gagang pintu kantor, pegangan tangga dan lain sebagainya.

Tips Mencegah Penularan Virus Corona - Selalu bersihkan interior mobil
Tips Mencegah Penularan Virus Corona – Selalu bersihkan interior mobil

Oleh karena itu, sebaiknya dalam kondisi siaga Covid-19 ini, kita rutin membersihkan kabin mobil untuk mensterilkan mobil kita dari kemungkinan mengandung virus corona. Bisa menggunakan interior cleaner atau mengelap interior dengan air sabun.

Sebaiknya lakukan pembersihan setiap saat setelah mobil dibawa bepergian, khususnya pada bagian-bagian yang sering disentuh tangan seperti handle pintu, lingkar setir, konsol tengah, door trim, tuas transmisi, jok kursi, head unit dan panel AC, juga seluruh bagian dashboard.

 

5. Jaga Kebugaran Tubuh

Virus Corona telah dipastikan sulit menimbulkan masalah kesehatan pada orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh baik dan dalam kondisi fit. Oleh karena itu, selalu menjaga kebugaran tubuh adalah benteng pertama untuk mencegah dampak Covid-19 tersebut.

Cara menjaga kondisi tubuh agar tetap fit antara lain dengan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan segar, minum multivitamin khususnya vitamin C atau herbal-herbal yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh seperti habbatussaudah, propolis, kurkuma, buah-buahan bervitamin tinggi dan lainnya.

 

6. Jangan ajak Orang Terindikasi Corona Masuk ke Mobil

Paling penting memastikan mobil pribadi anda hanya ditumpangi oleh keluarga anda yang tidak terindikasi terjangkit virus corona. Jangan mudah memasukkan penumpang orang yang anda tidak begitu kenal, atau orang yang tinggal di wilayah banyak penderita corona, apalagi orang asing atau orang yang baru bepergian dari luar negeri.

 

7. Jangan Bawa Mobil ke Wilayah Epicenter Wabah Corona

Usahakan sebisa mungkin hindari bepergian dengan mobil pribadi ke wilayah yang banyak penderita corona seperti kota Jakarta, Bali kota-kota besar di jawa timur, jawa tengah, jawa barat dan lain sebagainya. Agar dapat dipastikan diri anda terhindari dari kontak dengan penderita Covid-19.

 

8. Jangan Buka Kaca Mobil di Wilayah Wabah Corona

Jika terpaksa harus melewati kota dimana banyak penderita corona, sebaiknya jangan buka kaca mobil selama melewati wilayah atau kota tersebut, yakinkan telah jauh dari wilayah wabah jika perlu membuka kaca jendela mobil. Membuka kaca pun jangan, apalagi turun dari mobil untuk istirahat. Usahakan sebisa mungkin telah keluar dari wilayah tersebut jika terpaksa harus singgah untuk istirahat.

 

9. Jemur Mobil di Suhu Terik Matahari

Ada kabar bahwa virus corona tidak dapat bertahan lama di suhu yang tinggi. Maka menjemur mobil diterik matahari dapat menjadi salah satu kemungkinan solusi untuk membunuh virus corona yang terlanjur ada di dalam mobil kita. Dengan temperatur yang cukup tinggi di dalam kabin karena mobil dijemur dalam waktu cukup lama, maka semua microbiologi di dalam mobil kemungkinan besar akan mati.

 
Baca juga: Ajang Pameran Otomotif Terbesar Dunia Batal karena Covid-19

 
Demikianlah 9 tips cara Mencegah Penularan Covid-19 virus corona dari mobil pribadi. Semoga informasi ini bermamfaat bagi sobat pembaca. Semoga kita semua dijaga Tuhan Yang Maha Esa dari wabah virus corona. Silahkan tambahkan di kolom komentar, jika sobat pembaca punya tips-tips lain untuk mencegah penularan covid-19 tersebut.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

Pecinta otomotif yang lebih suka mengungkapkan pendapat dan ide melalui tulisan ketimbang mengatakannya secara verbal. Karyawan swasta yang suka menghabiskan waktu luang dengan menulis. Introvert, analitis, dan cinta damai alias tidak suka berdebat. Ketahui lebih banyak tentang saya melalui link Media Sosial di bawah.

Tulis Komentar