Cara Memegang Setir Mobil yang Benar, Tips Penting Mengemudi agar Aman

CaruserMagz.com – Mengemudi mobil seharusnya bukanlah aktifitas melelahkan dan penuh tekanan, melainkan hal yang menyenangkan sehingga perjalanan bisa dinikmati dengan kenyamanan, baik jarak jauh maupun dekat. Namun tak jarang orang merasa bahwa menyetir mobil adalah hal yang menyiksa dan mengakibatkan stress.

 
Hal itu bisa disebabkan karena posisi duduk yang tidak ergonomis, kesalahan dalam memegang lingkar kemudi, atau karena keterbatasan pengaturan posisi duduk pengemudi yang terbatas pada mobil yang dikendarai.

 
Dalam artikel ini, kami akan membahas posisi mengemudi dan cara efektif memegang lingkar kemudi yang penting diketahui agar pengemudi merasa nyaman dan yang lebih penting agar aman dari sisi keselamatan.

 

1. Atur Posisi Duduk

Atur posisi duduk dengan mengatur kemiringan sandaran kursi, sandaran kepala dan ketinggiaan kursi. Pengaturan ini termasuk posisi cermin spion dalam dan luar serta posisi tinggi-rendah lingkar kemudi yang bisa diatur melalui tuas tilt-telescopic steering.

 

2. Metode 9-3

Peganglah setir dengan metode 9-3, yaitu posisi tangan pada lingkar kemudi merujuk pada posisi angka 9 dan 3 pada jam, dimana tangan kiri menggenggam lingkar setir pada posisi angka 9, dan tangan kanan pada posisi angka 3.

 

Posisi Memegang Setir - Metode 9-3
Posisi Memegang Setir – Metode 9-3

Cara memegang setir 9-3 ini dianggap sebagai yang teraman dibanding posisi lainnya, semisal posisi 10-2 yang juga banyak digunakan pengemudi mobil.

 

3. Metode Dorong dan Tarik

Saat membelokkan mobil, sebaiknya tetap dengan dua tangan. Misalnya akan berbelok ke kanan, tangan kanan menarik setir dan tangan kiri mendorong setir, dan sebaliknya.

 
Jangan memutar lingkar kemudi hanya dengan satu tangan, karena ada risiko terlepas hingga mobil berbelok tidak sesuai kebutuhan arah yang diperlukan. Hal ini juga terkait keselamatan berkendara.

 
Jika perlu melepaskan tangan dari lingkar kemudi, sebaiknya pastikan anda sedang bejalan lurus. Jangan pernah membelokkan mobil hanya dengan satu tangan, demi keselamatan anda dan pengguna jalan lainnya.

 

4. Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan sambil Mengemudi

Saat mengemudi, ada beberapa hal berbahaya jika dilakukan sambil menggenggam lingkar kemudi. Berusahalah untuk tidak melakukan hal-hal ini selagi mengemudi untuk alasan keselamatan:

  • Memegang makanan dan minuman sambil mengemudi.
  • Mengetik pesan seluler (texting) sambil mengemudi.
  • Mengoperasikan head unit layar sentuh sambil mengemudi.
  • Memutar lingkar kemudi dengan jari tertentu saja saat membelokkan mobil.
  • Merokok sambil mengemudi.

 
Baca juga: Prilaku Mengemudi yang Harus Dihindari

 
Penempatan tangan yang tepat pada lingkar setir adalah hal yang penting untuk alasan keselamatan berkendara. Posisi duduk yang benar juga sangat diperlukan untuk memastikan kenyamanan dan visibilitas yang baik ke lingkungan luar mobil.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Karyawan swasta yang menjadikan menulis sebagai hobby dan keseharian.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar