Toyota Fortuner 2.800cc Segera Hadir di Indonesia, Tenaganya Kalahkan Pajero Sport

CaruserMagz.com – Toyota Fortuner 2.800cc Terdeteksi di DJKI Kemenkumham RI. Fortuner yang baru saja mendapat sejumlah penyegaran, kemungkinan akan mendapat varian baru di Indonesia dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Penyegaran terbaru pada Fortuner antara lain varian TRD Sportivo yang digantikan varian GR Sport. Selain itu, ada upgrade pada AC yang berubah menjadi dual zone.

Fortuner GR Sport Indonesia
Fortuner GR Sport Indonesia

Sesuatu yang lebih menarik terkait Toyota Fortuner terdeteksi di situs Dirjen Kekayaan Intelektual. Namun pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) masih bumkam mengenai bocoran informasi tersebut.

Dari situs DJKI, terdeteksi Fortuner dengan kode 2.8 yang diajukan oleh  PT Toyota Astra Motor. Kode tersebut memancing spekulasi, bahwa itu adalah Fortuner bermesin diesel 2.800cc. Pasalnya di negara luar, Fortuner tersebut telah dipasarkan.

Spesifikasi Toyota Fortuner 2.800cc

Toyota Fortuner 2.800cc di luar Indonesia memiliki mesin Turbo Diesel 4-silinder berkode 1GD-FTV. Tenaganya mencapai 203 hp dan torsi maksimum hingga 500 Nm.

Sama halnya dengan varian mesin Fortuner yang ada di Indonesia, Fortuner 2.8L juga memiliki pilihan sistem penggerak 4X2 dan 4X4. Mesin tersebut telah digunakan pada mobil komersial Toyota Hiace Premio.

Toyota Fortuner 2.800cc Hadir di Indonesia
Toyota Fortuner 2.800cc Hadir di Indonesia

Sebagai perbandingan, Fortuner di Indonesia yang ada saat ini menggunakan mesin diesel 2.400 cc berkode 2GD-FTV. Tenaganya 157 hp dan torsi mencapai 400 Nm.

Di atas kertas, tenaga Fortuner memang terasa imperior dibanding rival terdekatnya, Mitsubishi Pajero Sport. Sehingga jika benar Fortuner Indonesia akan memiliki varian bermesin diesel 2.800 cc, itu akan menjadi alternatif sangat menggoda bagi peminat SUV ladder frame 7-seater.

SUV ladder frame Toyota ini bakalan semakin sporty dan garang, berkat peningkatan pada mesin yang menjadikannya lebih tangguh dan bertenaga. Khususnya jika dibandingkan dengan Pajero Sport dan Nissan Terra, serta rival monokoknya semisal Hyundai Santa Fe dan Honda CR-V .

Fortuner Facelift

Di negara tetangga, Toyota Fortuner dikabarkan akan mendapat facelift, yaitu di Australia. Fortuner model terbaru tersebut kabarnya akan dilengkapi fitur Toyota Connected Services.

Fitur tersebut memfasilitas monitoring berbagai kondisi pada Toyota Fortuner melalui smartphone. Misalnya tombol SOS, service darurat 24 jam, dan GPS tracking untuk kendaraan jika dicuri.

Tulis Komentar