Kenyaman Toyota Avanza 2019 Lebih Baik dari Versi Lama, Ini Penyebabnya

CaruserMagz.com – Toyota Avanza 2019 mendapat facelift yang kebanyakan dianggap tidak signifikan, yaitu hanya berganti wajah yang itupun bukan selera semua orang. Beberapa perubahan bisa dilihat langsung seperti fitur start-stop engine dan AC digital, namun ada perubahan signifikan yang bisa dirasakan, yaitu pada Kenyamanan Toyota Avanza dan Veloz 2019 ini.

 
Untuk meningkatkan sektor kenyamanan, Toyota membenahi suspensi dan kesenyapan kabin Toyota Avanza 2019 ini. Perubahan tersebut hanya bisa dirasakan dengan test-drive melalui berbagai kondisi jalan.

 
Untuk itu, bagi sobat yang ingin mengetahui atau membuktikan perubahan tersebut, sebaiknya melakukan test-drive Avanza atau Veloz 2019 Facelift.

 
Hal yang ditingkatkan dan dibenahi untuk memperbaiki menyamanan Toyota Avanza 2019 dan Veloz, yaitu suspensi, kesenyapan kabin dan Electronic Power Steering (EPS). Berikut detailnya:

 

1. Suspensi Lebih Empuk

Sebagaimana kita ketahui bahwa Avanza terkenal dengan sebutan ajut-ajutan alias suspensinya keras dan bantingannya yang tidak nyaman, ada juga yang mudah mabok perjalanan jika naik Avanza, bahkan ada artis yang mengungkapkan ketidaksanggupannya jika harus naik Avanza untuk menempuh perjalanan jauh.

Hal itu mendapat perhatian dari Toyota, sehingga pihak pabrikan berusaha memperbaiki karakter suspensi Avanza agar lebih nyaman untuk penumpang. Hal itu dijelaskan oleh Didi Ahadi selaku Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM).

Kenyamanan Toyota Avanza 2019 - Peningkatan Suspensi
Kenyamanan Toyota Avanza 2019 – Peningkatan Suspensi

Per berubah, spring rate dan pitchnya disetting ulang dan diameternya lebih kecil sedikit. Shock absorber baru dan bushing-bushing diganti yang keras. Sebenarnya mengejar pantulan lebih keras, tapi hasilnya semakin empuk,” papar Didi.

Dengan perubahan tersebut peredaman terhadap getaran dari kontur jalan berkurang, karena gejala memantul yang berkurang, ayunan body juga terasa lebih membuat pengemudi percaya diri.

Menurut Didi, kaki-kaki Avanza dan Veloz 2019 ini bisa diaplikasikan pada Avanza lama, sehingga pemilik Avanza lama bisa merasakan sensasi keempukan Avanza baru. Namun tidak bisa hanya sebagian komponen, melainkan harus seluruh komponen kaki-kaki, seperti Shock braker, per, bushing strut bar, swing arm dan lateral rod.

 

2. Kekedapan Kabin Lebih Senyap

Untuk memperbaiki kekedapan kabin dari suara-suara dari luar, raungan mesin dan road noise, Toyota menambahkan peredam berupa isolasi berbahan aspal di pembatas kabin dan ruang mesin, yaitu di area panel dashboard, lorong transmisi dan di bawah dek belakang.

Berkat improvement tersebut Toyota mengklaim kebisingan berkurang hingga 2 db, yaitu menjadi 47 db dimana sebelumnya adalah 49 db. Hal itu tercapai berkat peredaman yang mengurangi road noise atau suara dari kolong roda.

Kenyamanan Toyota Avanza 2019 - Peningkatan EPS dan Kesenyapan Kabin
Kenyamanan Toyota Avanza 2019 – Peningkatan EPS dan Kesenyapan Kabin

 

3. Karakter Setir Lebih Pas

Avanza model lama masih punya karakter setir Toyota yang memang terasa terlalu ringan, sehingga terasa kurang mantap dan memerlukan kewaspadaan lebih tinggi untuk menjaga arah mobil di kecepatan tinggi. Pada Avanza facelift 2019, Toyota memperbaiki karakter setir untuk berubah seiring berubahnya kecepatan mobil.

Motor pada perangkat Electronic Power Steering (EPS) diset ulang dan re-map ECU, dengan tambahan sensor kecepatan. Sehingga setir menjadi ringan di kecepatan rendah dan jadi memberat dengan meningkatnya kecepatan. Sehingga menjadi mudah saat parkir, dan jadi lebih aman saat kecepatan tinggi.

 
Baca juga:

 
Itulah 3 hal yang mendapatkan peningkatan yang menyebabkan kenyamanan Toyota Avanza 2019 Facelift jadi lebih baik dari versi sebelumnya. Walau mungkin banyak yang kecewa dengan perubahan tampilan yang tidak signifikan, mungkin perubahan pada kenyamanan ini bisa menjadi pertimbangan bagi peminat mobil ini.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Karyawan swasta yang menjadikan menulis sebagai hobby dan keseharian.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar