Keuntungan Beli Mobil Bekas Dibanding Mobil Baru

Donasi atasi Covid-19 melalui ACT
CaruserMagz.comBeli mobil bekas merupakan solusi paling mungkin untuk mendapatkan mobil idaman dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibanding membeli mobil baru. Bagi teman-teman yang keuangannya cukup besar, membeli mobil baru mungkin mudah saja, namun bagi yang keuangannya minim, mobil bekas bisa menjadi pilihan paling masuk akal untuk cepat memiliki mobil.

 
Membeli mobil bekas kini kian mudah, karena banyaknya tersedia showroom mobil bekas di tiap kota, bahkan hingga ke kota-kota kabupaten di pelosok. Selain itu, juga banyak tersedia website atau eCommerce yang menjual mobil bekas.

 
Berbagai jenis website menyediakan banyak layanan terkait jual beli mobil bekas, seperti jasa penitipan jual mobil bekas, pembelian mobil bekas secara online, jasa pengecekan mobil bekas, atau bahkan jasa mencarikan mobil bekas. Sehingga konsumen bisa hanya duduk di rumah, mobil bekas atau baru bisa dibeli hingga diantar ke rumah.

 
Ada banyak keuntungan membeli mobil bekas yang bisa didapatkan konsumen, apalagi bagi teman-teman yang tidak begitu mempedulikan resale value dari mobil yang akan dibeli. Berikut daftar keuntungan beli mobil bekas:

 

Harga Terjangkau

Mobil apapun mereknya, merupakan barang yang cukup besar penyusutan harganya, karena mobil adalah barang bergerak. Sehingga dalam waktu setahun saja, sudah ada penyusutan harga cukup signifikan dibanding harganya saat baru.

Jangankan sebagai mobil bekas, mobil baru stok lama pun bisa dibanderol dengan potongan harga hingga puluhan juta rupiah. Apalagi mobil tersebut dijual sebagai mobil bekas, tentu harganya akan jauh lebih murah.

Bagi teman-teman yang tidak mempedulikan merek mobil mainstream, bisa membeli mobil dari brand yang cukup mewah karena penyusutan harga yang cukup besar, misalnya seperti Hyundai, Kia, Ford, Chevrolet dan lain sebagainya. Mobil-mobil dari brand tersebut punya tingkat kemewahan dan kenyamanan jauh di atas merek Jepang, namun harga bekasnya sangat terjangkau.

 

Level Segmen yang Lebih Tinggi

Dengan uang terbatas, kita bisa membeli mobil mewah jika membeli mobil bekas. Kita bisa menikmati mobil mewah, nyaman dan punya banyak fitur dengan harga yang mungkin setara mobil LCGC yang minim fitur jika membeli mobil baru.

Misalnya dengan uang Rp 150 juta, kita hanya akan bisa membeli LCGC baru dengan kualitas interior seadanya, fitur minim, kurang nyaman dan tenaganya kecil. Namun jika membeli mobil bekas, kita sudah bisa mendapatkan Low MPV atau medium hatchback nyaman dengan akomodasi lapang dan banyak fitur canggih.

Sebagai contoh, kita bisa membeli SUV 7-seater bekas yang canggih dan mewah dengan harga setara Low MPV baru yang sederhana. Misalnya dengan uang Rp. 250 juta, seharusnya kita hanya bisa membeli Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander jika sebagai mobil baru, tapi jika membeli mobil bekas, kita bisa mendapatkan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Hyundai Santa Fe, Nissan XTrail, Chevrolet Captiva dan lain sebagainya.

 

Mobil Bisa Langsung Digunakan

Membeli mobil bekas ibarat memilih barang yang sudah ada, bukan memesan barang yang belum dibuat. Jadi jika proses pemilihan, pengecekan dan pembayaran sudah selesai, mobil yang dibeli bisa langsung dibawa pulang dan digunakan di jalan raya ke wilayah manapun di negara ini.

Berbeda dari membeli mobil baru, proses pemesanan bisa memerlukan waktu sebulan atau bahkan lebih. Apalagi jika mobil tersebut adalah mobil CBU yang diproduksi di luar negeri, bisa memakan waktu hingga 6 bulan atau setahun.

 

Proses Pembelian Lebih Cepat dan Mudah

Membeli mobil bekas, bisa disebut ada uang, ada barang. Kita langsung bisa mengecek mobil apakah sesuai keinginan dan dalam kondisi baik, jika cocok bisa langsung dibayar dan di bawa pulang.

Jika membeli secara kredit, proses pengajuan dan administrasi kredit mobil bekas pada umumnya lebih cepat dan mudah dibanding proses pengajuan kredit mobil baru. Hanya dalam hitungan jam dan tidak berbelit-belit, biasanya pengajuan kredit diterima oleh perusahaan leasing.

 

Pajak Lebih Ringan

Sebagaimana lazimnya, makin berumur mobil, maka ada penyusutan nilainya, sehingga pajak tahunannya pun makin ringan. Sehingga akan berbeda jauh dari mobil baru, apalagi mobil yang telah berumur 5 tahun atau lebih.

 

Premi Asuransi Lebih Murah

Skema asuransi mobil bekas biasanya dipilihkan yang lebih murah oleh lising, untuk membuat angsuran mobil jadi lebih ringan. Misalnya asuransi kombinasi antara All Risk di tahun pertama, kemudian TLO di tahun-tahun berikutnya. Berbeda dengan mobil baru yang biasanya diwajibkan All Risk untuk selama masa kredit.

 
Baca juga:

 

Keuntungan Beli Mobil Bekas di Show Room Terpercaya

Membeli mobil bekas bisa dilakukan secara langsung pada perorangan yang menjual mobilnya, namun juga ada banyak showroom mobil bekas atau pedagang mobil bekas. Tentu berbeda kondisi mobil yang dijual ketiga sumber mobil bekas tersebut.

Harga mobil bekas dari pemilik langsung mungkin lebih murah, namun biasanya kondisi mobil apa adanya dan memerlukan biaya tambahan untuk perbaikan atau rekondisi. Nah, paling aman membeli mobil dari showroom terpercaya karena biasanya mobil sudah siap pakai dengan kondisi terbaik.

Beli Mobil Bekas di Showroom Mobil88
Beli Mobil Bekas di Showroom Mobil88

Berikut keuntungan membeli mobil bekas dari show room terpercaya:

Surat-surat mobil terjamin lengkap – bukan mobil bodong karena showroom terpercaya hanya akan menjual mobil yang lengkap surat-suratnya.

Mobil sudah direkondisi – Pada umumnya, showroom telah memperbaiki semua kerusakan mobil bekas, hingga siap dipakai.

Tidak perlu lagi ke salon mobil – Biasanya mobil yang dijual sudah dibersihkan bagian luar dan dalamnya, wangi dan mengkilat layaknya mobil baru.

Ada jaminan perbaikan – Beberapa showroom mobil bekas terpercaya memberi jaminan perbaikan cuma-cuma jika masih ada kerusakan yang dialami dalam jangka waktu tertentu, misalnya 2 bulan sejak mobil diambil pembeli.

Bisa membeli secara kredit – Biasanya showroom mobil bekas sudah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan lising, sehingga memungkinkan untuk membeli secara kredit. Namun jika membeli ke perorangan, pada umumnya harus cash and carry.

 

Hal-Hal yang perlu diperhatikan saat beli mobil bekas

Berbeda dari membeli mobil baru, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas. Pengecekan secara detil tetap harus dilakukan, mengingat mobil tersebut pernah digunakan oleh orang lain dalam waktu yang cukup lama. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat akan membeli mobil bekas:

Tempat membeli – Sebaiknya di tempat atau showroom terpercaya yang memberi jaminan mobil tidak mengalami kerusakan, seperti Mobil88 yang merupakan perusahaan di bawah Grup Astra.

Kondisi Eksterior dan Interior mobil – Perlu dipastikan tidak ada kerusakan atau kekurangan yang nantinya berpotensi harus diperbaiki.

Kesehatan komponen penting mobil – Kesehatan komponen penting perlu dipastikan dalam kondisi prima, seperti mesin, kaki-kaki, fitur keselamatan dan sasis. Jika kurang faham mengenai mobil, sebaiknya menggunakan jasa ahli atau kerabat yang mengerti mobil.

Kelengkapan surat-surat – perlu dipastikan semua surat-surat lengkap dan benar, hal yang penting juga adalah faktur pembelian yang berguna untuk proses administrasi dan pajak.

Pengecekan fisik di Samsat – Jika perlu, lakukan pengecekan di samsat untuk memastikan nomor polisi mobil resmi terdaftar, bukan nomor bodong.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

Pecinta otomotif yang lebih suka mengungkapkan pendapat dan ide melalui tulisan ketimbang mengatakannya secara verbal. Karyawan swasta yang suka menghabiskan waktu luang dengan menulis. Introvert, analitis, dan cinta damai alias tidak suka berdebat. Ketahui lebih banyak tentang saya melalui link Media Sosial di bawah.

Tulis Komentar