Begini Jika Sedan Pakai Kaki Crossover, Garang Mengintimidasi!

Modifikasi Sedan jadi Mobil Tinggi - Chevrolet Malibu

CaruserMagz.comSedan Pakai Kaki Crossover, Ganti Ban ala SUV – Modifikasi mobil kadang sampai pada tingkat ekstrim hingga mencampur adukkan berbagai segmen mobil yang berbeda, demi memenuhi ekspektasi sang modifikator.

Salah satunya adalah hasil karya modifikator di Texas, Amerika Serikat yang memasang kaki-kaki ala mobil off-road di mobil sedan. Mobil yang jadi sasaran adalah Chevrolet Malibu, sedan yang sangat disukai konsumen negeri Paman Sam.

Sedan selalu identik dengan body elegan dan ground clearance yang rendah, namun Chevrolet Malibu tersebut dipasangi roda yang besar, velg besar dengan profile ban tipis hingga mobil itu stand-out di jalan, meskipun jadi terkesan kurang proporsional.

Sedan Malibu tersebut jadi terlihat angkuh bak mobil Hot Wheels yang biasanya dipakai beraktraksi di sirkus mobil. Berkat desain Malibu yang juga ada bagian-bagian yang mengotak, menjadikannya terasa cocok untuk memberikan kesan garang.

Sedan Pakai Kaki Crossover
Sedan Ganti Ban Besar jadi Garang

Baca juga: Dampak Buruk dan Baik Memperbesar Ukuran Roda Mobil

Tidak diketahui ukuran pasti dari velg-nya, namun diperkirakan itu sekitar 24 atau 26 inci yang dibungkus dengan ban profil tipis.

Modifikasi ini membuat Chevy Malibu tersebut ber-ground clearance tinggi dengan ban yang keluar cukup banyak dari over-fender. Terbayang akan seperti apa percikan air dari roda tersebut jika dibawa di suasana jalan basah atau hujan.

Dampak Buruk Sedan Pakai Kaki Crossover

Posisi ban yang mepet ke fender juga sepertinya akan menyulitkan saat mobil ini harus berbelok, karena sisi dalamnya akan terkena bodi mobil bagian dalam.

Ban yang terlalu besar ini jelas ditujukan untuk kesenangan mata belaka, guna menarik perhatian alias gagah-gagahan saja. Karena tentu akan berpengaruh signifikan pada kualitas berkendara.

Setir tentu akan jadi lebih berat, mesin harus bekerja lebih berat yang artinya konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Selain itu, untuk aerodinamika juga akan buruk, hingga membahayakan jika harus bermanufer di kecepatan sedang hingga tinggi.

Lain halnya jika mesinnya dimodifikasi juga untuk cocok dengan bobot roda dan komponennya yang lebih besar, mungkin bisa dijadikan mobil off-road, tapi tetap tidak akan cocok untuk kecepatan tinggi.

Mungkin ini bisa jadi ide menarik bagi pabrikan, untuk membuat mobil ringan berkemampuan off-road, namun senyaman dan semewah sedan.

Tulis Komentar