Kelebihan dan Kekurangan Avanza 2019, Hal yang Disukai dan Tidak Disukai

CaruserMagz.com – Apa saja kelebihan dan kekurangan Avanza 2019 Facelift? Bagi sobat yang berminat membeli mobil ini, tentu merasa perlu mengetahui keunggulan dan kelemahan Avanza, apa saja yang disukai dan tidak disukai dari mobil 7-penumpang andalan keluarga Indonesia ini.

Toyota Avanza tetap kokoh sebagai mobil terlaris di Indonesia, walau gempuran dari kompetitor kian sengit untuk merebut hati konsumen. Kunci kesuksesan Avanza di segmen Low MPV sejuta umat ini tentu ada pada keunggulan-keunggulan yang belum dapat disaingi oleh kompetitornya.

Namun demikian, namanya juga mobil rakyat kebanyakan tentu Avanza tidak lepas dari kekurangan yang bagi sebagian konsumen membuat mereka enggan membeli Low MPV Toyota tersebut.

Berikut daftar lengkap Plus Minus Toyota Avanza dan Veloz Facelift 2019, yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan bagi sobat dalam memutuskan akan membeli Avanza atau LMPV dari brand lain:

 

KELEBIHAN TOYOTA AVANZA 2019 FACELIFT

Durabilitas Teruji – Kehandalan mesin dan komponen-komponen utama Toyota Avanza telah terbukti teruji selama puluhan tahun. Komponen seperti kaki-kaki, steering system, mesin terbukti tangguh, misalnya dari kondisi mobil bekas Avanza berumur 10-an tahun yang masih mampu menempuh perjalanan jauh.

Mudah Dirawat – Perawatan Avanza adalah yang paling mudah dan paling murah, karena ketersediaan suku cadang yang banyak baik di toko otomotif biasa, maupun di dealer resmi. Sehingga tidak butuh waktu lama jika Avanza mengalami kerusakan. Selain itu, karena banyaknya unit mobil ini di jalanan, hampir semua montir mobil memahami seluk beluk Avanza.

Irit BBM – Untuk ukuran mobil keluarga dan mampu memuat banyak penumpang, Avanza tergolong hemat bahan bakar, yaitu 13 – 18 km/liter. Sehingga Avanza cocok dijadikan mobil niaga seperti travel atau rental.

Ukuran Kompak – Dibanding para kompetitornya yang rata-rata berukuran lebih panjang dan lebih lebar, Avanza punya dimensi yang kompak sehingga tergolong lincah di jalanan. Radius putarnya kecil dan mampu melewati jalanan sempit di area perumahan.

Kabin Lapang – Meskipun terlihat kompak dari luar, namun ruang kabin Avanza terasa lapang hingga baris ke-tiga. Sehingga bisa memuat 7 orang penumpang dewasa. Sedangkan beberapa LMPV punya kabin belakang yang sempit.

Penggerak Roda Belakang – Kebanyakan LMPV menggunakan penggerak roda depan (FWD) sehingga menggunakan gaya tarik, sedangkan Avanza berpenggerak roda belakang (RWD), atau dengan gaya dorong. Sehingga Avanza lebih dipercaya bisa melalui tanjakan dengan mudah tanpa khawatir kekurangan tenaga.

Lampu LED Projector – Avanza 2019 pada tipe G dan Veloz telah menggunakan lampu proyektor LED yang lebih terang dari lampu halogen biasa. Sehingga bagi konsumen LMPV ini tidak perlu memikirkan mengganti lampu lagi jika menginginkan penyinaran yang terang dan tampilan mobil yang terlihat modern.

Head Unit Touchscreen Bagus – Monitor layar sentuh pada Avanza 2019 terlihat terang dan tidak ada Lag saat dioperasikan. HU tersebut juga sudah bisa smartphone mirroring walau masih menggunakan kabel.

Interior Avanza 2019 Facelift - Dashboard
Interior Avanza 2019 Facelift – Dashboard

Fitur Rear Seats Entertainment (RSE) – Pada tipe Veloz, Toyota sudah menyediakan RSE berupa TV kabin di bawah blower AC, sehingga jadi media hiburan bagi semua penumpang belakang, seperti menonton film di sepanjang perjalanan.

AC Digital – Avanza 2019 sudah terlihat canggih dengan AC Digital, sehingga pengaturannya dengan tombol-tombol bukan putaran knop ala kompor gas.

Start-Stop Engine Button dan Keyless Entry – Pada tipe Veloz sebagai varian tertinggi telah dibekali tombol start-stop, sehingga tidak memerlukan anak kunci lagi, baik untuk menghidupkan mesin maupun untuk membuka pintu.

Suspensi Lebih Empuk – Toyota meningkatkan bantingan suspensi jadi lebih empuk agar mobil sejuta umat ini lebih nyaman. Hal ini adalah yang paling banyak dikritik sebagai kekurangan Avanza, sehingga Toyota serius memperbaiki kenyamanan.

Kesenyapan Lebih BaikSektor kenyaman Avanza juga ditingkatkan dengan menambah kekedapan kabin, yaitu dengan menyematkan peredam di kap mesin dan pembatas ruang mesin dan kabin, sehingga kabin Avanza 2019 lebih senyap dari versi sebelumnya.

Ada Side Body Molding – Avanza Veloz 2019 telah dilengkapi side body molding yang selain sedap dipandang untuk tampilan, fungsi utamanya adalah untuk melindungi Pintu dari benturan dengan benda lain saat dibuka.

Langsung Dapet Talang Air – Beberapa aksesoris sudah didapat sejak dibeli, misalnya talang air yang sangat berguna saat hujan.

Sudah Ada Defoger – Pada pintu belakang telah dilengkapi penghangat kaca untuk menghilangkan pengembunan yang menghalangi pandangan ke belakang saat cuaca dingin atau hujan.

Ada USB di Kabin Belakang – Semua baris kabin telah dilengkapi perangkat power outlet dan USB untuk mengecas gadget, sehingga Avanza kian sempurna sebagai mobil keluarga yang bisa digunakan untuk perjalanan jauh seperti mudik lebaran.

Kursi Lebih Tebal – Peningkatan sektor kenyamanan juga dilakukan Toyota dengan manambah ketebalan kursi, sehingga lebih empuk.

Safety Belt 3-Titik Di Semua Kursi – Sektor keselamatan Avanza juga tetap baik dengan menyediakan sabuk pengaman untuk tiap penumpang. Sehingga semua penumpang terlindungi (jika digunakan sebagaimana mestinya).

Akses One Touch Tumble – Kelebihan Avanza yang sudah ada sejak lama tetap dipertahankan, yaitu kemudahan akses ke baris ketiga dengan pelipatan kursi baris kedua yang cukup menarik satu tuas saja.

Kepraktisan Berlimpah – Ruang penyimpanan di semua baris kabin tersedia dengan lebih dari cukup. Konsumen bisa membawa banyak botol minuman dengan 11 buah cupholder. Ruang penyimpanan juga ada banyak, seperti glovebox dan ruang penyimpanan terbuka.

Harga Terjangkau – Dibanding kompetitor yang tipe tertigginya sudah menyentuh segmen low SUV, Toyota masih menawarkan Veloz dengan harga yang lebih rendah. Bahkan untuk model 2019, harga tidak dinaikkan dari model sebelumnya, sehingga Value for Money Avanza 2019 meningkat drastis.

 

Baca juga:

 

KEKURANGAN TOYOTA AVANZA 2019 FACELIFT

Tidak Ada Pengatur Ketinggian Kursi Pengemudi – Posisi duduk pengemudi kurang nyaman, masih belum ada peningkatan misalnya ditambah pengatur ketinggian untuk mengakomodir semua ukuran tinggi badan pengemudi.

Tidak Ada Telescopic Steering – Orang yang berukuran tinggi, akan sulit mendapat posisi mengemudi yang nyaman karena lingkar kemudi tidak dapat dimundurkan dengan fitur telescopic.

Spion Tidak ada Day-Night View Mirror – Saat malam hari, pengemudi harus berjuang melawan silau dari arah belakang jika kendaraan di belakangnya mengaktifkan lampu jauh, karena tidak ada fitur day-night view mirrow pada spion di dalam kabin. Spion tersebut juga terlihat murah.

Speedometer Terlihat Gelap – lampu-lampu pada speedometer tidak menyala jika lampu utama tidak diaktifkan, sehingga terlihat tidak terang. Sedangkan saat siang hari tentu kebanyakan kita tidak akan menyalakan lampu utama. Harusnya tidak perlu dibuat terhubung dengan lampu utama, lampu speedometer tetap menyala.

Cluster Meter Avanza 2019 Facelift
Cluster Meter Avanza 2019 Facelift – Lampu Spedoometer

Tidak Ada arm-Rest Tengah di Baris Kedua – Beda dari beberapa kompetitor yang punya arm rest di tengah kursi baris kedua, Avanza 2019 belum memiliki fitur tersebut.

Bahan Interior Cheap Look – Tak dapat dipungkiri bahan interior Toyota Avanza masih berkesan murah, baik dari warna maupun tampilannya. Dalam hal ini Avanza masih kalah dari Xpander dan Ertiga.

Pemasangan Komponen Interior Kurang Rapi – Build quality Avanza 2019 masih berkesan murah, misalnya konsol tengah dan arm rest di konsol tersebut yang oblak. Namun tentu yang dipentingkan Toyota adalah fungsionalitasnya, bukan detail quality.

AC tidak Otomatis – Kalah dari Honda Mobilio dan Ertiga 2019, AC digital Avanza belum auto-climate control, tapi hanya perubahan pengaturan dari manual ke tombol dan tampilan digital.

Pelipatan Kursi Belakang tidak rata lantai – Kursi belakang Avanza masih dilipat ke depan, sehingga jika semua kursi dilipat, tidak di dapat rata lantai. Hal ini menyebabkan sulit membawa barang berukuran tinggi dan panjang.

 

Itulah beberapa kelebihan dan kurangan Avanza dan Veloz 2019 facelift. Semoga artikel ini bisa membantu sobat yang butuh informasi. Kami kira kelemahan-kelemahan Avanza tersebut bisa diabaikan mengingat kelebihannya yang banyak dan tentu peace of mind yang lebih terjamin dengan jaringan servis terluas dan mudah serta murahnya merawat Low MPV ini.

Sumber Gambar: AutonetMagz Channel

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Karyawan swasta yang menjadikan menulis sebagai hobby dan keseharian.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar