Teaser Hyundai Tucson Generasi-4

Hyundai Tucson Gen-4 Berubah Total! Selangkah ke Masa Depan

Berita Hyundai SUV

CaruserMagz.com – Hyundai Tucson Gen-4 menjelang peluncuran pada 14 September 2020, telah dirilis teaser-nya oleh Hyundai Motor Corporation. Ini merupakan kultur pabrikan Korea, untuk mem-boosting kabar peluncuran mobil baru ke halayak media. Biasanya dalam waktu tidak lama, akan dirilis penampakan gambar digital resmi yang lebih detail.

Hyundai adalah pabrikan yang merubah keseluruhan desain mobilnya pada perubahan setiap generasi. Tidak seperti brand lain yang memiliki ikon tetap, misalnya Kia dengan Tiger-Nose, BMW dengan Kidney-Grille dan lain sebagainya, Hyundai seperti tidak memiliki ikon karena merubah konsep dan ciri khasnya di tiap generasi desain.

Kami pikir ‘Cascading Grille‘ akan jadi ikon tetap Hyundai, namun ternyata muncul ciri khas baru berupa ‘Jewel-like Grille‘ yang sudah diluncurkan pada beberapa model terbaru, termasuk Hatchback Hyundai i20. Kini giliran Hyundai Tucson Generasi ke-4 yang mendapat ubahan dengan bahasa desain seperti Permata tersebut.

Dari teaser yang dirilis, tampilan Medium SUV 5-Seater Hyundai ini benar-benar baru. Tidak ada lagi bentuk generasi sebelumnya pada semua sisi, baik eksterior maupun interior. Ini seperti melompat selangkah ke masa depan dengan bentuk eksterior futuristik dan interior lebih bernuansa digital. Tucson 2021 akan menjadi SUV Kompak yang mencolok dikelasnya.

Jewel-like Grille‘ yang sekarang jadi ikon desain Hyundai terbaru mengintegrasikan gril dengan lampu Day-Time Running Light geometris unik yang hanya terlihat saat dinyalakan. Dalam keadaan mati, lampu tersebut merupakan bagian dari gril. Secara keseluruhan DRL tersebut membentuk sayap burung mengembang pada kedua sisi wajah Tucson. Sedangkan lampu utama terletak dibawahnya dengan jeroan 4-buah LED.

Bagian belakang jadi lebih menarik dengan lampu LED tipis membentang horizontal, dipadu dengan 4 LED seperti dua taring yang mengarah ke sisi dalam di masing-masing sisi rear lamp. Bentuk bokongnya terlihat gagah dengan bumber beraksen silver, lampu mundur LED dengan hiasan bermotif permata di bawahnya. Kesan modern dan futuristik sangat terasa dengan LED tipis merah menyala.

Di bagian samping juga terlihat gagah dengan spoke velg berdesain baling-baling besar, over-fender tebal menaungi ban Michelin dan aksel silver di sekujur kaca samping. Logo Hyundai terlihat lebih bold di bagian hidung mobil, sedangkan di bagian belakang tidak lagi menempel di body pintu bagasi, melainkan di kaca bagian bawah.

Bentuk eksterior baru ini merupakan perwujudan filosofi ‘Sensuous Sportiness‘ dari bahasa desain terbaru Hyundai ‘Parametric Dynamics‘ yang pertama kali diperkenalkan pada Sedan Elantra. Desain yang lebih agresif dan tajam dengan garis-garis tegas, berbeda dari sebelumnya yang lebih membulat.

Yang lebih menarik adalah bagian interior. Penampakan dari teaser yang dirilis, kabin Tucson gen-4 ini akan lebih digital dengan layar besar di cluster-meter, layar full di balik lingkar kemudi dan tidak terlihat tombol atau kenop di konsol tengah, melainkan panel virtual yang sepertinya dioperasikan dengan sentuhan. Semuanya mendukung pengoperasian effortless yang mungkin tidak bersahabat dengan generasi tua.

Baca Juga: Daftar Harga dan Pilihan SUV 7-Seater di Indonesia

Setirnya serupa dengan setir Elantra terbaru dengan 4-palang dan plat-bottom. Desain dashboard dan konsol tengah terlihat aerodinamis menjanjikan posisi mengemudi yang sporty. Layar monitor besar di center-cluster sepertinya terdiri dari 2 bagian, berupa layar entertainment di atas dan pengaturan fitur-fitur mobil di bagian bawah. Uniknya tidak terlihat ventilasi AC, sepertinya bagian tersebut disembunyikan di antara tingkatan dashboard.

Hyundai Tucson generasi-4 ini dikabarkan punya dimensi yang melar, lebih panjang dan lebih lebar dari generasi sebelumnya. Jarak sumbu roda juga ditarik lebih panjang. Sehingga dari semua hal, Tucson 2021 ini sepertinya naik kelas.

Detail mengenai dapurpacu Tucson Gen-4 ini baru akan dirilis pada peluncuran resmi, namun dikabarkan akan berupa mesin 2.500cc 4-Silinder dengan pilihan Naturally Aspirated dan Turbo. Sangat mungkin juga disediakan pilihan mesin Hybrid, mengingat ini adalah model global dan juga mengusung konsep mobil masa depan.

Mengenai kemungkinan model ini masuk Indonesia, sepertinya tetap ada. Hanya saja dalam waktu yang cukup lama, bisa jadi memakan waktu hingga 2 tahun ke depan. Pasar Amerika Utara, Amerika Latin, Timur Tengah dan Eropa tentu lebih menjadi prioritas dibanding pasar Asia Tenggara. Tucson 2021 ini telah dipastikan meluncur secara daring pada 14 September 2020 waktu LA, California AS, dan 15 September waktu Seoul Korea Selatan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar