BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Kia Konfirmasi SUV Listrik Flagship EV9 Debut Global pada 2023 di Eropa

Kia EV9 Debut Global 2023 - Flagship Large SUV EV

Share

CaruserMagz.comSUV Listrik Flagship Kia EV9 Debut Global pada 2023 – Kia secara resmi mengkonfirmasi akan menggelar debut global versi produksi dari konsep EV9 di Eropa pada tahun 2023, yang dilanjutkan dengan peluncuran di pasar Amerika Utara dan Asia pada tahun yang sama.

Kia EV9 adalah kembaran tak seiras dari Hyundai Ioniq 7 yang dibangun dengan platform E-GMP. Ini adalah large SUV termewah dari jajaran mobil listrik Kia yang dilengkapi fitur tercanggih, serta desain dan kenyamanan terbaik.

SUV besar ini menggunakan bahasa desain EV Kia yang disebut “Opposites United“, dimana model pertamanya adalah EV6 yang telah resmi dijual di Eropa dan Amerika Utara.

Khusus untuk EV9, desainnya disebut bertema “Bold for Nature”, yaitu bahasa desain eksterior garang seperti umumnya large SUV besar, dengan kemewahan kabin berlevel tinggi untuk kenyamanan dan teknologi.

EV9 Debut Global di Eropa - Flagship Large SUV
Kia EV9 – Flagship Large SUV

Versi konsep dari EV9 ini berdimensi panjang 4.930 mm, lebar 2.055 mm, tinggi 1.790 mm, dan jarak sumbu roda 3.100 mm. Itu lebih kecil dari umumnya large SUV yang berdimensi hingga 5 meter.

Versi produksi EV9 dikabarkan akan terlihat sangat mirip dengan versi konsepnya, dan interior akan menggunakan bahan-bahan daur ulang yang tetap mempertahankan level kemewahan dan kepraktisan yang tinggi.

Dalam hal fitur, EV9 akan menjadi model pertama yang diberi teknologi mobil otonom Kia yang disebut “AutoMode“. Fitur ini baru akan merambah model EV Kia lainnya pada 2026.

Fitur otonom tersebut mencakup sistem ADAS yang mengandung fitur Highway Driving Pilot canggih, yang memungkinkan mengemudi tanpa campur tangan manusia. Kemungkinan seperti yang kita lihat pada AutoPilot milik Tesla.

Interior Konsep Kia EV9 - EV9 Debut Global 2023
Interior Konsep Kia EV9

Versi konsep EV9 memiliki sistem infotainment berupa layar sentuh ultra-lebar 27-inci yang diharapkan juga akan dihadirkan pada versi produksi, termasuk fitur konektifitas terhubung layaknya BlueLink pada Hyundai.

Kia mengatakan bahwa versi produksi akan menjadi model pertamanya yang menerima pembaruan perangkat lunak Over-the-Air (OTA) dan mengintegrasikan layanan Feature-on-Demand (FoD) atau kustom fitur sesuai keinginan pelanggan.

Dasbor Konsep Kia EV9 - Canggih dan futuristis
Dasbor Konsep Kia EV9 – Canggih dan futuristis

Kia belum memberi informasi mengenai powertrain listrik-nya. Namun diduga kuat EV9 akan menganut sistem All-Wheel-Drive dengan motor ganda.

Baterai berkapasitas besar disebut memiliki jangkauan 540 km dengan kemampuan pengisian daya ultra cepat yang bisa menambah jangkauan 100 km dengan pengecasan selama 6-menit saja.

Dengan powertrain tersebut, EV9 dijanjikan mampu berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam dalam 5 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)