Hyundai Sematkan Teknologi Pengenal Suara dan Artificial Intelligence (AI) di Mobilnya pada 2019

CaruserMagz.com – Ambisi Hyundai untuk menguasai pasar otomotif Eropa pada tahun 2021 ternyata bukan isapan jempol. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Salah satunya bersaing dengan menyediakan teknologi yang kian canggih untuk konsumen.

 
Untuk itu, Hyundai memasuki persaingan dalam pengembangan teknologi otomotif khususnya dalam hal konektifitas antara pemilik dan mobilnya.

 
Jika dalam jangka panjang berbagai brand sedang menyiapkan autonomous car, maka Hyundai punya rencana jangka pendek untuk menyematkan teknologi Artificial Intellegence (AI), yaitu kontrol berbagai fitur dengan pengenal suara melalui speaker pintar di semua mobilnya pada tahun 2019.

 
Teknologi AI ini akan mengakomodir pengendalian berbagai fitur dengan perintah suara, misalnya temperatur kabin, buka-tutup sunroof, penunjuk jalan atau navigasi, dan lain sebagainya.

 
Contoh sederhananya adalah menghidupkan mesin dengan perintah suara, seperti pada mobil Bentley di Film “2012”, saat milyarder dari Rusia menghidupkan mobilnya dengan mengatakan “Bentley, Start the Engine!”

 
Peningkatan standar teknologi ini diharapkan akan menjadi amunisi bagi Hyundai untuk meningkatkan daya saingnya di pasar otomotif global, khususnya di segmen mobil terkoneksi.

 
Baca juga: Hyundai Menangkan Red Dot Award untuk Desain Mobil Terbaik 2017

 
Untuk speaker pintar ini, Hyundai bekerjasama dengan SoundHound, perusahaan asal Amerika Serikat yang bertugas membuat aplikasi untuk memungkinkan mobil mampu mengidentifikasi perintah dari pengguna melalui suara kata-kata, siulan, atau musik.

 
SoundHound merupakan perusahaan yang punya spesialisasi dalam hal AI (artificial intelligence) yang salah satunya adalah pengenal suara. Kerjasama Hyundai dan SoundHound ternyata bukan hal yang baru, melainkan sudah dimulai sejak tahun 2012.

 
Pihak Hyundai mengabarkan bahwa pengenalan fitur canggih ini akan dilakukan pada awal 2018 di Las Vegas, Amerika pada pameran elektronik terbesar di dunia, yaitu Consumer Electronic Show (CES).

 
Ternyata Hyundai bukanlah satu-satunya brand yang sedang mengembangkan teknologi ini, Toyota yang sekarang menjadi raksasa otomotif terbesar di dunia juga sedang bekerja dengan “Line” untuk teknologi speaker pintar bernama “Clova”. Bahkan Ford juga akan mengkoneksikan teknologi ini dengan smartphone pemilik mobilnya.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar