Daihatsu Rocky Indonesia Diluncurkan, Tampang Cupu tapi Canggih pake Radar

Daihatsu Rocky Diluncurkan - Jumat 30 April 2021

CaruserMagz.com – Daihatsu Rocky Indonesia resmi diluncurkan pada Jumat, 30 April 2021 oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), begitupun PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Raize pada hari yang sama. Kedua mobil baru tersebut merupakan hasil kolaborasi ke-5 dari ADM dan TAM, dan kali ini bergenre Urban SUV.

Meskipun diluncurkan di hari yang sama, Daihatsu Rocky meluncur lebih dahulu pada jam 10:00 WIB, sedangkan Toyota Raize diluncurkan pada jam 14:00 WIB. Keduanya diluncurkan secara daring melalui akun sosial media kedua merek.

Tampilan eksterior dan interiornya bukan lagi rahasia, karena jauh sebelum resmi meluncur di Indonesia, kedua mobil kembar ini telah heboh di jagat internet, mulai dari model konsepnya hingga ke detail-detailnya di versi Jepang.

Daihatsu Rocky dengan warna Dual Tone
Daihatsu Rocky dengan warna Dual Tone

Yang dinanti-nanti konsumen Indonesia tentu adalah berapa harga Daihatsu Rocky Indonesia dan fitur-fitur apa saja yang akan dibawa masuk untuk versi Indonesia.

Dari tampilannya, Daihatsu Rocky ini seperti adik kandung bagi Daihatsu Terios generasi pertama. Ini seperi Terios masa lalu yang dikecilkan sehingga bisa disebut Baby Old-Terios, dan yang dari Toyota bisa dibilang sebagai Baby Old-Rush.

Terus terang, kami tidak tergugah dengan desain kedua mobil kembar ini, karena masih sangat kental dengan aura gaya Toyota dan Daihatsu tahun 2000an. Sehingga terkesan jadul dan mengotak, sebagaimana selera orang Jepang.

Daihatsu Rocky Tampak Belakang
Daihatsu Rocky Tampak Belakang

Baca: Alasan Mengapa Orang Jepang suka Mobil Berbentuk Kotak

Meskipun bertampang cupu dan seolah akan menjadi LCGC, nyatanya Daihatsu Rocky dan Toyota Raize ini tidak akan bergelar LCGC, namun disebut-sebut akan bersaing dengan mobil yang lumayan mewah semisal Nissan Magnite dan Kia Sonet.

Hal itu dibuktikan dengan kehadiran paket fitur canggih bernama Advanced Safety Assist (ASA) pada Daihatsu Rocky, ini adalah kumpulan beberapa fitur yang melibatkan radar antara lain ada Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Autonomous Emergency Braking, Pedal Mis-operation Control, dan Front Departure Alert.

Sehingga Rocky akan menjadi mobil Daihatsu tercanggih di lineup-nya. Wajar jika Daihatsu Rocky dan Toyota Raize disebut akan bersaing dengan Nissan Magnite dan Kia Sonet.

Tentu tidak sulit bagi ADM dan TAM untuk memasarkan kedua mobil ini, mengingat brand image dan jaringan yang luas akan lebih cepat mencapai konsumen yang benar-benar akan membeli mobil.

Kecanggihan mobil ini juga terasa di dalam kabin, misalnya dari instrument cluster digital, headunit touchscreen 9-inci dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, desain interior yang terlihat modern dengan bentuk-bentuk hexagonal beraksen silver, dan sebagainya.

Interior Dashboard Daihatsu Rocky
Interior Dashboard Daihatsu Rocky

Dalam hal dapurpacu, Daihatsu Rocky dibekali mesin 1.000 cc 3-silinder Turbo berkode 1KR-VET yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 97 hp dan torsi 140 Nm, yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT. Mesin ini menjadi head-to-head dengan mesin milik Nissan Magnite.

Daihatsu Rocky yang meluncur lebih dulu dari Toyota Raize dibanderol mulai Rp 214,2 juta untuk tipe termurah, sedangkan tipe termewah yang telah memiliki paket fitur canggih dibanderol Rp 236,1 juta dan diberi nama sesuai fitur tersebut, yaitu Rocky R TC ASA.

Interior Kabin urban SUV anyar
Interior Kabin Daihatsu Rocky

Berikut daftar harga Daihatsu Rocky untuk OTR Jabodetabek:

  • Rocky 1.0 R TC MT: Rp 214,2 juta
  • Rocky 1.0 R TC MT: Rp 222,2 juta
  • Rocky 1.0 R TC CVT: Rp 227,4 juta
  • Rocky 1.0 R TC CVT ADS: Rp 235,4 juta
  • Rocky 1.0 R TC CVT ASA: Rp 236,1 juta

Harga tersebut menunjukkan bahwa Rocky berada pada level harga yang lebih murah dari Kia Sonet. Ini akan lebih bersaing dengan Suzuki Baleno Hatchback, Kia Picanto, dan Honda Brio RS. Melihat fitur-fiturnya, tentu value for money Daihatsu Rocky tergolong tinggi.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar