Honda CR-V 2022 Tampil Lebih Klimis, Canggih dan Ada Varian Hybrid

Honda CR-V 2022 Facelift

CaruserMagz.com – Honda belum lama meluncurkan Honda CR-V 2022. Sebagaimana dipublikasikan channel YouTube Media Otomotif Kolombia, Auto Rodando, pada 17 Agustus 2022. Namun ini adalah CR-V yang hanya dipasarkan di Amerika Latin.

Model anyar ini bukanlah CR-V Generasi baru, sebagaimana telah terdeteksi uji jalan dalam balutan kamuflase. Ini adalah model facelift dari Honda CR-V versi Amerika Latin, yang juga dikenal dengan nama Honda Breeze.

Baca: Honda CR-V Generasi Baru Dikabarkan Hadir 2023

Apa yang Baru pada Honda CR-V 2022?

Perubahan yang nampak dari gambar yang telah diumumkan adalah wajah baru dengan aksen brom besar di hidungnya, terintegrasi dengan krom yang membentang dari ujung atas kedua head lamp-nya.

Fascia Solid-Wings milik CR-V 2022 LatinoAmericano ini mirip dengan yang kita lihat pada fascia Honda Accord generasi terakhir yang ada di Indonesia saat ini. Jadi jika sebelumnya CR-V nampak seperti versi SUV dari Civic Turbo, maka model baru ini seperti versi SUV dari Accord.

Honda CR-V Facelift
Honda CR-V 2022 Facelift

Bumper depannya mirip dengan CR-V model sebelum facelift 2021, dengan lampu kabut berupa LED horizontal. Velg 18-inci dengan desain baru yang lebih ramai membuat mobil ini makin elegan.

Yang berbeda dari CR-V model sebelumnya adalah list hitam gloss pada sepanjang sisi samping, mulai dari sisi lampu kabut, berlanjut ke fender roda depan, bagian bawah pintu samping, berlanjut hingga ke sekujur bumper belakang tepat di bawah pintu bagasi.

Di belakang, terlihat lampu utama yang diberi warna dominan hitam, hingga buritannya nampak garang. Rear spoiler juga terlihat baru dengan highmount stop lamp LED yang panjang.

CRV Hybrid 2022 - Tampak Belakang
CR-V Hybrid 2022 – Tampak Belakang

Masuk ke kabin, warna interior dibuat kombinasi hitam dan merah maroon yang dominan. Namun tidak ada ubahan desain pada interiornya semisal dashboard, bentuk kursi dan dootrim. Di Amerika latin, medium SUV ini berkapasitas 5-penumpang saja.

Interior Kabin CRV Facelift
Interior Kabin CR-V 2022 Facelift

Fitur Canggih

Beberapa fitur canggih telah disematkan, yakni Honda Connect 2.0 dan Honda Sensing. Paket fitur canggih menggunakan radar antara lain ada Forward Collision Warnings dengan pendeteksi pejalan kaki, Automatic Emergency Braking, Lane Departure Warning dengan Lane Keeping System, Automatic High Beam dan Adaptive Cruise Control dengan low speed tracking.

Seperti sebelumnya, SUV Honda tersedia dalam empat trim level, yaitu LX, EX, EX-L dan Touring. Tipe LX sebagai entry-level pun telah dilengkapi Honda Sensing, layar warna 5 inci, AC digital otomatis, kursi pengemudi dengan pengaturan manual 6 arah, kamera spion, cruise control, dan sistem audio 4-speaker/160W.

Sedangkan tipe Touring sebagai yang termahal telah dilengkapi sistem audio infotainment 7-inci yang kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto, navigasi, lingkar kemudi berpemanas, wireless charger, dan sistem audio premium 9-speaker/330W.

Fitur Honda Connect 2.0 pada CR-V 2022
Fitur Honda Connect 2.0 pada CR-V 2022

Spesifikasi mesin Honda CR-V 2022

Honda CR-V 2022 hadir dengan dua pilihan mesin, salah satunya berteknologi hybrid. Model dasar menggunakan mesin 4-silinder 1,5-liter turbo yang menghasilkan 190 tenaga kuda dan torsi 179 lb-ft. Sama halnya di Indonesia, semua tipe CR-V ini juga menggunakan transmisi CVT.

Konsumsi bahan bakar diklaim sekitar 14,5 km/liter (34 mpg) pada model berpenggerak roda depan. Namun, pada model dengan sistem AWD, konsumsi bbm-nya jadi 13,6 km/liter (berkurang 2 mpg).

CR-V Hybrid 2022 versi Amerika Latin
CR-V Hybrid 2022 versi Amerika Latin

Sistem Hybrid Honda CR-V 2022

Honda CR-V Hybrid dibekali mesin 2.0-liter 4-silinder dan dua motor listrik. Dengan konfigurasi power train tersebut, total tenaga yang tersedia adalah 212 hp.

CR-V Hybrid ini menggunakan sistem penggerak all-wheel drive sebagai standar dan menggunakan transmisi eCVT (Continuously Variable Automatic Transmission).

Harga

Honda CR-V 2022 versi Amerika Latin ini dibanderol $ 26.500 (sekitar Rp 370 jutaan) untuk model LX termurah. Model EX dengan tambahan fitur berharga $ 28.000 (Rp 390 jutaan).

Tipe premium CR-V Touring dibanderol harga $ 33.000 (Rp 460 jutaan). Untuknya, tipe Hybrid dengan mesin lebih canggih dibanderol lebih murah, yaitu $ 28.000, sama dengan tipe EX.

Tulis Komentar