Honda: Kia Seltos Bukan Saingan HR-V, Konsumen Sudah Cerdas!

CaruserMagz.com – PT Kreta Indo Artha (KIA), yang bernaung di bawah Grup Indomobil meluncurkan Kia Seltos pada Senin (20/1) di Jakarta. Kia Seltos adalah Compact SUV yang paling cocok bersaing dengan Honda HR-V, rajanya SUV mungil di Indonesia. Sehingga wajar jika banyak orang beranggapan bahwa Kia Seltos adalah ancaman serius bagi Honda HR-V.

 
Menurut Presiden Direktur PT KIA, Andrew Nasuri, Kia Seltos yang mereka datangkan utuh dari India tersebut menyasar kaum muda yang paham teknologi dan menginginkan mobil yang sarat dengan fitur-fitur canggih.

 
Kami membidik konsumen muda yang dekat dan sangat paham dengan teknologi, karena mobil (Seltos) ini sangat sarat teknologi,” ungkap Andrew di Jakarta, Senin (20/1).

 
Terkait kehadiran Kia Seltos, salah satu petinggi PT Honda Prospect Motor (HPM) memberi tanggapannya, yaitu Yusak Billy selaku Bussines Innovation & Sales Marketing Director PT HPM.

 

Tanggapan Petinggi Honda Indonesia

Menurut Yusak, banyak hal yang menyebabkan pihaknya tidak khawatir dengan kehadiran Kia Seltos, walau banyak disebut bahwa Compact SUV Kia tersebut unggul dalam banyak hal dibanding Honda HR-V.

 
Di atas kertas, Kia Seltos unggul dari HR-V dalam hal dimensi, output tenaga dan torsi mesin, teknologi mesin, fitur-fitur canggih dan secara relatif tampilan yang lebih modern dengan berbagai hal kekinian.

 
Namun menurut Yusak, ada banyak point lainnya dimana Honda HR-V sulit dikalahkan oleh jagoan baru Kia tersebut. Antara lain jaringan purna jual, harga jual kembali, dan brand value yang telah melekat di hati konsumen Indonesia.

 
Soal kompetitor (Kia Seltos), konsumen sekarang sudah smart ya, tidak lihat dari newness (kebaruan) saja dan harga murah,” ujar Yusak Billy di Bandung, Rabu (22/1).

 

Honda HR-V Indonesia - SUV Aerodinamis yang cantik
Honda HR-V Indonesia – SUV Aerodinamis yang cantik

Menurutnya, hal yang paling berpengaruh bagi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli mobil adalah pelayanan purna jual dan ketersediaan spare part. Yusak yakin Honda jauh unggul dalam 2 hal tersebut dibanding Kia yang baru mulai bangkit lagi.

 
Aftersales (layanan purna jual) dan brand value (nilai Merek) dilihat, nanti kalau dia (konsumen) mau jual kembali, resale value dia juga lihat,” jelas Yusak.

 

Karakter Konsumen

Pernyataaan Petinggi HPM tersebut cukup masuk akal, karena jaringan dealer dan bengkel resmi Honda sudah sampai di kota-kota kabupaten, sedangkan Kia masih sangat jarang, bahkan di beberapa kota Provinsi jaringan purna jualnya belum ada. Sehingga PT KIA harus bekerja keras dan berinvestasi besar untuk menyamai Honda dalam hal tersebut.

 
Sedangkan faktor jaringan servis dan kemudahan mendapatkan suku cadang sangat besar porsinya dalam pertimbangan konsumen untuk memutuskan apakah akan membeli suatu mobil atau tidak.

 
Namun konsumen yang berumur relatif muda di perkotaan, tidak sedikit yang mengenyampingkan hal-hal yang disebut petinggi HPM tersebut. Karena mereka lebih menyukai mobil yang lebih canggih, tidak mainstream, dan punya build quality dan kenyamanan berstandar tinggi. Sedangkan mengenai suku cadang, di era digital saat ini cukup mudah didapat dari pasar online, bagi kaum muda yang melek internet.

 
Baca Juga: 

 

Keunggulan Kia Seltos dan Honda HR-V

Terlepas dari analisis dan pernyataan petinggi Honda tersebut, faktanya Kia Seltos punya beberapa keunggulan secara spesifikasi teknis dibanding Honda HR-V.

 
Dalam hal dapurpacu, Kia Seltos unggul bahkan dibanding varian termewah HR-V Prestige. Kia Seltos dibekali mesin Kappa Turbo 1.353cc Dual CVVT Direct Injection, yang bertenaga maksimum hingga 138 hp dan torsi 242 Nm.

 
Sedangkan HR-V Prestige dibekali mesin 1800cc Naturally Aspirated, i-VTEC 4-silinder segaris SOHC + DBW bertenaga maksimal 137 hp dan torsi 169 Nm. Sementara Honda HR-V versi standar bermesin 1.497 cc non-turbo bertenaga 118 hp dan torsi maksimum 145 Nm.

 
Artinya Kia Seltos lebih nendang torsinya, karena lebih besar 73 Nm dari HR-V 1.8 dan 97 Nm dari HR-V 1.5. Dalam hal tenaga, Seltos juga lebih unggul dari semua varian HR-V.

 

Kia Seltos Indonesia - Lebih canggih dari Honda HR-V
Kia Seltos Indonesia – Lebih canggih dari Honda HR-V

Dalam hal fitur, Kia Seltos juga menawarkan fitur-fitur kekinian seperti wireless charging untuk gadget, sun roof, konektifitas android-auto dan Apple CarPlay, Cruise control, Keyless Start Engine, head unit layar sentuh yang canggih, Drive Mode: Sport, Eco, Normal, Mud, Snow & Sand, dan lain sebagainya.

 
Desain interior Seltos terlihat modern dan kualitas interior sangat baik dengan jok kulit dan bahan berkualitas tinggi. Dalam hal fitur keselamatan juga unggul dengan 6-airbag, Electronic Stability Control, dan Hill Start Assist, Parking Assist with Dinamic Parking Guideline, Antilock Braking System.

 
Namun Honda HR-V juga tergolong canggih untuk ukuran mobil mainstream, karena sudah ada Electric Parking Brake+Auto Brake Hold, Panoramic Sun Roof untuk tipe Prestige, Paddle Shift, Brake Override System, Motion Adaptive Electronic Power Steering. Hanya saja dibanding Seltos, cukup ketinggalan karena Selton punya nilai kebaruan.

 
Uniknya PT KIA menghadirkan mobil-mobil Kia dengan fitur lengkap, namun harganya lebih murah dibanding kompetitor di segmen yang sama. Berbeda dari sebelumnya mobil-mobil Kia tergolong mahal dengan fitur minim. Mungkin karena Kia Seltos yang dibawa ke Indonesia adalah CBU India, dimana biaya produksi disana jauh lebih murah dibanding di Korea Selatan.

 
Group Indomobil serius membawa brand Kia seutuhnya ke Indonesia, sudah ada pernyataan dari petinggi PT KIA, bahwa pihaknya akan menambah jumlah Dealer dan jaringan Purna Jual di Indonesia, bahkan ada pernyataan tentang rencana merakit mobil Kia di Indonesia.

Donasi atasi Covid-19 melalui ACT
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

Pecinta otomotif yang lebih suka mengungkapkan pendapat dan ide melalui tulisan ketimbang mengatakannya secara verbal. Karyawan swasta yang suka menghabiskan waktu luang dengan menulis. Introvert, analitis, dan cinta damai alias tidak suka berdebat. Ketahui lebih banyak tentang saya melalui link Media Sosial di bawah.

Tulis Komentar