Kelebihan dan Kekurangan DFSK Glory 560, Ini Review Detailnya

CaruserMagz.comKelebihan dan Kekurangan DFSK Glory 560 – PT Sokonindo Automobile baru saja memperkenalkan model keduanya di Indonesia berupa DFSK Glory 560, yang merupakan SUV dengan segmen lebih rendah dari model pertama, Glory 580. SUV baru ini digadang-gadang akan mengacak-acak segmen Low SUV yang sekarang dihuni Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V.

 
Klaim pabrikan China ini yang ingin menghadirkan standar baru yang lebih tinggi di kelas Low SUV, tentu membuat kita penasaran apa saja keunggulan dan kelemahan DFSK Glory 560 ini. Semewah apa? apa saja fitur canggihnya? seperti apa spesifikasinya? dan alin sebagainya.

 
Mau tidak mau, SUV baru ini juga akan dibanding-bandingkan dengan mobil mainstream di segmen Low MPV, karena kabarnya harga Glory 560 ini akan berkisar Rp. 200 – Rp. 250 jutaan, jadi akan bersaing juga dengan LMPV seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga Sport, Avanza Veloz dan Nissan All New Livina.

 
Apa saja plus-minus DFSK Glory 560 ini? Mari kita simak ulasan berikut hingga tuntas:

 

KELEBIHAN DFSK GLORY 560

 

Desain Gagah Bernuansa Eropa

Banyak reviewer otomotif berpendapat bahwa DFSK Glory 560 ini membawa aura desain maskulin Eropa. Yang paling banyak disebut adalah bahwa desain wajahnya punya nuansa Mercedes Benz, yaitu pada bentuk grill dan aksen krom di dalamnya, logo brand yang besar dan bentuk head lampnya. Beberapa diantaranya menyebut mirip Mercy GLE.

Dibagian paruh belakang, dari pilar C hingga ke keseluruhan belakang, SUV China ini disebut punya kemiripan dengan Land Rover Range Rover Discovery atau Vellar. Terutama karena bentuk rear lamp, bumper dan pintu bagasi yang solid mengotak.

Dari bagian samping, penampakannya juga terlihat gagah dengan garis tegas di body samping, over fender dan body kit hitam serta roof rail. Menurut kami desain eksterior DFSK Glory 560 ini bahkan lebih sedap dipandang dibanding Glory 580 yang lebih mahal.

Review DFSK Glory 560 - Tampak Samping
Review DFSK Glory 560 – Tampak Samping

Dengan dimensi yang tergolong besar, yaitu 4.514 x 1.815 x 1.735 mm untuk Panjang x Lebar x Tinggi, dan Wheel base 2.690 mm. Seharusnya kabin mobil ini lebih lega dari Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang tidak lebih panjang. Ukuran ban 225/60-R17 memberi tampilan yang proporsional dan ground clearance yang mencukupi untuk jalanan Indonesia, yaitu 200 mm.

 

Desain Interior Modern

Desain interior Glory 560 ini terlihat modern dan tampak seperti inteior mobil berharga di atas Rp. 500 jutaan, jika saja ini adalah brand Jepang atau Korea.

Interior DFSK Glory 560 - Dashboard
Interior DFSK Glory 560 – Dashboard
Loading...

Desain dashboard terlihar mewah dengan floating head unit dan aksen karbon fiber. Banyak yang berpendapat dashboard Glory 560 ini bernuansa Mazda CX-5. Desain kursi juga terlihat mewah dengan bentuk yang bagus, tebal dan empuk.

 

Kualitas Interior Bagus

Bahan interior terlihat dan terasa mewah dengan banyaknya bagian yang dibalut bahan soft touch, seperti pada bagian atas dashboard, sandaran tangan di doortrim semua pintu dan konsol tengah. Bahan-bahan plastiknya juga terasa solid.

Kepraktisan juga tergolong berlimpah, yaitu 29 Tempat penyimpanan, terdiri dari cup holders, glove box, ruang penyimpanan terbuka di konsol tengah dan doortrim, back pocket di belakang sandaran kursi baris pertama.

Review DFSK Glory 560 - Kabin Baris kedua dan ketiga
Review DFSK Glory 560 – Kabin Baris kedua dan ketiga

Panel bermotif Carbon Fiber pada bagian tengah dashboard dan doortrim juga terlihat bagus, walau sebenarnya tentu itu bukan carbon asli. Pelapis jok dari kulit sitesis juga terasa mewah dan halus saat disentuh. Jika mobil ini akan masuk di segmen Low SUV, maka para kompetitor wajib khawatir jika harus bersaing dalam hal kualitas dan desain interior.

 

Mesin Turbo Bertenaga Besar

Kelebihan yang juga sulit ditandingin kompetitor adalah mengenai dapurpacunya. Glory 560 menggendong mesin yang sama dengan kakaknya 580, yaitu mesin 1.498 cc (1.5L) Turbo 4-Silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 148 hp (150 ps) pada 5.600 rpm dan torsi puncak 230 Nm pada rentang 1.800 – 4.000 rpm.

Sedangkan Toyota Rush dan Daihatsu Terios hanya bertenaga 104 ps dan torsi 137 Nm, karena sejatinya Rush dan Terios adalah Avanza yang diberi pakaian SUV, sehingga jika dibanding mobil China ini, SUV kembar tersebut akan terasa loyo. Bahkan Honda HR-V 1.8 pun hanya bertenaga 139 ps dan torsi 169 Nm.

 

Transmisi Halus

Untuk dijadikan mobil keluarga, DFSK Glory 560 ini juga tergolong mobil yang nyaman, karena transmisi matic yang dipilih adalah CVT yang terkenal halus. Untuk varian manual, transmisi 6-Percepatannya terasa solid dan mudah dipindah-pindah posisi giginya.

 

Fitur Keselamatan Lengkap

Fitur kselamatan juga tergolong lengkap untuk standar Indonesia. Memang dalam hal airbag, Glory 560 ini kalah dari Toyota Rush yang telah dilengkapi 6-airbag, sedangkan Glory 560 hanya memiliki dual airbag.

Berikut daftar fitur keselamatan DFSK Glory 560:

  • Rem ABS+EBD+BA : Fitur rem lengkap
  • Rem cakram di 4 Roda: Low SUV pertama yang punya rem cakram di 4 roda.
  • Dual Airbag: untuk pengemudi dan penumpang depan.
  • Emergency Brake Assist
  • Hill Hold Control: Tidak perlu khawatir mobil mundur saat berhenti di tanjakan.
  • Port Isofix: untuk mengaitkan kursi bayi.
  • Sensor dan kamera Parkir
  • Rem Parkir dengan Tombol Elektrik

 

Fitur Pengendalian

DFSK Glory 560 telah dilengkapi fitur yang membantu pengendalian mobil jadi lebih baik dan stabil, baik pada kecepatan tinggi maupun di tikungan, yaitu Electronic Stability Control (ESC) yang menjaga kestabilan mobil dan Traction Control System (TCS) untuk menjaga grip ban ke jalan agar sesuai kebutuhan.

 

Fitur Hiburan Floating Screen

Untuk fitur infotainment, DFSK Glory 560 telah dilengkapi Floating Head Unit berukuran 8-inci. Posisinya yang seperti tablet ditegakkan di atas dashboard cukup berguna untuk mengurangi keteralihan konsentrasi pengemudi pada jalan, saat harus melihat layar head unit.

Head unit 8 inci tersebut sudah menampung berbagai fitur dan fungsi, antara lain: koneksi bluetooth, navigasi GPS, koneksi USB dan AUX, smartphone mirroring dan display dari kamera parkir.

 

Banyak Fitur-fitur Kekinian

Fitur-fitur modern pada mobil masa kini cukup banyak disematkan pada Glory 560 ini, antara lain:

  • Kamera Mundur
  • Sensor Parkir 3 titik di belakang
  • Defoger kaca belakang
  • Start-Stop Engine Button
  • Antena Shark-fin
  • Power Window
  • Door Autolock
  • Port USB untuk mengecas Gadget
  • Steering Switch Control
  • Electronic Parking Brake
  • Projector Head Lights
  • Day & Hight View Mirror
  • Rear Defogger

 

KEKURANGAN DFSK GLORY 560

Selain berbagai kelebihan seperti yang kami jelaskan di atas, tentunya ada beberapa hal yang masih banyak dikritik oleh pecinta dan pengamat otomotif. Hal-hal tersebut menjadi pelung improvement bagi DFSK untuk Glory 560 di masa mendatang.

 
Berikut beberapa kekurangan DFSK Glory 560:

  • Hanya Tilt Steering – Tidak ada telescopic yang sangat membantu bagi orang berpostur tubuh tinggi.
  • Lampu Halogen semua – Semua lampu utama, baik didepan maupun di belakang masih halogen, belum ada lampu LED.
  • Layar Head Unit agak buram – resolusi tidak begitu baik dan memantulkan refleksi interior kabin.
  • AC belum otomatis climate control.
  • Tidak ada Cruise Control yang sudah lazim di mobil masa kini.
  • Tidak ada pengaturan hembusan AC di kabin baris kedua dan ketiga
  • Akses ke baris ketiga di sebelah kanan, sedangkan kursi baris kedua sebelah kiri tidak bisa digeser lebih maju untuk akses ke baris ketiga.
  • Posisi duduk baris ketiga rendah dan kabinya sempit, hanya cocok untuk anak-anak.
  • Visibilitas kabin baris ketiga – bagi yang fobia ruang sempit, tidak akan betah karena kaca sampingnya sangat kecil dan tinggi.
  • Bagasi sempit jika semua kursi dilipat.

 

Kritik

Selain kekurangan pada list di atas, ada beberapa hal yang menurut subjektifitas membuat kurang menarik, yaitu:

Lighter dengan kode rokok

Pada konsol tengah, mobil ini diberikan power socket 12 Volt dilengkapi lighter berlogo rokok dan asapnya. Menurut kami, itu tidak mendidik konsumen otomotif dan tidak modern. Di zaman yang sudah memperhatikan kesehatan, mengapa pabrikan ini seperti malah menganjurkan untuk merokok di dalam mobil. Padahal itu adalah aktifitas yang membahayakan kesehatan semua penumpang kendaraan.

Baca: Bahaya Merokok dalam Mobil sangat Mengerikan

 

Desain LED-DRL

Persis di atas fog lamp, ada LED DRL yang sejajar dengan lampu kabut tersebut. Desain tersebut menurut kami membuat mobil ini terlalu ramai dengan lampu dan terkesan murahan. Akan lebih sedap dipandang jika digabungkan saja dengan foglamp, tidak perlu dipisah dengan plastik sewarna body. Namun ini pendapat subjektif kami, mungkin bagi sebagian orang hal itu tidak mengganggu pemandangan.

 

Emblem GLORY

Font tulisan Glory pada bokong 560 terlihat tidak cocok dengan body-nya yang gagah. Entah mengapa pemilihan bentuk hurufnya tersebut terkesan huruf yang dipilih anak-anak dan tidak elegan atau berkesan mewah.

 

Terlalu banyak emblem di belakang

Entah mengapa DFSK sepertinya maniak emblem, hingga ada 4 emblem di bokong Glory 560 ini. Mengapa tidak digabung saja antar kata Glory dan 560, sehingga terkesan lebih simpel. Begitupun emblem 7 tahun garansi yang merah, menurut kami itu terlalu narsis.

 
Demikianlah ulasan panjang mengenai kelebihan dan kekurangan DFSK Glory 560. Semoga informasi ini bermamfaat bagi anda yang berminat membeli SUV ini. Jika sobat pembaca mengetahui keunggulan atau kelemahan mobil ini yang belum tertulis dalam artikel ini, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Tulis Komentar