Beli Mobil di Awal Tahun, Apa Untung-Ruginya?

Beli Mobil di Awal Tahun, Untung-Rugi

CaruserMagz.comTips Beli Mobil di Awal Tahun – Membeli mobil adalah hal menyenangkan, namun prosesnya cukup melelahkan. Ini adalah transaksi pembelian melibatkan uang besar yang mungkin untuk mengumpulkannya, kebanyakan orang melalui perjuangan berat. Sehingga semua orang tidak ingin gagal dan menyesal dalam memilih mobil terbaik dengan harga terbaik.

Proses membeli mobil cukup panjang, dari memilih mobilnya, menentukan dealer, sales, administrasi pemesanan, menunggu pengiriman dan pertimbangan semua hal lainnya hingga mobil sampai di rumah. Proses tersebut bisa memakan waktu 1 hingga 2 bulan.

Waktu pembelian menjadi salah satu faktor penting untuk dipertimbangkan. Karena ada peluang menghemat anggaran yang besar, terkait harga dan diskon yang disediakan dealer mobil, terkait waktu pembelian. Lalu apakah awal tahun atau sekitar bulan Januari, Februari dan Maret adalah waktu yang tepat untuk membeli mobil? Mari kita bahas lebih lanjut.

Keuntungan Beli Mobil di Awal Tahun

Berikut ini kami coba list apa saja kelebihan atau keuntungan yang akan didapatkan konsumen jika membeli mobil di awal tahun:

Banyak Mobil Model Baru

Pada awal tahun biasanya banyak brand yang meluncurkan model baru, baik mobil yang benar-benar baru, generasi baru atau pun sekedar facelift. Model baru tentunya punya berbagai kelebihan dalam hal fitur, tampilan, kualitas dan kelengkapan dibanding model sebelumnya. Namun dalam hal harga tentu lebih mahal.

Diskon Akhir Tahun yang Diperpanjang

Mobil-mobil keluaran tahun sebelumnya yang belum terjual, biasanya ditawarkan dengan diskon yang sama dengan diskon akhir tahun, atau bahkan diperbesar untuk mempercepat penjualan. Ini adalah kesempatan untuk menghemat uang bagi konsumen.

Waktu yang Tepat Membeli Mobil Bekas

Banyak orang membeli mobil di akhir tahun, yaitu sekitar bulan November dan Desember. Sehingga otomatis waktu jatuh tempo pajaknya juga pada bulan tersebut. Sehingga jika dijual sebagai mobil bekas, mobil-mobil tersebut belum lama dibayar pajaknya oleh pemilik sebelumnya, sehingga kita yang membelinya akan punya waktu pembayaran pajak yang masih lama.

Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas - CaruserMagz
Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas – CaruserMagz

Kekurangan Beli Mobil Awal Tahun

Diskon Lebih Kecil

Setelah musim liburan dan diskon akhir tahun yang besar-besaran, penjualan mobil melambat. Hal itu membuat produsen menawarkan diskon terkecil pada Januari hingga April. Pada umumnya produsen menawarkan diskon tertinggi di bulan November dan Desember dan paling sedikit di bulan Februari.

Tidak ada diskon untuk model keluaran baru

Mobil keluaran terbaru yang baru saja diluncurkan pada Januari hingga April, biasanya tidak ditawarkan dengan diskon sama sekali. Yang bisa diharapkan adalah bonus aksesoris dan kemudahan pembelian, tapi tidak dengan potongan harga.

Mobil model lama Lebih murah, tapi resale value turun

Jika Anda membeli mobil tahun keluaran sebelumnya, memang akan ditawarkan dengan diskon besar untuk cepat menghabiskan stok barang lama.

Hal itu berarti secara resale-value, mobil Anda dianggap sudah terdepresiasi satu tahun. Sehingga jika Anda membeli mobil tersebut untuk dijual kembali dalam waktu tidak lama, maka resale-value-nya telah berkurang setahun lebih cepat dari waktu Anda membelinya.

Baca juga:

Keuntungan Kredit Mobil Bekas di Garasi id - Beli mobil online
Tips Beli Mobil Bekas secara Online

Go or No Go Beli Mobil di Awal Tahun?

Jadi, dalam hal diskon dan penghematan anggaran, Awal tahun khususnya Januari hingga April tampaknya bukan waktu yang ideal untuk membeli mobil baru. Namun, bagi Anda yang menginginkan model terbaru yang lebih canggih, lebih gagah atau lebih cantik, maka awal tahun biasanya adalah saat banyak model terbaru diluncurkan.

jika Anda membutuhkan mobil baru pada awal tahun, sebenarnya tidak relevan menunggu hingga Desember untuk mendapatkan diskon besar-besaran. Hanya saja, bagi Anda yang bisa bersabar, akhir tahun lebih tepat untuk berhemat anggaran hingga puluhan juta.

Peluang yang bisa dimanfaatkan adalah penjualan yang lambat dan persediaan yang tidak terjual di bulan Januari, sedangkan semua dealer mobil beroperasi dalam penjualan berbasis siklus bulanan. Jadi ada kemungkinan tawaran diskon dari dealer, walau tidak sebesar di akhir tahun.

Dealer mobil atau motor mendapatkan komisi dan bonus dari produsen saat mereka dapat memenuhi target penjualan untuk bulan tersebut. Sebagian besar keuntungan mereka diperoleh melalui bonus bulanan ini. Jadi, Anda dapat menargetkan 4 atau 5 hari kerja terakhir di bulan Januari dan Februari untuk negosiasi lebih lanjut dan mencapai kesepakatan.

Jika dealer belum mencapai target penjualan hingga hari-hari terakhir bulan berjalan, yang kemungkinan besar tidak tercapai karena lambatnya penjualan di bulan-bulan awal tahun, mereka akan berada dalam tekanan untuk membuat penjualan memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus.

Saran Akhir

Jika Anda butuh membeli mobil baru di bulan Januari atau bulan-bulan awal tahun, maka beli saja! Di masa persaingan brand otomotif yang sangat sengit saat ini, tawaran diskon dan bonus akan tetap ada sepanjang tahun.

Anda hanya perlu menemukan dealer dan sales yang tepat, yang dapat membantu Anda mendapatkan yang terbaik. Itu terlalu lama menunggu hingga akhir tahun, apalagi jika uang Anda sudah cukup untuk membeli mobil baru.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar