Skuter Ola Electric, Motor Listrik Murah Secanggih Wuling Almaz dari India

Ola Electric - Motor Listrik Canggih dari India

CaruserMagz.com – Skuter Ola Electric adalah motor listrik buatan dalam negeri India yang baru saja dihadirkan dengan dua varian. Negeri Boliwood kian maju dalam industri otomotif, karena telah memiliki merek asli dalam negeri baik untuk kendaraan roda empat maupun roda dua.

Ola Electric sukses mencuri perhatian dengan desain elegan modern dan fitur canggih. Hebatnya, dengan kecanggihan dan tampilan modern, motor listrik ini dibanderol dengan harga terjangkau.

Mengutip dari laman Paultan.net, Ola Electric Mobility Private Limited selaku produsen motor listrik ini, masih dalam tahap startup, namun demikian perusahaan India tersebut sudah bersiap untuk penjualannya.

Skuter Listrik Ola Electric Hadir Dua Versi, Fitur Canggih dan Terjangkau
Skuter Listrik Ola Electric

Motor ini akan dibanderol dengan harga 79.999 rupee, atau sekitar Rp. 15,4 jutaan. Konsumen dapat memesan Ola Electric secara online, yaitu dengan membayar booking fee sebesar 499 rupee atau sekitar Rp. 96.000 saja.

Proses pemesanan dimulai pada bulan September, sedangkan distribusinya direncanakan mulai pada bulan Oktober 2021 mendatang.

Spesifikasi Skuter Listrik Ola Electric

Skuter India ini ditenagai oleh motor listrik bermuatan 8,5 Kw dengan torsi puncak mencapai 58 Nm. Ruang bagasinya mencapai 36-Liter di bawah jok.

Dengan pengendaraan yang hemat, motor ini diklaim bisa menempuh hingga 240 km dari posisi baterai penuh. Dengan kecepatan sekitar 90 km/jam, jangkauan maksimum bisa mencapai hingga 121 km.

Untuk urusan performa, Motor ini bisa mencapai kecepatan 45 km/jam dalam waktu 3,9 detik. Sedangkan top-speednya diklaim bisa mencapai hingga 115 km/jam.

Spesifikasi Skuter Canggih dan murah dari India
Spesifikasi Skuter Canggih dan murah dari India

Fitur Canggih seperti Mobil

Ola Electrik disediakan dalam dua varian, yaitu tipe S1 dan tipe S1 Pro. Keduanya dilengkapi fitur canggih yang diklaim hingga seperti mobil.

Speedometer sudah menggunakan layar sentuh touchscreen berukuran 7-inci dengan Prosesor Quadcore 1,8 GHz dan RAM mencapai 3GB.

Fitur-fitur canggihnya benar-benar kekinian, semisal konektifitas Bluetooth, fitur GPS internal yang mendukung pencarian dan berbagi lokasi, fitur untuk berkirim pesan dan melakukan panggilan.

Motor ini juga dilengkapi fitur perintah suara, untuk itu disediakan satu set mikrofon dan speaker internal yang bisa digunakan saat dalam perjalanan. Wow.. Apakah itu seperti fitur voice-command yang kita jumpai pada Wuling Almaz?

Bahkan pada tipe S1 Pro, motor ini dilengkapi Cruise Control, Hill Hold Control dan Gigi Mundur, dan remote start melalui gawai. Haiyaah.. Honda Beat akan terasa dari zama batu jika disandingkan dengan motor Indihe ini.

Fitur-fitur Ola Electric ini cukup gila untuk ukuran motor listrik berharga Rp 15 jutaan. Karena di Indonesia, motor listrik 15 jutaan masih berbentuk seperti sepeda, dengan kecepatan maksimal 35 km/jam dan jarak tempuh maksimum 25 km saja. awoookkk…

Baca: Motor Listrik Selis Bisa Tempuh 120 km sekali Cas

Warna Fungki Ola Electric - Motor Listrik Canggih dari India
Warna Fungki Ola Electric – Motor Listrik India

Ola Electric selaku produsen skuter listrik ini tidak main-main, ambisinya membangun 100.000 titik stasiun pengecasan kendaraan listrik di 400 kota di India, berupa jaringan Hypercharger yang memudahkan penggunanya.

Melihat kapasitas dan kiprah orang-orang India di industri teknologi di seluruh dunia, rasanya ambisi tersebut masuk akal saja. Perusahaan ini bisa saja menjadi saingan Tesla di masa depan.

Jika motor listrik seperti ini terwujud di India dalam waktu dekat, bukan tidak mungkin produknya akan masuk Indonesia di masa depan.

Pertanyaannya, apakah Indonesia akan mulai menggerakkan industri kendaraan listrik seperti yang digaungkan Dahlan Iskan saat beliau menjabat Menteri Perindustrian di zaman Presiden SBY? Atau akan tetap menjadi bangsa konsumen dalam industri otomotif dan teknologi?? Sementara rajin beternak banyak BuzerrRP untuk membuat kegaduhan tiada henti.

Wahai para pemuda Indonesia yang cerdas dan waras, silahkan jawab pertanyaan itu dengan mimpi dan aksi untuk masa depan Indonesia yang gemilang!!

Tulis Komentar