Inden Xpander Lama, Produksi 2021 Terkendala Karena Ini

Mitsubishi Xpander 2021 - Mengapa Inden Xpander Lama

CaruserMagz.com Inden Xpander Lama, Apa Penyebabnya?Mitsubishi Xpander berhasil merebut gelar mobil terlaris pada bulan Juli 2021. Pemesanan mobil andalan PT MMKSI ini melejit kencang setelah pemberlakuan diskon pajak PPnBM 100%.

Namun pengiriman unit mobil ke kosumen terkendala, sehingga antrean inden jadi panjang. Pihak perusahaan akhirnya memohon maaf terkait pendistribusian Xpander yang cukup lama.

Relaksasi penghapusan pajak barang mewah untuk waktu yang terbatas membuat konsumen berlomba-lomba memesan Xpander dan Xpander Cross, hingga Xpander mencapai 33% dari marketshare Low MPV.

Xpander dinobatkan sebagai mobil terlaris di Indonesia pada bulan Juli 2021, berkat angka penjualan yang berhasil mengungguli Toyota Avanza di tempat kedua.

Namun sejatinya, jika Avanza+Rush yang lebih Apple-to-Apple untuk dibandingkan dengan Xpander+Xpander cross, maka jagoan Toyota sebenarnya tetap lebih unggul jauh.

Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross
Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross

Penyebab Inden Mitsubishi Xpander Lama

Dari pernyataan dan permohonan maaf pihak PT MMKSI yang dalam hal ini diwakili oleh Tetsuhiro Tsuchida selaku Director of Sales and Marketing, waktu inden yang lama disebabkan kendala pada proses produksi mobil.

Produksi Xpander terhambat karena aturan PPKM yang membatasi pergerakan pekerja dan jumlah pekerja yang diperbolehkan hadir di tempat kerjanya.

Lamanya inden mencapai 2 bulan sejak mobil di pesan. Pemesan di bulan Agustus hampir terpenuhi, namun pemesanan yang datang tetap bertambah lebih banyak, sehingga diperkirakan pihak pabrik akan makin kewalahan jika aturan PPKM akan berlangsung lebih lama.

Pemesanan Xpander sekitar 60% dari konsumen di wilayah Jawa, 30% dari DKI Jakarta dan sisanya 10% dari luar pulau Jawa.

Baca juga: Mengapa Xpander Cross Lebih Mahal dari Rush dan Terios? Ini Sebabnya!

Harapan Baik, wabah Covid-19 mulai Mereda

Namun penurunan kasus poisitif Covid-19 dan kematian akibat wabah pandemi ini sudah mulai turun, bahkan banyak Rumah Sakit di Indonesia yang sudah kosong ruang-ruang perawatan pasien Covid-19. Hal itu memberi harapan cerah bahwa aktifitas bisnis dan industri otomotif akan kembali normal dalam waktu dekat.

Sayangnya, dengan kondisi tersebut, waktu pemberlakuan diskon pajak PPnBM 100% akan segera berakhir di tanggal 31 Agustus 2021. Sehingga hanya tersisa sedikit waktu bagi konsumen untuk mendapatkan Xpander dengan harga yang lebih murah.

Belum ada pengumuman lebih lanjut dari Pemerintah, apakah skema diskon PPnBM akan dilajutkan 100%, atau menjadi 50%, atau sesuai rencana semula, hanya tinggal 25 persen sejak September hingga Desember 2021.

Tulis Komentar