CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Honda Recall Mobil karena Masalah Pompa Bensin - Juli 2020December 18, 2020

1,79 Juta Mobil Honda Kena Recall, CR-V Berpotensi Kebakaran, Accord Cacat Program

CaruserMagz.comHonda Motor Corporation mengumumkan recall pada sekitar 1,79 juta unit kendaraannya di 4 zona berbeda. Model-model yang terkait dengan kampanye penarikan kembali ini antara lain Honda CR-V, Accord, Accord Hybrid, Civic Hybrid, Fit (Jazz) dan Acura ILX. Dimana masalah paling crusial adalah terkait Honda CR-V berpotensi kebakaran.

Masalah yang bisa terjadi pada sebagian besar mobil tersebut adalah kebakaran dan cacat program. Adapun wilayah yang terkait dengan recall ini sebagian besar adalah di Amerika Serikat, meliputi 22 negara bagian dengan jumlah kendaran mencapai 1,43 juta unit.

Berikut rincian rencana recall besar-besaran Honda di Amerika Serikat:

  1. Honda CR-V keluaran 2002-2006: 268 ribu Unit, karena masalah sakelar Power Window mengakibatkan CR-V berpotensi kebakaran.
  2. Honda Accord 2018-2020, Accord Hybrid, dan Insight 2019-2020: Total hingga 735 ribu unit, karena masalah perangkat lunak Body Control Module.
  3. Honda Civic Hybrid 2012, Honda Fit 2007-2014, Acura ILX 2013-2015: Total hingga 430 ribu unit, atas masalah kerusakan poros penggerak karena korosi.
Honda-Accord-2017-tampak-depan
Honda-Accord-2017-tampak-depan

Dilaporkan Reuters, telah terjadi 16 kasus kebakaran mobil Honda terkait dengan masalah sakelar power window. Namun Honda meyakinkan bahwa atas kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa atau luka-luka.

Honda pernah melakukan recall terkait masalah sakelar utama power window ini pada tahun 2012. Recall CR-V berpotensi kebakaran ini diakibatkan kegagalan sakelar karena kelembaban.

Sedangkan cacat program perangkat lunak pada Honda Accord dapat mengganggu sistem komunikasi kendaraan terkait lampu-lampu peringatan seperti lampu rem dan sein sebagai fitur keamanan.

Masalah software tersebut juga bisa mengakibatkan kerusakan komponen elektronik, termasuk gangguan pada tampilan kamera untuk visualisasi belakang mobil dan wiper kaca depan.

Baca juga:

Korban Airbag Takata Australia di Honda CRV
Honda CRV Gen-3

Beberapa model dalam list kendaraan yang kena recall tersebut juga ada di Indonesia. Tentu konsumen di Indonesia yang memiliki mobil-mobil tersebut merasa khawatir, apakah masalah-masalah itu juga berpotensi terjadi pada mobil mereka.

Terkait berita recall Honda di Amerika tersebut, Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales-Marketing PT Honda Prospect Motor mengkonfirmasi pada media, bahwa pihaknya tidak menerima pemberitahuan dari HMC, artinya kemungkinan besar mobil Honda di Indonesia tidak terkait dengan masalah recall tersebut.

Saat ini kami tidak menerima informasi mengenai program recall terkait dengan kasus tersebut untuk model yang dipasarkan di Indonesia.” ujar Yusak Billy, Kamis (17/12).

Yayan Abdhi

Tulis Komentar