Spesifikasi dan Harga Mobil Menteri Kabinet 2019-2024, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

CaruserMagz.com – Heboh mobil baru untuk menteri kabinet 2019-2024 menjadi viral baik di sosial media, maupun di media mainstream. Sehingga banyak komentar dari berbagai kalangan, khususnya para politisi yang bahkan berasal dari partai koalisi pemenang pilpres sendiri.

 
Terlepas dari kontroversi politik dan berbagai pendapat miring yang menghubungkan proyek penggantian mobil dinas menteri kabinet tersebut dengan kondisi keuangan negara, mari kita lihat lebih detail seperti apa spesifikasi mobil yang terpilih jadi kendaraan dinas para menteri kabinet 2019-2014.

 
Pemilihan mobil dinas menteri tersebut dilakukan dengan lelang umum yang dilakukan oleh kementrian Sekretariat Negara, yang pada akhirnya dimenangkan oleh PT Astra International yang mengusung Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

 
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang berteknologi hybrid tersebut menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang telah jadi kendaraan dinas menteri sekitar 10 tahun. Sehingga dianggap wajar untuk diganti dengan unit baru.

 

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive - Mobil Menteri Tampak Depan dan Belakang
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive – Mobil Menteri Tampak Depan dan Belakang

Bukan hanya menteri, 101 unit Toyota Crown 2.5 HV tersebut juga termasuk kendaraan dinas untuk pimpinan lembaga negara, pejabat setingkat menteri, mantan presiden dan mantan wakil presiden.

 
Lalu seperti apa spesifikasi sedan mewah Toyota tersebut? Mari kita ulik lebih detail mengenai spesifikasi teknis mobil menteri kabinet baru 2019-2024 ini:

 

Dimensi

Secara dimensi, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive memiliki panjang hampir 5 meter dan wheelbase hampir 3 meter. Bisa kita bayangkan kelegaan kabin sedan mewah Toyota tersebut. Para menteri tentunya bisa selonjoran kaki saat duduk di kabin belakang mobil dinasnya tersebut.

Ukuran Toyota Crown Hybrid yang dibangun di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA) ini adalah 4.910 mm x 1.800 mm x 1.455 mm untuk Panjang x Lebar x Tinggi. Dengan dimensi tersebut, sedan mewan ini berbobot sekitar 1,75 ton.

 

Mesin

Hal yang menarik diketahui tentunya adalah mesin penggerak mobil mewah ini, yaitu mesin 2.500cc 4-silinder dengan teknologi Dynamic Force Engine Hybrid System. Powertrain tersebut mampu menghasilkan tenaga 184 hp dari mesin bakar dan hingga 223 HP dengan kombinasi dengan motor listriknya. Sedangkan torsi gabungan hingga 521 Nm, dengan 221 Nm dihasilkan dari mesin bakar.

 

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive - Spesifikasi Mesin
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive – Spesifikasi Mesin

Kelebihan dari mobil baru menteri dan pejabat kabinet 2019-2024 ini adalah teknologi hybrid-nya yang diklaim ramah lingkungan, karena sangat hemat bbm untuk ukuran mobil bermesin besar, yaitu mampu menempuh 19,4 km untuk tiap liter bensin. Dengan figur tersebut, Toyota Crown G HV ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 2.500 km dengan tanki bahan bakar penuh.

 

Eksterior

Tampilan eksterior Toyota Crown G-Executive ini memang cocok untuk para eksekutif. Sesuai namanya grill depan dibut berbentuk seperti mahkota raja, ditambah logo mahkota di moncong depannya yang menggantikan logo Toyota pada mobil kelas biasa. Meskipun didesain bernuansa kharismatik, sedan mewah ini tetap terlihat modern dengan bentuk dan jeroan lampu depan dan belakang.

 

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive - Eksterior Mewah
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive – Eksterior Mewah

Garis pada kap mesin yang bersambung ke grill depan mengingatkan kita pada nuansa kemewahan royal pada Rolls-Royce Phantom. Toyota Crown sendiri adalah salah satu mobil legendaris Toyota yang reputasinya sudah seterkenal Land Cruiser, Volkswagen Bettle, Porsche 911, dan lainnya. Jadi sedan mewah ini tak kalah bergengsi dibanding mobil sejenis dari brand premium seperti Mercedes-Benz atau Maserati.

Tak perlu banyak dijelaskan, karena dari tongkrongannya, dimensinya, garis-garis dan penampakan dari semua sisi, saat bergerak di jalan raya, orang akan tahu bahwa mobil ini adalah kendaraan pejabat atau minimal mobil para konglomerat.

 

Interior

Masuk ke kabin Toyota Crown 2.5 HV G-Executive ini menampilkan kelasnya sebagai mobil pejabat, berkat ruang yang super lega, dashboard yang terlihat mewah dan futuristik, Kualitas bahan terbaik dan aksen-aksen kayu gelap yang elegan.

 

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive - Interior Kabin Mobil Menteri
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive – Interior Kabin Mobil Menteri

Bagian dalam kabinnya dibuat dengan tampilan mewah lewat aksen kayu dan penggunaan jok kulit. Dashboardnya terlihat mewah dengan 2 layar sentuh besar, yaitu layar floating 7 inci sebagai head unit di bagian atas center-cluster dan layar 8 inci di tengah-tengah dashboard yang diperuntukkan bagi pengaturan fitur-fitur mobil ini, seperti AC dan lainnya.

 

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive - Interior Mobil Menteri, Dashboard
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive – Interior Mobil Menteri, Dashboard

Kabin belakang tentu menjadi fokus karena pemilik mobil ini akan lebih sering berada di bagian belakang. Sehingga kenyamanan mendapat perhatian khusus dan akses ke pengaturan fitur-fitur kendaraan juga disediakan melalui arm-rest yang bisa dilipat. Arm rest tersebut berfungsi seperti konsol tengah dan dilengkapi panel pengaturan untuk posisi duduk dan audio seperti volume suara dan channel switch.

Uniknya pembalut kursi Crown Tipe 2.5 G-Executive bukanlah kulit seperti kebanyakan mobil mewah, melainkan bahan fabric. Namun banyak reviewer menyebutkan bahwa kenyamanan dari bahan fabric tersebut lebih baik dibanding bahan kulit. Sehingga akan lebih nyaman dibiarkan dengan kondisi originalnya, tidak perlu diganti menjadi kulit.

 

Fitur

Mengenai fitur, sedan mewah Toyota ini dijejali fitur-fitur keselamatan aktif terkini, yang dirangkum dalam paket Toyota Safety Sense II, yaitu meliputi:

Dynamic Radar Cruise Control (Adaptive): Dapat menyesuaikan kecepatan dengan mobil di depan untuk menjaga jarak aman.
Automatic emergency braking: Mobil akan mengerem sendiri jika terdeteksi akan menabrak objek di depan, dengan bantuan sensor.
Lane Tracing Assist (LTA): Menjaga mobil pada posisi sisi jalan yang benar.
Adaptive High Beam System: Automatic LED headlights yang menyesuaikan posisi lampu secara otomatis jika ada kendaraan lain dari arah berlawanan.
Road Sign Assist
Intelligent Clearance Sonar
Rear Cross Traffic Auto Brake
Rear Pedestrian Support Brake
Blind spot assist
360 degree camera

Di bagian interior, disediakan pengaturan posisi duduk secara elektrik atau multi-way electric seats dengan kursi yang dilengkapi ventilasi dan heater. Navigasi satelit menjadi fitur wajib, namun pada versi Jepang tidak ada Apple CarPlay atau Android Auto pada mobil ini, melainkan hanya disediakan OS OEM Toyota yang mirip dengan yang ada pada mobil Lexus.

 

Pengendalian dan Citarasa Mengemudi

Sedan mewan ini adalah mobil untuk para eksekutif yang lebih banyak duduk di kursi belakang, sehingga kenikmatan mengemudi bukanlah fokus utamanya. Dari review yang dilakukan pada versi Jepang, diketahui bahwa setir mobil ini terlalu ringan dan kurang memberi feedback mengenai kondisi jalan atau disebut artificial.

Mungkin sengaja dibuat ringan untuk menghilangkan nuansa kaku dari bobot dan dimensinya yang besar. Ada tiga mode mengemudi berbeda yang disediakan, yaitu Eco, Normal, dan Sport. Pada mode sport, setir menjadi lebih berat dan posisi gear ditahan lebih lama untuk mendapatkan torsi.

Transmisi CVT juga memberi peran pada perpindahan kecepatan yang smooth, sehingga mobil ini memang bukan untuk ngebut. Pada mode Sport pun dia terasa tidak agresif. Hal itu masuk akal, karena mobil ini dibangun untuk kenyamanan kelas atas dan level keselamatan terbaik.

 

Harga

Di negara asalnya, Jepang, Crown Hybrid tipe G-Executive ini dijual dengan harga ¥7,187,400 atau sekitar Rp 974 juta. Mobil ini tidak dijual secara resmi untuk konsumen Indonesia, sehingga tidak disediakan di dealer Toyota. Jika dijual, tentu harganya akan mendekati 2 Milyar.

Menilik dari nilai penawaran dari PT Astra International pada hasil tender yang banyak diumumkan media mainstream, yaitu senilai Rp. 147 Milyar untuk 101 unit. Sehingga artinya harga mobil menteri kabinet 2019-2024 tersebut adalah sekitar Rp. 1,46 Milyar per unit.

Sumber Foto: jalopnik.com

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Find more about me through below Social Media Buttons.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar