Penyakit Honda HRV Paling Banyak Dikeluhkan, Apakah Kamu Mengalaminya?

Masalah dan Keluhan Honda HRV

Masalah dan penyakit Honda HRV yang paling banyak dikeluhkan pemiliknya di luar negeri. Apakah salah satunya pernah kamu alami?

CaruserMagz.com – Honda HRV adalah Compact SUV yang sangat laris di banyak negara di dunia, dan di Indonesia ini adalah yang terlaris. HRV benar-benar menggantikan segmen sedan untuk mobil kecil dengan kabin yang lapang, nyaman dan terasa mewah.

Peminat mobil berkapasitas 5-penumpang kemungkinan besar mempertimbangkan HRV sebagai salah satu kandidat kuat untuk dibeli. Karena selain kabin yang lapang, crossover Honda ini terkenal handal dan hemat bahan bakar.

Namun bukan tanpa cela, ternyata di banyak negara di dunia, ada beberapa komplain yang sering dilayangkan pemilik Honda HRV dan sudah berlangsung bertahun-tahun, seperti dikabarkan CarfromJapan.com.

Honda HR-V - Compact SUV Terlaris di Indonesia
Honda HR-V – Compact SUV Terlaris di Indonesia

Diresumkan oleh CarfromJapan, berikut 5 penyakit Honda HRV yang paling akut dan banyak dikeluhkan pemilik HRV. Mungkin beberapa di antaranya pernah Anda alami, jika Anda memiliki mobil ini.

1. Cat Menggelembung dan Terkelupas

Masalah cat HRV yang menggelembung lalu terkelupas bayak dikeluhkan pemiliki HRV di luar negeri setelah menggunakan mobilnya dalam beberapa tahun pertama.

Beberapa pemilik HRV mengatakan masalah tersebut mulai dialami pada usia mobil kurang dari 4 tahun. Terjadi gelembung besar di bawah cat atau cat terkelupas dengan karat di bawahnya.

Ini mungkin terjadi karena cacat produksi pada model tertentu, atau bisa juga karena faktor eksternal semisal tingkat polutan berkandungan garam di suatu wilayah atau negara tertentu.

Cat Honda HRV Dikeluhkan Mengelupas
Cat Honda HRV Dikeluhkan Mengelupas

Beberapa pemilik mengaku merasa frustasi dengan masalah tersebut, karena terjadi pada mobil mereka yang relatif baru. Sehingga mereka harus mengecat ulang mobilnya.

Masalah ini tidak terdengar secara masif di Indonesia. Honda HRV di Indonesia terkenal memiliki build-quality yang cukup baik, hingga belum terdengar masalah seperti ini menjadi berita bahkan tidak dikeluhkan oleh pembeli HRV bekas.

2. Throttle Tidak Stabil

Banyak pemilik HRV di luar negeri melaporkan masalah tenaga yang tidak stabil saat pedal gas diinjak. Kejadian HRV menabrak mobil di depan telah dilaporkan terjadi karena masalah ini. Beberapa pengemudi HRV mengalami mobilnya meluncur tidak terkendali saat throttle diinjak.

Masalah ini disebut yang sangat berbahaya terjadi pada Honda HRV, sehingga harus segera diperbaiki oleh dealer resmi Honda.

3. Kehilangan Akselerasi pada Kecepatan Tinggi

Dalam beberapa kasus, mobil kehilangan tenaga walau pedal gas tidak diangkat, sehingga mobil melambat atau menolak untuk menambah kecepatan. Ini berpotensi menjadi masalah keselamatan saat mengemudi di jalan raya.

Masalah ini dialami pengguna HRV yang memacu kecepatan mobilnya pada 80 km/jam atau lebih di jalan raya. Mobil kehilangan akselerasi secara tiba-tiba atau kecepatan tidak mau bertambah walau pedal gas diinjak penuh.

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, maka perlu diperbaiki secepatnya oleh bengkel resmi. Karena kemungkinan ada masalah dengan sistem pembakaran pada mesinnya.

4. Gasket Pintu Longgar

Pintu sisi pengemudi HRV banyak dilaporkan mengalami gasket yang longgar, atau bahkan benar-benar copot dalam beberapa bulan. Beberapa pengguna mendapatinya setelah mengetahui banyak air masuk ke kabin saat mobil dicuci.

Masalah ini bisa diselesaikan sendiri atau dengan mengganti gasket di bengkel aksesoris mobil. Namun tetap saja ini membuat tidak nyaman, karena seharusnya pemilik mobil tidak mengeluarkan biaya untuk membeli gasket baru.

5. Kursi yang Tidak Nyaman

Ergonomi kursi Honda HRV dinilai buruk di luar negeri. Banyak pengguna Compact SUV ini yang mengeluh mengalami sakit punggung dan pinggang setelah mengemudi HRV dalam beberapa jam. Beberapa pengguna HRV mengeluhkan mengalami kelelahan saat mengemudi.

Penyangga pinggang dan posisi sandaran kepala disebut cukup nanggung. Mungkin ini terkait postur tubuh orang-orang Eropa dan Amerika yang besar, sedangkan Honda HRV didesain dengan kursi untuk orang-orang Asia yang berpostur lebih kecil.

Kursi Honda HR-V
Kursi Honda HR-V

Baca juga:

Itulah 5 masalah Honda HRV yang paling sering dikeluhkan banyak pemiliknya di luar negeri. Untungnya kita tidak mendengar masalah-masalah tersebut sering terjadi dan dikeluhkan oleh para pemilik HRV di Indonesia.

Bisa jadi, masalah-masalah tersebut memang terjadi karena cacat produksi, dan beberapa lainnya mungkin terjadi karena faktor eksternal terkait lingkungan atau postur tubuh pengguna yang kurang pas dengan desain interior mobilnya.

Jika Sobat Car Users pemilik Honda HRV pernah mengalami salah satu dari 5 masalah tersebut. Jangan ragu untuk berbagai di kolom komentar artikel ini.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar