Mengenal Fitur-fitur Canggih Honda HR-V Indonesia, Crossover Atraktif berteknologi Tinggi

CaruserMagz.com – Honda HR-V adalah Crossover yang cukup fenomenal di Indonesia. Mini SUV cantik ini sangat laris dan langsung mengalahkan Nissan Juke pada awal debutnya di pasar otomotif tanah air. Selain karena tongkrongannya yang atraktif, value for money Honda HRV tergolong tinggi, karena berbagai fitur canggih yang dulunya hanya ada pada mobil-mobil Eropa berharga 500 jutaan ke atas sudah dibenamkan di Crossover andalan Honda ini.

 

Artikel ini tidak akan membahas spesifikasi dan fitur-fitur Honda HRV secara lengkap, kami hanya akan membahas fitur-fitur canggihnya yang tergolong baru untuk mobil berharga 250 hingga 350 jutaan di Indonesia.

 

Berikut ini fitur-fitur yang akan memanjakan penumpang dan pengemudi Honda HRV:

 

1. Hill Start Assist Control (HAC) / Auto Brake Hold  – Untuk mobil berharga di bawah 500 jutaan, Honda HR-V adalah yang pertama menggunakan fitur ini di Indonesia, sebelumnya fitur ini hanya ada di mobil-mobil premium Eropa. HAC berfungsi mencegah mobil bergerak mundur atau maju saat harus berhenti di tanjakan dan akan kembali berjalan, yaitu menahan rem tetap berfungsi saat pengemudi melepaskan pedal rem untuk memindahkan kakinya dari pedal rem ke pedal gas. Fitur ini sangat membantu saat harus terjebak kemacetan (kondisi stop-and-go) di tanjakan, sehingga pengemudi tidak perlu terus-menerus menekan pedal rem. Lebih detail mengenai fitur ini, silahkan sobat baca di ulasan lengkapnya: Memahami Fitur Hill Start Assist.

 

2. Electric Parking Brake – Rem tangan Honda HR-V tidak lagi menggunakan tuas rem yang harus ditarik. Tetapi sudah menggunakan teknologi listrik, cukup dengan menarik dan menekan tombol kecil di konsol tengah, maka rem parkir sudah berfungsi.

 

3. Brake Override System – Ini merupakan fitur smart-braking, saat terjadi pengereman mendadak karena panic dan kaki pengemudi menginjak kedua pedal, baik pedal rem maupum pedal gas, maka yang berfungsi adalah fungsi rem karena fitur ini memprioritaskan pengereman, sehingga mobil dapat dihentikan dengan aman. Tapi lebih baik tidak mengandalkan fitur ini, karena dalam kondisi yang dibutuhkan adalah fungsi gas, tapi malah mobilnya berhenti karena tertekan kedua pedal, bisa saja membahayakan jiwa seisi penumpang mobil. Misalnya saat terjebak di rel kereta api.. berabe kan!

 

4. ABS+EBD+BA – Fitur pengereman Honda HRV ini komplit, tidak setengah-setengah, sehingga pengereman bisa dilakukan dengan efektif. ABS merupakan fitur anti terkuncinya ban saat pengereman mendadak, EBD berfungsi mengatur tekanan rem pada setiap roda berbeda-beda sesuai kebutuhan, sedangkan BA berfungsi menambah tekanan rem pada saat terjadi panic braking, tetapi pengemudi kurang kuat menekan pedal rem. Lebih detail dan lengkap silahkan baca pada artikel kami berikut ini: Memahami Fitur Pengereman ABS+EBD+BA.

 

5. Emergency Stop Signal – Fitur ini berfungsi memberi tanda pada pengemudi kendaraan lain di belakang jika pengemudi Honda HRV menginjak pedal rem dengan keras secara tiba-tiba. tanda tersebut adalah menyalanya semua lampu di belakang dengan berkedip-kedip, termasuk lampu utama dan lampu sein, sehingga memberi signal yang kuat pada kendaraan lain di belakang untuk segera mengurangi kecepatan juga. Fitur ini berfungsi menghindari tabrakan beruntun karena panic braking.

 

6. Immobilizer – Ini adalah fitur yang dulunya hanya ada pada mobil-mobil mewah, tapi belakangan sudah ada hampir pada semua mobil terbaru, bahkan mobil LCGC sekalipun. Fitur ini berfungsi mencegah pencurian mobil dengan kunci kontak yang dilengkapi kode elektronik, sehingga hanya bisa dinyalakan dengan kunci asli.

 

7. Power Retractable Door Mirror with LED Turning Signal – Spion yang bisa dilipat dengan hanya menekan tombol di dalam kabin ini diperindah oleh lampu sein di sisi luarnya. Fitur ini ada pada HRV tipe S, E dan Prestige. Biasanya fitur canggih ini hanya disediakan untuk tipe tertinggi, namun Honda cukup baik, karena hanya tipe A yang tidak memilik spion lipat otomatis ini.

 

8. Heat Rejecting Green Tinted Glass – Semua kaca pada Honda HRV dilengkapi dengan pelapis yang berfungsi menolak sinar Ultra Violet (UV) dan mengurangi panas matahari yang masuk ke kabin. Fitur ini sudah disematkan pada semua tipe HRV.

 

9. Day/Night Rearview mirror – Spion di dalam yang memberikan pencitraan bagian belakang mobil sudah dilengkapi system anti silau (anti-glare), yaitu cermin yang dibuat berlapis, cermin bagian dalam adalah prismatic yang mampu menghilangkan efek glare oleh lampu kendaraan lain di belakang, sehingga diperoleh pencitraan yang lebih jelas.

 

10. One Push Ignition System – Untuk menyalakan mesin Honda HR-V, tidak lagi menggunaka kunci, tapi cukup menekan tombol Start-Stop. Fitur ini sudah menjadi wajib bagi mobil-mobil mewah.

 

11. Audio Steering Switch – Untuk mengatur audio system, sudah disediakan tombol-tombol pada palang setir, sehingga pengemudi tidak perlu lagi melepaskan tangannya dari setir untuk mengganti lagu, channel radio atau mengatur volume speaker.

 

12. Auto A/C with Smart Touch – Panel AC terlihat mewah karena semua pengaturannya seperti layar sentuh, tidak ada tombol atau putaran seperti kenop kompor gas. Tapi banyak juga keluhan, tidak adanya tombol menyebabkan pengemudi tidak bisa mengatur AC dengan tidak melihat layar pengaturannya, karena berbeda dengan tombol yang bisa diraba tanpa harus mengalihkan mata dari pemandangan jalan di depannya.

 

13. Auto Headlight Adjuster (Type 1.8 Prestige) – Ketinggian sorot lampu utama dapat berubah secara otomatis sesuai kebutuhan. Jika ada kendaraan lain di depan, otomatis lampu dekat yang aktif, dan jika jalan sepi, lampu jauh yang berfungsi. Sehingga pengemudi tidak perlu lagi repot-repot menekan dan menarik tuas lampu jauh.

 

14. Power Panoramic Sunroof – Masih sedikit mobil-mobil di Indonesia yang diberi sunroof, sehingga fitur ini seolah menjadi penegasan bahwa Honda HR-V adalah Crossover mewah. Atap yang bisa terbuka bisa membuat kabin lebih terang di siang hari dan bisa melihat pemandangan di atas mobil.

 

15. Advanced Audio Video System, Head Unit Layar Sentuh – Infotainment system canggih pada Honda HR-V ini suda mengusung berbagai fitur kekinian, seperti: konektifitas Bluetooth, USB, Aux, DVD Player dan Radio. Monitor 6″ pada tipe 1.5L dan 7″ pada tipe 1.8L Prestige.

 

16. MID dengan LED Display – MID sudah wajib bagi mobil masa kini, namun jika pada mobil-mobil kebanyakan masih layar seperti kalkulator, maka pada HR-V sudah menggunakan LED, sehingga benar-benar terasa mewah.

 

17. Meter Cluster dengan Floating Illumination Ring (Eco Driving Assist) – Nuansa canggih terasa pada  meter cluster di balik lingkar kemudi, yaitu lingkaran pada speedometer yang bisa berubah-ubah warna, sekaligus sebagai indikator eco driving, saat konsumsi bahan bakar efisien illumination ring akan berwarna hijau, sehingga fitur bisa dijadikan petunjuk bagi pengemudi untuk menghemat bahan bakar.

 

18. Side Curtain Airbags and side Airbags (Type 1.8 Prestige) – Jika pada umumnya mobil berharga 300jutaan di indonesia hanya dilengkapi 2 airbags di depan, maka Honda cukup murah hati dengan menyediakan airbags disamping juga pada HR-V tipe tertinggi.

 

19. Cruise Control – Fitur ini memungkinkan pengemudi tidak perlu terus-menerus menekan pedal gas saat kecepatan konstan di trek yang lurus, misalnya di jalan tol. dengan menekan tombol cruise control di setir saat kecepatan yang diinginkan tercapai, pengemudi bisa melepaskan kakinya dari pedal gas. Fitur ini akan otomatis tidak aktif saat pengemudi mengurangi kecepatan dengan rem.

 

20. Paddle Shift – Ini fitur canggih yang biasanya ada pada mobil-mobil sport seperti Lamborghini, Ferrari dan lain sebagainya. Paddle shif berfungsi membuat mobil matic bisa dikendarai seperti mobil manual, jadi mirip dengan system transmisi tiptronic, hanya saja tuas pemindah posisi transmisi ada dibalik kemudi, jadi mudah dioperasikan dengan jari-jari saja. Paddle ship memungkinkan pengemudi berkendara dengan torsi/tarikan yang lebih besar sesuka seleranya, layaknya menyetir mobil bertransmisi manual. Fitur ini ada pada HR-V tipe E-AT dan Prestige.

 

21. Drive by Wire – Merupakan system elektronik yang mengatur bukaan gas dengan bantuan sensor berdasarkan tekanan gas yang diberikan pengemudi. Jadi pedal gas tidak lagi menggunakan system konvensional, sehingga Honda HR-V bisa menghasilkan konsumsi bahan bakar yang efisien. Tekanan gas yang tidak disengaja, misalnya karena jalan yang bergelombang, diabaikan oleh computer sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia.

 

22. G-CON + ACE – Ini adalah teknologi struktur rangka mobil, sehingga jika terjadi tabrakan hebat, struktur rangka mengalami kerusakan yang minim, dan energi disalurkan ke body, sebagai hasilnya kondisi di dalam kabin utuh, sehingga kemungkinan penumpang untuk selamat menjadi lebih besar. G-Con adalah singkatan dari G-Force Control sedangkan ACE adalah Advance Compatability Engineering.

 

23. Motion Adaptive EPS + VSA – Merupakan teknologi keselamatan yang menggabungkan Vehicle Stability Assist (VSA) dengan Electric Power Steering (EPS). VSA berfungsi mencegah over-steering dan under-steering dengan melakukan pengereman roda bagian luar, sedangkan EPS membantu tenaga putar kemudi ke arah yang berlawanan, sehingga mencegah pemutaran setir yang berlebihan.

 

24. Rear Parking Camera – Layaknya mobil-mobil mewah zaman sekarang, kamera parkir sudah dilengkapi view ukuran jarak dengan objek di belakang, sehingga pengemudi bisa memarkir mobilnya dengan tepat, walau di ruang yang sempit.

 

25. One touch turning signal – Fitur ini berfungsi memberi signal pada pengendara lain saat kita akan pindah jalur. Cukup dengan menyentuh tuas, lampu sein akan berkedip 3 kali.

 

26. CVT dengan Earth Dream Tecnology – Perpindahan transmisi lebih halus, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan performa mesin maksimal dengan akselerasi yang responsif.

 

Ternyata banyak yah fitur-fitur canggih pada Honda HR-V, padahal ini bukan mobil premium yang berharga di atas 500 juta. Jadi value for money HR-V dapat dibilang sangat tinggi, karena berlimpahnya teknologi otomotif terkini yang disematkan.

 

Dalam hal kenyamanan pengemudi dan penumpang, mini SUV ini juga superior. Sasis monokok-nya memberi suasana kabin sedan. Pengendalian yang presisi berkat dimensi yang rendah dan desain aerodinamis juga mensupport kenikmatan mengemudi.

 

Selain fitur-fitur canggih yang kami jelaskan di atas, ada banyak fitur atau aksesoris yang menunjang kenyamanan penumpang dan tampilan yang sedap dipandang pada eksterior dan interiornya. Antara lain:

 

LED Projector Headlight dengan LED Daytime Running Light (DRL)
MacPherson Strut & H-Shape Torsion Beam Suspension – Suspensi yang nyaman
Ultra Seat – Kursi yang memberi kenyaman pada penumpang
Tilt & Telescopic Steering – Pengaturan posisi setir naik-turun dan tarik-dorong.
Driver Seat Height Adjuster – Pengaturan posisi ketinggian kursi pengemudi.
Pretensioner with Load Limiter Seatbelt – Fitur sabuk pengaman yang lebih advance.
Half Leather Seat – Lapisan kulit pada kursi.
Rear Center Armrest – selain memberi kenyamanan, juga terasa mewah.
Vanity Mirror with Lights – Kaca pada sunroof dengan lampu.
Leather Steering Wheel Material – Lapisan kulit pada lingkar setir.
LED Map Light & Room Lamp.
Shark fin antenna  – pada tipe Prestige.
Two Tone alloy wheel – membuat tampilan yang gagah.

 

Itulah beberapa fitur canggih yang sudah tersedia pada Honda HR-V, semoga tulisan ini berguna bagi sobat yang berminat membeli mobil Crossover ini atau yang sudah punya Honda HR-V, tapi belum begitu mengerti fungsi dan cara menggunakan fitur-fitur yang berlimpah tersebut. Jika sobat ingin menambahkan penjelasan atau ada yang sobat rasa kurang tepat pada ulasan kami di atas, silahkan disampaikan pada kolom komentar artikel ini.

 

Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

3 thoughts on “Mengenal Fitur-fitur Canggih Honda HR-V Indonesia, Crossover Atraktif berteknologi Tinggi

  • November 21, 2017 at 2:03 pm
    Permalink

    Terima kasih Pak Yayan Abdhi atas infonya yang bagus ini, saya banyak yang belum tau soal HRV ini. Namun yang akan saya tanyakan satu lagi Pak Yayan teman saya bertanya kepada saya mengenai kaca HRV sangat mengembun di saat hujan dengan menggunakan AC. Bagaimana menurut analisa Pak Yayan?
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Salam,
    Lukas.

    Reply
    • July 4, 2018 at 2:35 pm
      Permalink

      kaca berembun di dalam saat hujan atau musin dingin, itu berarti ada kelembaban di kabin. Bisa juga karena orang yang terkena air hujan masuk ke mobil dalam keadaan basah-basah. Bisa juga diakibatkan pengaturan sirkulasi udara pada AC tidak internal, sehingga kandungan udara basah di luar masuk ke kabin.

      Saat seperti itu, maka disitulah pentingnya fitur heater kabin. Sayangnya Honda HR-V Indonesia belum ada fitur penghangat kabin pada sistem Air Conditionernya. Fitur ini biasanya ada pada mobil CBU yang juga dijual di Eropa seperti mobil Hyundai, KIA dan Suzuki CBU India.

      Reply
  • July 24, 2018 at 3:36 pm
    Permalink

    artikelnya sangat membantu dan menarik
    BTW, apakah semua fitur ini ada pada semua jenis mobil H-RV walau beda harga?

    Reply

Tulis Komentar