Hyundai Rilis Teaser Konsep Staria, Benarkah Pesaing Avanza Semewah Ini?

Teaser hyundai staria MPV - Depan

CaruserMagz.com – Hyundai baru saja merilis gambar teaser untuk konsep MPV yang bernama Staria dan disebut-sebut akan diproduksi di pabrik baru Hyundai di Cikarang, Indonesia. Nama Staria sendiri awalnya terdekteksi di Filipina dari pendaftaran di Kantor Hak Kekayaan Intelektual Filipina.

Namun itu baru isu, karena belum ada keterangan resmi dari Hyundai Indonesia, apakah Staria benar-benar akan menjadi model pesaing Avanza di Indonesia, atau sebenarnya itu akan menjadi produk global yang termasuk mobil premium layaknya Toyota Alphard atau Honda Odyssey.

Belakangan Hyundai secara resmi merilis beberapa gambar teaser Staria. Namun bentuknya lebih mirip premium MPV bertubuh bongsor dan berinterior luxury layaknya Toyota Alphard.

Penampakan sampingnya terlihat sangat masif , panjang dan boxy di belakang. Tarikan garis dari hidung dan kaca depan terlihat sangat aerodinamis dan di belakang membentuk buritan yang sangat boxy.

Sketsa MPV baru hyundai lawan Avanza
konsep hyundai staria MPV – Teaser Gelap

Tergantung ukuran sebenarnya, jika ternyata itu sangat besar layaknya Alphard, maka sangat mungkin ini bukanlah lawan Toyota Avanza, Mitsubisihi Xpander, atau Suzuki Ertiga.

Namun jika ukurannya lebih kecil, mungkin saja perkiraan banyak media adalah benar. Tapi bisa juga Staria merupakan model global yang berada pada segmen yang lebih tinggi seperti Honda Freed dan Toyota Sienta.

Terlepas dari asumsi-asumsi tersebut, penampakan konsep digital Hyundai Staria ini menggambarkan mobil premium yang sangat modern dan futuristik.

Penampakan depannya terlihat seperti mobil masa depan dengan LED DRL horizontal tipis dan headlamp LED 6-titik. Konsep ini menganut simplicity yang modern dengan bagian-bagian eksterior serba minimalis.

konsep hyundai staria MPV - Teaser Depan
konsep hyundai staria MPV – Teaser Depan

Di bagian belakang, mengingatkan kita pada mobil-mobil kesukaan orang Jepang, yang boxy. Kami kira bentuk ini bukanlah favorit orang Indonesia. Karena pernah dicoba oleh Mitsubishi dengan menghadirkan Delica, dan itu tidak berhasil.

Namun bagi orang-orang tidak suka pada tampilan mobil mainstream, bentuk ini akan sangat menarik, karena terlihat sangat modern dengan lampu-lampu LED dan bentuk yang simpel.

Tampilan Belakang MPV Hyundai 2022
Konsep Hyundai Staria MPV – Teaser Belakang

Dari penampakan teaser depan dan belakang ini, kita mendapat gambaran penampakan sampingnya yang memiliki kaca besar. Kaca itu begitu masif hingga menghabiskan sekitar 50% dari ketinggian mobil.

Teaser ini juga menunjukkan adanya pintu sliding dan velg sporty berukuran besar. Bentuk ini benar-benar mengingatkan kita pada Mitsubishi Delica yang mengotak namun dipenuhi pernak-pernik modern.

Beralih ke interior, kita melihat dashboard yang identik dengan kokpit Hyundai Tucson terbaru. Hanya saja tidak ada konsol tengah.

Interior Hyundai Staria MPV Pesaing Xpander
Interior Hyundai Staria MPV – Dashboard mirip Tucson

Ada layar monitor yang masif di center-cluster dan tidak ada tuas transmisi. Pola di bagian bawah center-cluster mirip dengan yang kita lihat pada Nissan Elgrand dan MPV besar lainnya.

Di kabin belakang, ini jelas menunjukkan bahwa Staria tidak sekelas dengan Low MPV semisal Avanza dan kawan-kawannya. Bahkan terlihat seperti bukan lawan bagi Toyota Innova, melainkan berada di segmen yang jauh lebih tinggi semisal Alphard.

Interior Hyundai Staria MPV - Cabin dengan Captain Seats
Interior Hyundai Staria MPV – Cabin dengan Captain Seats

Captain seats di baris keduanya sudah seperti kursi pesawat kelas VVIP. Hal itu terlihat dari bentuk kursi yang mewah, sandaran kepala yang besar bersayap dan adanya leg support yang menjanjikan kenyamanan kelas atas.

Detail spesifikasi mobil ini kabarnya akan dibuka oleh Wuling dalam beberapa bulan ke depan. Sementara hingga sekarang kita hanya bisa berasumsi tentang bermacam hal. Semisal segmen, ukuran, harga dan apakah benar adalah model yang akan diproduksi di Indonesia atau bukan.

Baca juga:

Menurut kami, dengan bentuk semewah ini, rasanya kecil kemungkinan Hyundai Staria ini akan menjadi saingan Avanza atau Mobilio, mengingat penampakan yang terlihat terlalu mewah.

Ini bukanlah bentuk yang sesuai dengan selera kebanyakan konsumen Indonesia di kalangan menengah ke bawah. Sehingga akan sulit bersaing di segmen Low MPV.

Mungkin saja ini bisa compete dengan Avanza dan Xpander di Indonesia, asal harganya sangat menarik semisal Wuling Confero. Tapi itu rasanya sulit untuk mobil semewah ini dibanderol harga selevel Confero. Kita tunggu saja kabar resmi dari Hyundai Motor Indonesia.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar