Beda Avanza Veloz vs Xenia 1.5 Facelift 2019, Ini Perbandingannya!

CaruserMagz.com – Duet maut Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia disegarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan meluncurkan versi facelift tepat pada hari ulang tahun ke-15 duo LMPV tersebut, yaitu 15 Januari 2019. Karena kedua mobil ini adalah mobil sejuta umat, kehadirannya mungkin adalah yang paling heboh di awal tahun, walau sebenarnya Avanza-Xenia cuma berganti wajah.

 
Namun ada yang benar-benar baru pada versi facelift 2019 ini, yaitu hadirnya varian bermesin 1.500 cc untuk Daihatsu Xenia. Dimana sebelumnya Xenia hanya disediakan varian mesin 1.3L, sehingga Xenia seperti selalu dibuat 1 kasta di bawah Avanza.

 
Hadirnya Xenia 1.5 tersebut, seolah untuk mensejajarkan Xenia dengan Avanza. Mungkin bagi sebagian peminat LMPV ini membuat mereka jadi bimbang, bagusnya pilih Veloz 1.5 atau Xenia 1.5.

 
Nah.. dalam artikel ini, akan kita ulas lebih detail apa saja perbedaan Avanza Veloz vs Xenia 1.5 Deluxe, yaitu perbandingan detail mengenai poin-poin apa saja yang membedakan kedua LMPV bersaudara ini. Berikut ulasannya:

 

1. Harga Veloz vs Xenia 1.5

 
Yang pertama kita akan zoom perbedaan harga kedua mobil ini, karena tentunya harga menjadi pertimbangan utama bagi calon pembeli dalam menentukan keputusan mobil mana yang pada akhirnya akan dibeli.

 
Berikut perbandingan harga Veloz vs Xenia 2019:

Varian Transmisi Avanza 1.5 Veloz Xenia 1.5 Deluxe Selisih Harga
Manual Veloz 1.5 MT: Rp. 227,65 Jt  Xenia 1.5 R DLX MT: Rp. 218,05 Jt Rp. 9,60 Juta
Matic Veloz 1.5 AT: Rp. 239,45 Jt  Xenia 1.5 R DLX AT: Rp. 228,95 Jt Rp. 10,5 Juta

 
Dari tabel di atas terlihat bahwa Veloz 1.5 lebih mahal sekitar Rp. 10 jutaan dibanding Xenia 1.5 untuk tiap varian transmisi. Jadi sepertinya memang Veloz tetap lebih tinggi kastanya.

 
Selanjutnya yang perlu sobat ketahui adalah selisih Rp. 10 jutaan tersebut menghasilkan perbedaan apa saja pada 2 mobil ini. Baca artikel ini sampai ludes jika sobat penasaran.

 

2. Tampilan Eksterior

 

Perbedaan eksterior Xenia 1.5 Deluxe dan Toyota Veloz 1.5 sangat mudah dikenali. Karena kedua varian tersebut adalah tipe termahal. Fascia depan Xenia 1.5 sebenarnya lebih mirip Avanza tipe G, sedangkan Veloz memiliki grill trapesium yang terlihat lebih tajam.

 
Berikut detail perbedaan eksterior Xenia 1.5 vs Avanza Veloz 1.5:

Front Bumper – Daihatsu menyebut bumper Xenia 1.5 Dlx sebagai Aerokit dengan ornamen plastik hitam memenuhi difuser depan hingga ke foglamp housing. Sedangkan bumper Veloz seperti dipenuhi oleh grill yang lebar dengan foglamp housing vertikal.

Body Kit – Bagian bawah Xenia 1.5 dari bumper ke side skirt hingga ke bumper belakang seperti terpisah dari keseluruhan body bagian atas oleh list plastik hitam. Sedangkan Veloz memiliki aksen krom pada bagian side-skirt di bawah pintunya.

Bentuk Rear Spoiler – Betuk rear spoiler kedua mobil ini berbeda, dimana Xenia 1.5 memiliki rear spoiler yang lebih sporty. Sedangkan rear spoiler Veloz, terlihat biasa saja.

Ornamen Hitam pada pintu bagasi – Pada bagasi Veloz ada ornamen plastik hitam pada tempat nomor polisi, sedangkan Xenia tidak memiliki aksesoris tersebut.

 

3. Perbedaan Interior

 
Ada beberapa bagian yangberbeda pada interior Avanza 1.5 Veloz dan Xenia 1.5 Deluxe, antara lain sebagai berikut:

List Silver di sekeliling center cluster ada pada Veloz, dan tidak ada pada Xenia. Sehingga tampilan center cluster Veloz terlihat lebih elegan.

Warna interior Veloz adalah full hitam, baik pada dashboard dan doortrim, sedangkan pada Xenia 1.5 warna interior dual-tone, yaitu hitam pada bagian atas dashboard dan beige pada bagian bawah dashboard dan doortrim.

Cup holder di konsol tengah untuk baris kedua, pada Xenia adalah model lipat, sedangkan pada Veloz model laci.

Motif pembalut kursi, dimana Veloz 1.5 memiliki dua motif pada kursinya, sedangkan kursi Xenia 1.5 terlihat polos dengan alur garis-garis vertikal.

 

Avanza 1.5 Veloz vs Xenia 1.5 Deluxe - Interior
Avanza 1.5 Veloz vs Xenia 1.5 Deluxe – Interior

 

4. Fitur Lampu “Follow Me Home”

Toyota Avanza Veloz 1.5 memiliki fitur Follow Me Home pada lampu utamanya, yaitu lampu masih akan tetap menyala hingga beberapa detik untuk memberi penerangan saat penumpang meninggalkan mobil dan memasuki rumahnya. Sedangkan Xenia 1.5 tidak memiliki fitur tersebut.

 

5. Ukuran dan Desain Velg

Xenia 1.5 Deluxe menggunakan ban dengan ukuran 185/70-R14 dengan velg berdesain 8 spoke dual tone. Sedangkan Veloz 1.5 punya ban berukuran lebih besar 185/65-R15 dengan velg 10 spoke dual tone.

 

6. Fitur Start-Stop Engine Button

Toyota Veloz 2019 punya kelebihan dari Xenia 1.5, yaitu fitur keyless ignition dan entry. Dimana mesin bisa dihidupkan dengan menekan tombol start-stop. Sedangkan Xenia 1.5 DLX masih menggunakan anak kunci.

 

7. Power Port USB di Baris Ke-3

Toyota menyediakan port USB pada kabin baris ke-3 Veloz, sedangkan Xenia Deluxe tidak. Jadi penumpang belakang Veloz bisa mengecas gadget dalam perjalanan.

 

8. Indikator Seat Belt

Dalam hal fitur keselamatan, Veloz dibuat lebih advance dengan indikator seat belt untuk semua kursi penumpang. Sedangkan Xenia hanya untuk kursi di kabin depan.

 

9. Head Rest Penumpang Tengah Baris ke-2

Pada Xenia 1.5 belum tersedia head rest untuk penumpang tengah di baris kedua, sehingga tempat tersebut lebih cocok untuk anak-anak. Sedangkan pada Veloz disediakan head rest yang seperti terbelah karena sebagian berada di kursi kanan dan sebagiannya lagi di kursi kiri.

 

10. Seatbelt 3-Titik

Avanza Veloz telah memiliki seatbelt 3-titik untuk semua penumpangnya. Sedangkan penumpang tengah di baris ke-2 Xenia, hanya disediakan seatbelt 2-titik, sehingga kurang aman. Sayangnya di Indonesia seatbelt di kabin belakang belum jamak digunakan.

 

11. Rear Seats Entertainment

Toyota Veloz dilengkapi fitur hiburan untuk penumpang belakang yang disebut Rear Seats Entertainment (RSE). Fitur ini berupa layar monitor di atap bagian depan kabin baris kedua, tepatnya di bawah exhaust AC, sehingga bisa dilihat semua penumpang belakang. Fitur tersebut tidak disediakan pada Daihatsu Xenia 1.5 Deluxe.

 
Demikianlah perbedaan Toyota Avanza 1.5 Veloz vs Daihatsu Xenia 1.5 Deluxe yang merupakan varian tertinggi dari masing-masing mobil. Semoga ulasan ini bermamfaat, termasuk bagi sobat yang ingin mengetahui apa saja poin keunggulan Veloz 1.5 dibanding Xenia untuk perbedaan harga sekitar Rp. 10 jutaan.

 
Jika sobat pembaca punya informasi tambahan tentang beda dua Low MPV keluaran Astra Daihatsu Motor ini, jangan ragu untuk berbagi informasi dengan pembaca lainnya melalui kolom komentar artikel ini. Jika sobat menemukan artikel ini pada aplikasi Babe (Baca Berita), sebaiknya kunjungi halaman asli di CaruserMagz.com untuk informasi yang lebih lengkap dan menarik.

 
Salam Otomotif!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar