Kelebihan dan Kekurangan Honda City Hatchback, Apakah Lebih Baik dari Jazz?

Perkiraan Harga Honda City Hatchback - Top Look

CaruserMagz.com – Posisi Honda Jazz di Indonesia digantikan oleh Honda City Hatchback sejak Maret 2021. Lalu apakah City hatchback ini lebih baik Honda Jazz? Apa saja kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback? Baca artikel ini hingga selesai untuk mengetahui detailnya.

Honda City Hatcback tentunya akan menggantikan posisi Jazz sebagai kompetitor kuat bagi Toyota Yaris, Kia All New Rio, Hyundai i20, dan Mazda 2.

Namun City Hatchback memiliki konsep desain yang sangat berbeda dari Honda Jazz yang cenderung membulat dan kompak, melainkan lebih sealiran dengan hatchback kompetitor pada list di atas, yang berbody panjang dan berbahasa desain lebih tradisional.

Honda City Hatchback RS Indonesia
Honda City Hatchback RS Indonesia

Kelebihan City Hatchback 2021 Indonesia

Dimensi lebih Panjang – Dengan dimensi lebih panjang dari Honda Jazz, maka kabin belakang akan lebih lega. Ini juga berpengaruh pada kestabilan mobil yang lebih baik di kecepatan tinggi.

Ruang Kaki Sangat Lega – Ruang kaki City Hatchback bahkan lebih lega dari mobil yang berada jauh di atas kelasnya semisal Toyota Camry. Ruang kaki City ini lebih lega sekitar 30% dibanding Camry.

Kekedapan Kabin Bagus – Kekedapan kabin jauh meningkat dibanding Jazz bahkan lebih baik dari CR-V. Suara-suara dari kendaraan lain di luar bisa diredam dengan baik, hingga City terasa berada pada segmen yang lebih tinggi dalam hal kekedapan kabin.

Mesin Paling Bertenaga – City Hatchback diberi mesin baru, yaitu mesin DOHC i-VTEC 1500cc 4-silinder yang bertenaga 121 PS dan torsi 145 Nm, itu lebih besar 1 PS dibanding Jazz. Sehingga mobil ini paling besar tenaganya di kelas kompak hatchback segmen-B.

Rasa Berkendara Lebih Baik – Rasa berkendara adalah nilai jual andalan bagi City Hatchback, karena terasa sangat naik kelas dibanding Jazz. Lebih stabil, lebih senyap, transmisi responsif, suspensi lebih empuk dan rem juga empuk. Sehingga ada nuansa mengendarai mobil Eropa di City Hatchback.

Visibilitas Bagus – Pengemudi dan semua penumpang diberi visibilitas ke luar sangat baik dan luas, berkat kaca-kaca yang lebar dan desain mobil yang lebih tradisional dibanding Jazz.

Ultra Seat – Kursi belakang memiliki pola pelipatan bermacam-macam untuk tujuan penyimpanan barang baik yang berdimensi panjang atau tinggi,dan bisa juga dibuat untuk bersantai dengan merebahkan kursi depan secara penuh.

Pola Pelipatan kursi yang fleksibel
Pola Pelipatan kursi Honda City Hatchback yang fleksibel

Sistem Infotainment Meningkat – Head unit layar sentuh 8-inci yang lebih canggih dari milik Jazz, mendukung Apple CarPlay & Android Auto serta rear view cammera, disediakan total 8-speaker, yaitu 4-sepaker standar dan 4-tweeter.

Irit BBM – City Hatchback diklaim lebih hemat bbm sebesar 3% dibanding mesin 1500 milik jazz. Kita ketahui Honda memang selalu lebih irit bbm dibanding kompetitor, walau bertenaga lebih besar. Sehingga City Hatchback sangat cocok untuk mobil harian.

Fitur Safety Bagus – Fitur keselamatan lumayan lengkap, sudah menggunakan 6-airbag, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, rem ABS+EBD+BA dan immobilizer.

Kekurangan Honda City Hatchback

Ruang Kepala Kabin Belakang Terbatas – Untuk orang berpostur tubuh 170 cm ke atas, kabin belakang City Hatchback ini tidak nyaman karena kepala akan mentok ke atap. Mestinya kursi diberi fitur maju mundur karena dengan ruang kaki yang sangat lega, jika kursi bisa dimajukan maka akan memberi ruang kepala lebih lega.

Desain Interior Kurang Menggugah – Senada dengan bahasa desain eksterior yang lebih dewasa, desain interior City Hatchback juga mengambil nuansa selera orang yang lebih berumur. Bentuk interiornya lebih berkesan retro seperti Dashboardnya terlihat flat, ruang penyimpanan terbuka di konsol tengah terkesan kurang rapi, slot USB tidak berpenutup, arm-rest di konsol tengah tidak bisa digeser, Clustermeter berkesan jadul dengan jarum dan MID berukuran kecil.

Dashboard Honda City Hatchback RS
Dashboard Honda City Hatchback RS

Build quality Interior – bahan interior masih terasa belum solid, masih banyak plastik lembut, dashboar dan door-trim dipenuh hard-plastic yang berkesan murah.

Tidak ada penutup tray bagasi – Mobil LCGC atau small hatchback saja disediakan penutup bagian atas bagasi untuk tujuan keamanan dari mata jahil, sedangkan pada Honda City Hatchback tidak, sehingga barang di bagasi bisa dilihat dengan mengintip dari kaca belakang mobil.

Road Noise – Meskipun kekedapan kabin sudah sangat baik, namun dikecepatan tinggi suara ban masih sangat berisik menimbulkan rasa kurang nyaman di telinga penumpang. Mungkin sebaiknya pemilik City Hatchback memasang peredam suara di spatbor mobil ini.

Baca: Honda City Hatchback Diluncurkan, Ini Penampakan Eksterior dan Interiornya

Demikianlah review singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 2021 di Indonesia. Bagi Sobat yang mengetahui keunggulan atau kelemahan City Hatchback yang belum kami tuliskan dalam artikel ini, silahkan berbagi informasi di kolom komentar.

Menurut kami, desain mobil ini cukup bagus dan aerodinamis. Cocok untuk orang dewasa yang ingin tampil elegan. Ia seperti Honda Brio yang diperbesar, jadi bagi Sobat yang ingin memiliki Brio yang lebih mewah, City Hatcback adalah perwujudannya.

Tulis Komentar