Hyundai DAL-e, Robot Customer Service Gantikan Fungsi Manusia

Hyundai DAL-e - Robot AI Customer Service

CaruserMagz.com – Hyundai Motor Group meluncurkan robot humanoid bernama “DAL-e” yang melakukan fungsi Customer Service di showroom mobil. Robot ini telah menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang sangat canggih, hingga mampu berkomunikasi dengan manusia dengan fungsi pengenalan dan mobilitas yang presisi.

DAL-e dipamerkan di showroom Hyundai di Seoul, Korea Selatan, di mana robot tersebut melakukan operasi perdananya. Robot dengan kecerdasan buatan ini diharapkan dapat digunakan untuk berbagai fungsi yang membutuhkan interaksi sehari-hari dengan pelanggan, seperti di showroom mobil atau ruang pameran otomotif.

Robot Hyundai pengganti Customer Service di pameran mobil
Robot Hyundai pengganti Customer Service di pameran mobil

Nama DAL-e adalah akronim untuk “Drive you, Assist you, Link with you-experience” yang artinya kurang lebih “Mendorong Anda, Membantu Anda, Terhubung dengan pengalaman Anda“.

Teknologi kecerdasan buatan yang disematkan membuat DAL-e mampu mengenali wajah, dan mampu berkomunikasi dengan manusia berdasarkan platform pemahaman bahasa.

Robot ini dapat menggantikan fungsi manusia sebagai customer service di showroom mobil, sehingga bisa menjadi solusi saat ada karyawan Hyundai yang cuti atau berlibur panjang. Selain itu, ini bisa juga menjadi solusi jika kontak fisik antar manusia harus dikurangi semisal karena pandemi Covid-19.

Hyundai DAL-e dilengkapi sejumlah fitur ramah dan emosional untuk interaksi dekat yang lebih alami dengan pelanggan. DAL-e mampu melakukan percakapan dengan pelanggan untuk memberikan informasi tentang produk dan layanan Hyundai. Ia bisa menanggapi perintah lisan dan sentuhan pada layar monitor.

Robot Hyundai dengan Ekspresi Ramah
Robot Hyundai dengan Ekspresi Ramah

Baca juga:

Dengan tubuh humanoid kecil, robot DAL-e ini dapat bergerak dengan roda omni-directional untuk mengantar pelanggan ke tempat yang ditentukan. Lengan kecilnya juga bisa bergerak untuk memberikan umpan balik isyarat pada pelanggan.

Robot Hyundai DAL-e dengan Kaki Omni-Directional dan Layar Monitor
Robot Hyundai DAL-e dengan Kaki Omni-Directional dan Layar Monitor

Robot AI ini juga dapat menghibur pelanggan dengan berbagai cara, seperti menghubungkan secara nirkabel ke layar tampilan besar, dan meminta pengunjung untuk mengambil swafoto dengannya.

Hyundai Motor Group berencana untuk terus mengembangkan DAL-e berdasarkan data dari pengoperasian robot ini, guna mengasah kemampuannya seiring berjalannya waktu. Ini seperti droid di film fiksi ilmiah tahun 90-an, jadi sangat mungkin dimasa depan kita mendapati robot humanoid yang benar-benar terlihat seperti manusia, yang bisa tersenyum ramah.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar