Tips Parkir Mobil agar Aman, Mengapa Harus Parkir Mundur?

CaruserMagz.com – Sobat pengguna mobil, keselamatan berkendara tidak hanya penting saat kita sedang melaju di jalan raya. Lebih dari itu, saat berhenti dan memarkir mobil, kita juga harus memperhatikan keselamatan. Tahukah sobat, bahwa di seluruh dunia ada ribuan insiden kecelakaan karena kesalahan memarkir mobil, bahkan beberapa mengakibatkan kematian.

 
Kesalahan paling banyak dilakukan pengemudi adalah parkir dengan posisi mobil membelakangi arah keluar, atau sering disebut parkir maju. Memang parkir maju lebih mudah dan cepat, apalagi jika sudah terburu-buru.

 
Sedangkan parkir mundur, yaitu mengarahkan moncong mobil ke jalan atau arah keluar terkesan lebih rumit dan butuh waktu. Belum lagi ada kekhawatiran bagian bokong mobil menabrak dinding atau benda apapun di parkiran tersebut.

 

Mengapa Parkir Maju Berbahaya?

 
Dengan posisi mobil membelakangi arah keluar, pengemudi harus mundur saat keluar dari parkiran. Padahal saat mundur, pengemudi tidak punya visibilitas yang cukup untuk mengetahui apakah ada kendaraan lain yang akan melintas pada jalur di belakangnya.

 
Kondisi tersebut sering menyebabkan terjadi tabrakan, karena pengemudi kendaraan lain yang melintas di belakang mobil yang akan keluar dari parkiran tidak mendapat warning. Bukan hanya kendaraan yang melintas, orang yang berjalan kaki pun bisa tertabrak bahkan terlindas oleh pengemudi ceroboh yang keluar dari parkiran dengan mundur.

 

Mengapa Parkir Mundur Lebih Baik?

 
Di negara kita belum mengatur hingga ke posisi mobil di tempat parkir, sehingga kita harus mulai dari diri sendiri untuk menyadari pentingnya keselamatan bagi pengguna jalan atau pejalan kaki di area parkir.

 
Pikirkan juga berapa biaya yang dibutuhkan jika bagian belakang mobil kita rusak karena bertabrakan dengan kendaraan lain di tempat parkir. Belum lagi keributan yang mungkin terjadi karena kecerobohan kita. Mungkin risiko-risiko itu akan membuat kita mau memperhatikan pentingnya parkir mundur.

 
Baca juga:
Kebiasaan Mengemudi Orang Jepang yang Baik Ditiru
Tips Posisi Kaca Spion untuk Visibilitas Maksimal

 

Alasan mengapa sebaiknya parkir mundur:

 

1. Parkir Mundur Itu Lebih Mudah

Memang tak semudah parkir maju saat masuk ke tempat parkir, tapi mobil modern sekarang telah dilengkapi berbagai fitur parking assist seperti sensor dan kamera parkir. Jadi parkir mundur sekarang tidak sesulit dulu saat fitur-fitur itu belum ada.

Namun saat keluar dari parkir, posisi mobil yang dihasilkan dari parkir mundur membuat keluar parkiran jadi jauh lebih mudah dan tentunya lebih aman karena kita bisa melihat dengan jelas jika ada kendaraan lain yang akan melintas.

 

2. Lebih Aman untuk Orang Lain dan Kita Sendiri

Jika kita mundur saat parkir, maka saat keluar dari parkiran kita bisa langsung maju. Itu artinya kita punya visibilitas yang baik ke area yang mungkin sibuk oleh kendaraan lain dan pejalan kaki. Dengan demikian kita lebih bisa mengendalikan mobil dengan tepat dan terhindar dari tabrakan atau menabrak pejalan kaki.

 

3. Akses Lebih Mudah Ke Ruang Mesin

Jika terjadi sesuatu dengan mobil terkait dengan ruang mesin, kita punya akses yang mudah karena posisi depan mobil berada di depan yang tidak terhalang dinding atau beknda-benda lain di ruang parkir.

 

4. Lebih Mudah jika Terjadi Keadaan Darurat

Jika terjadi keadaan darurat, misalnya kita parkir di mall kemudian terjadi kebakaran atau huru-hara, dengan posisi mobil yang lebih mudah keluar dari tempat parkir kita lebih mudah keluar dari lokasi tersebut.

Sebaliknya jika harus mundur saat keluar dari parkiran, kita membutuhkan waktu lebih lama, belum lagi kekacauan yang terjadi membuat lokasi parkir akan lebih sibuk oleh mobil yang berebut keluar. Bisa jadi kita malah terjebak di mobil karena tidak dapat mengeluarkan mobil dari parkiran.

 

Tips Parkir Mundur Agar Aman

 
Saat akan parkir mundur, biasanya kita butuh mengambil posisi ancang-ancang memajukan mobil sedikit melebihi lokasi yang akan kita ambil untuk parkir. Namun terkadang setelah baru akan mundur, tiba-tiba lokasi tersebut telah diserobot oleh kendaraan lain dengan parkir maju, karena pengendara mobil yang menyerobot tersebut tidak mengetahui kita bermaksud parkir mundur.

 
Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya sobat menghidupkan lampu hazard saat akan parkir mundur, agar pengemudi lain mengetahui niat sobat untuk mengklaim tempat parkir.

 
Jika mobil sobat tidak ada sensor parkir, cara mendapatkan posisi yang tepat adalah dengan mensejajarkan posisi mobil sobat dengan mobil lain dengan pedoman posisi spion. Namun apabila mobil sobat lebih panjang dari mobil disebelah kiri-kanan, maka posisikan mobil sobat lebih ke depan.

 
Demikian, semoga artikel ini bermamfaat. Usahakanlah untuk selalu parkir mundur, demi keselamatan sobat, pengendara lain dan pejalan kaki. Sedikit usaha parkir mundur akan lebih ringan dibandingkan risiko dan sulitnya keluar jika kita parkir maju.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar