Hyundai Cradle Mobil Berkaki Robot, Ide Cemerlang Atasi segala Hambatan Jalan

CaruserMagz.com – Ketika pertama kali melihat beberapa gambar yang diposting oleh akun resmi Instagram Hyundai Motor Corporation (HMC) dengan naman Hyundaimotorgroup.official tentang mobil berkaki robot, kami begitu senang. Karena hal itu telah sering kami pikirkan sejak usia kanak-kanak. Mungkin sobat pembaca juga punya ide itu bukan?

 
Ya, di masa kecil kami yang tinggal di pelosok Indonesia dengan jalan tak beraspal sangat menderita saat musim hujan, dimana jalan jadi seperti sungai lumpur yang tidak mungkin dilalui kendaraan.

 
Sehingga kami harus memikul sepeda yang seharusnya kami naiki, mobil-mobil operasional Pertamina banyak yang nyangkut terbenam dalam lumpur tanah liat dan seterusnya hingga hitungan bulan.

 
Dulu sering kami pikirkan mengapa pabrik mobil tidak membuat mobil berkaki, sehingga saat harus melalui jalan yang berlumpur, kaki mobil tersebut dikeluarkan dari sisi samping mobil, kemudian mobil tersebut bisa berjalan seperti laba-laba.

 

Hyundai Rancang Mobil Berkaki Robot -Future mobility
Hyundai Rancang Mobil Berkaki Robot -Future mobility

 
Ternyata apa yang sering kita pikirkan di usia anak-anak itu akan diwujudkan oleh raksasa otomotif Korea Selatan, yaitu Hyundai. Pabrikan mobil mewah tersebut merancang mobil berkaki robot, sehingga saat harus melalui medan yang sulit, kaki-kakinya memanjang dan mobil dielevasi.

 
Dalam postingnya, Hyundai menyatakan bahwa desain yang diberi nama Hyundai Cradle ini adalah untuk mengatasi segala keterbatasan mobilitas. Artinya dengan kendaraan berkaki robot ini, mobil bisa melalui segala kondisi jalan hingga jalan berbatu, sungai atau bahkan bisa memanjat perbukitan.

 
Menurut pabrikan mobil Korea tersebut, ini adalah salah satu kemungkinan mobilitas masa depan. Saat melalui jalanan mulus, mobil terlihat normal dengan kaki-kaki yang pendek, namun saat dibutuhkan, mobil bisa dielevasi seperti punya kaki laba-laba.

 
Baca juga:

 
Inspirasi dibuatnya mobil ini adalah kesulitas menembus lokasi bencana, dimana jalan tidak mungkin dilalui mobil biasa. Dengan mobil yang mampu berjalan seperti serangga, kemampuannya jadi unlimited menerjang semua kondisi medan, bahkan bisa merangkak memanjat perbukitan berbatu.

 
“Kebutuhan akan transportasi yang efisien, cepat, dan tangguh untuk bantuan bencana adalah apa yang menyebabkan Hyundai mengembangkan kendaraan pertama dengan kaki yang dapat digerakkan. Elevate Cradle adalah Ultimate Mobility Vehicle (UMV) pertama, teknologi campuran yang ditemukan pada mobil dan robot listrik, yang memungkinkannya melintasi medan di luar keterbatasan bahkan kendaraan off-road yang paling mampu sekalipun”. Seperti tertulis pada laman resmi Hyundai.

 
Berikut video dari Channel Youtube Resmi Hyundai mengenai Hyundai Cradle Elevate:

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar