Cara Mengetahui Posisi Lubang Tanki BBM Tanpa harus Keluar dari Mobil

Mengetahui posisi lubang tanki bbm dari dalam mobil

Lupa posisi lubang pengisian BBM mobil saat akan memasuki antrean di SPBU? Jangan Panik! Ini cara mengetahui posisi lubang tanki bbm dari instrument cluster mobil.

CaruserMagz.com – Adakalanya kita lupa atau tidak tahu di sisi mana lubang tanki bbm mobil yang kita kendarai. Ini biasanya terjadi jika mobil yang kita kendarai bukanlah mobil pribadi, misalnya meminjam mobil orang lain, mobil dinas kantor, atau bisa juga terjadi pada pemilik mobil baru.

Kondisi tersebut bisa membuat masalah saat antre di SPBU untuk mengisi bbm. Misalnya jika kita sudah lama mengikuti antrean panjang, kemudian ternyata kita salah sisi, sedangkankan selang dispenser tidak cukup panjang untuk mencapai lubang tanki bbm di mobil kita. Alhasil, kita harus mengulang antrean di sisi berbeda. Itu membuang-buang waktu.

Lupa posisi lubang tanki bbm saat akan isi bensin di SPBU
Lupa posisi lubang tanki bbm saat akan isi bensin di SPBU

Sedangkan untuk berhenti saat baru akan memasuki pom bensin yang sudah ada antrean panjang, sekedar untuk keluar melihat ada di sisi kiri atau kanan lubang tanki, itu rasanya tidak mungkin karena mobil kita akan menghalangi mobil lain yang akan masuk SPBU.

Namun kita tidak perlu khawatir akan lupa atau tidak tahu di sisi mana posisi lubang tanki bbm mobil yang sedang kita kendarai. Karena ternyata semua mobil sudah dilengkapi tanda petunjuk posisi lubang tersebut pada instrumen cluster yang berada di balik lingkar kemudi.

Petunjuk posisi lubang tanki bbm tersebut ada pada logo dispenser, yang biasanya berada di dekat jarum atau batang strip digital petunjuk level bbm di tanki. Posisi lubang ditunjukkan dengan panah kecil di sebelah kanan atau kiri logo dispenser.

Jika tanda panah kecil tersebut ada di sebelah kiri, itu artinya lubang tanki bbm ada di sebelah kiri mobil. Begitu pula jika panah kecil tersebut ada di sisi kanan logo.

Baca: Tips Berkendara Hemat BBM dengan Cara ECO Driving

Instrument Cluster Toyota Raize
Petunjuk posisi lubang bensin pada Toyota Raize

Sejarah Awal Tanda Panah Kecil yang Sangat Berguna

Awal mula munculnya ide untuk memberi tanda tersebut adalah dari pengalaman salah satu karyawan Ford saat mengisi bbm di SPBU, yang bernama Jim Moylan.

Di tahun 1986, Jim Moylan yang bertugas mengetes mobil baru akan mengisi bbm. Moylan tidak mengetahui di sisi mana lubang tanki bbm mobil tersebut, sementara saat itu hujan deras hingga dia tidak bersedia keluar mobil hanya untuk melihat dimana posisi lubang tanki bbm.

Karena kondisi tersebut, Moylan salah menempatkan mobilnya hingga posisi lubang tanki bbm mobilnya jauh dari dispenser.

Pengalaman kurang mengenakkan tersebut memberi Jim Moylan ide untuk menambahkan tanda kecil sebagai petunjuk posisi lubang pengisian bbm pada mobil, apakah di sisi kiri atau kanan.

Moylan kemudian mengirim surat untuk menyampaikan idenya tersebut pada petinggi Ford. Ternyata ide tersebut disetujui, yang kemudian mulai diaplikasikan pertama kali di mobil pada tahun 1986, yaitu pada mobil Ford Escort dan Mercury Tracer.

Hingga kini, ide Jim Moylan tersebut menjadi standar bagi semua pabrikan mobil di seluruh dunia.

Jadi dengan pengetahuan ini, Sobat Car Users tidak perlu lagi khawatir akan lupa atau tidak tahu dimana posisi lubang tank bbm. Cukup lihat logo dispenser di meter cluster dengan tanda panah kecil-nya.

Tulis Komentar