5 Merek Speaker Audio Mobil Terbaik di Dunia

Audio Mobil Terbaik Dunia

CaruserMagz.com – Bagi teman-teman yang sangat peduli dengan kualitas suara dari sistem audio mobilnya, mengupgrade audio mobil adalah hal penting. Jika Sobat bertanya, apakah merek speaker audio mobil terbaik di dunia, maka Sobat sudah berada di halaman yang tepat. Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahuinya.

Kebanyakan mobil untuk kalangan ekonomi menengah menyediakan audio build-in seadanya, yang penting ada speaker dan sistem audio. Hal itu tentu wajar, karena sistem audio yang berkualias tinggi akan menambah harga mobil secara signifikan. Lain halnya dengan merek mobil mewah, pada umumnya brand mobil luxury telah menggunakan salah satu dari 5 brand audio dalam daftar ini.

Ya.. ciri audio yang berkualitas terbaik dunia, adalah salah satunya sering dipasang secara build-in pada mobil-mobil mewah, supercar, atau super luxury car, semisal Mercedes-Benz, BMW, Audi, Lexus, Genesis, Volvo, Porsche, Rolls-Royce, Aston Martin, Maserati dan lainnya. Walau tidak menutup kemungkinan ada brand mobil rakyat juga menggunakannya pada varian termahal.

 

Berikut adalah daftar lima pilihan teratas untuk audio mobil terbaik dunia:

1. Harman/Kardon

Harman Kardon (resminya ditulis sebagai ‘Harman/Kardon‘) adalah sebuah divisi dari Harman International Industries, Inc. yang kini merupakan anak usaha Samsung Electronics sejak 14 November 2016. Sejatinya Perusahaan ini didirikan pada tahun 1953 oleh Sidney Harman dan Bernard Kardon di Amerika Serikat.

Harman Kardon memproduksi perangkat audio berkualitas tinggi untuk dipasang di rumah dan mobil. Pabrikan mobil mewah seperti Volvo, BMW, Mercedes-Benz, Jeep, Dodge, Mini dan Subaru, memasang audio Harman/Kardon secara build-in pada banyak mobilnya.

Harman Kardon - Audio Mobil Terbaik Dunia
Harman Kardon – Audio Mobil Terbaik Dunia

Harman Kardon adalah salah satu merek audio tertua di pasar otomotif, dapat dikatakan merek ini adalah yang terbaik di dunia dalam hal kualitas output suara, popularitas dan daya tahan produknya. Pada umumnya sistem audio ini terdiri dari sekitar 12 hingga 13 speaker dan amplifier yang sangat seimbang dalam satu kabin mobil, dengan kebutuhan daya listrik 432 hingga 792 watt.

Harman International Industries membawahi lebih dari dua puluh merek, termasuk AKG Acoustics, AMX, Crown Audio, Harman/Kardon, Infinity, JBL, JBL Professional, Lexicon, dbx, DigiTech, Mark Levinson, Martin, Revel, Soundcraft, dan Studer.

 

2. Burmester

Burmester adalah merek sistem audio asal Jerman. Sebagaiman kita ketahui pabrikan Jerman adalah pembuat barang-barang berkualitas premium. Audio ini banyak ditemukan secara build-in pada mobil mewah Jerman, khususnya Porsche dan Mercedes-Benz.

Burmester Audio System pada Mercy
Burmester Audio System pada Mobil Mercy

Perusahaan ini juga memiliki keahlian untuk membuat audio khusus untuk tiap merek mobil tertentu sesuai permintaan pabrikan mobil. Bahkan, Burmester hanya membangun output 3D dengan subwoofer 300 watt dan 12 speaker terkontrol. Dengan sistem audio dalam mobil yang luar biasa ini, kita dapat menemukan aspek baru dari musik tertentu dan detail dari instrumen.

Burmester Audiosysteme GmbH, adalah nama lengkap perusahaan Burmester. Produsen komponen audio mewah asal Jerman yang bermarkas di Berlin-Schöneberg ini didirikan pada tahun 1977 oleh seorang musisi dan insinyur kelahiran Austria, Dieter Burmester (1946–2015).

 

3. Monster

Monster adalah merek audio mobil asal Amerika Serikat yang didirikan pada 1979 sebagai perusahaan produsen kabel audio. Kemudian berkembang hingga sekarang sebagai produsen banyak barang elektronik termasuk speaker dan perangkat audio mobil.

Sebagai bukti bahwa merek ini merupakan salah satu pembuat sistem audio mobil terbaik di dunia dengan kreasi suara yang sempurna, adalah bahwa Lamborghini menggunakan audio Monster secara build-in pada mobil-mobilnya, kita tentu tak dapat meragukan pilihan pabrikan supercar paling terkenal di dunia ini.

Audio Monster di Lamborghini Veneno
Audio Monster di Lamborghini Veneno

Dengan speaker berkualitas tinggi dan amplifier yang dapat disesuaikan secara otomatis, sound system Monster dapat menghasilkan suara yang bebas distorsi. Bahkan, audio ini juga tetap jernih untuk musik yang ceria. Audio Monster menghasilkan musik seperti yang direkam di studio.

 

4. BOSE

Bose mulai terkenal tidak hanya di mobil-mobil mewah, tapi kini juga telah banyak disematkan pada mobil kalangan menengah seperti Kia dan Nissan. Namun ini tetaplah salah satu tanda kemewahan untuk audio mobil, karena pada umumnya hanya mobil varian tertinggi yang menggunakan audio sistem ini.

Merek ini menawarkan 13 hingga 15 speaker berteknologi tinggi. Selain itu, teknologi peredam kebisingan memungkinkan kita menikmati bentuk musik asli. Jadi, ini salah satu sistem audio mobil terbaik. Audio dari brand ini dipercaya oleh beberapa merek mobil mewah yaitu antara lain Cadillac dan Infiniti (merek Premium milik grup Nissan).

Bose - Audio Mobil Terbaik Dunia
Bose – Audio Mobil Terbaik Dunia

Bose Corporation adalah produsen peralatan audio asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Amar Bose pada tahun 1964. Perusahaan ini berkantor pusat di Framingham, Massachusetts, AS. Mayoritas saham Bose Corporation dimiliki oleh Massachusetts Institute of Technology, yang menerima deviden saham melalui saham tanpa hak suara yang didonasikan oleh pendiri Bose pada tahun 2011.

 

5. Bowers & Wilkins

Jika daftar sebelumnya didominasi merek asal Amerika Serikat, di daftar terakhir dari 5 merek audio mobil terbaik dunia ini berasal dari Inggris. Jika Sobat ingin mendapatkan kualitas musik yang luar biasa, sistem audio Bowers & Wilkins adalah salah satu pilihan yang tepat. Sistem audio ini digunakan di mobil dari brand premium seperti BMW, Jaguar, Volvo, dan Maserati.

Hal terbaik tentang sistem audio ini hadir dengan konfigurasi dalam kabin yang efisien dan mungkin terdapat 17 hingga 20 speaker dalam satu unit. Berkat amplifier dengan daya jangkau hingga 1.280 watt, Kita akan mendapatkan sesi musik terbaik saat berkendara.

Audio Bowers & Wilkins di Mobil Volvo
Audio Bowers & Wilkins di Mobil Volvo

Merek ini dimulai dengan toko dan bengkel elektronik sederhana yang didirikan oleh John Bowers pada tahun 1966 di Worthing, Inggris. Bowers membuat produk pertamanya pada tahun 1966 berupa loudspeaker bernama P1 yang laku keras. Berdiri sebagai perusahaan pada tahun 1970-an, Bowers & Wilkins terus berkembang hingga menjadi salah satu market leader untuk produk audio.

 

Baca juga:

Dari pembahasan tentang sistem audio mobil terbaik di dunia di atas, kini kita mengetahui pilihan yang lebih ringkas saat memilih sistem audio jika menginginkan yang terbaik. Mungkin ada banyak turunan merek dari kelima brand tersebut, setidaknya kita jadi tidak ragu jika mengetahui induk perusahaannya.

Beberapa merek dari 5 daftar merek tersebut mungkin sudah jamak kita dengar, bahkan memiliki perwakilan atau agen resmi di Indonesia. Misalnya Harman/Kardon, Bose dan Monster. Siapkan budget yang tidak kecil untuk menyematkan paket speaker dari brand mewah tersebut di mobil Anda. Namun hasil yang akan Sobat nikmati akan terasa sangat layak untuk sebuah rasa kemewahan.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar