CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Biaya Beli Mobil KreditJanuary 5, 2021

Jangan Beli Mobil secara Kredit, Sebelum Hitung Biaya-biaya Ini!

CaruserMagz.comBeli Mobil secara Kredit Harus Hitung Biaya-biaya Ini secara Rinci! – Membeli mobil memang merupakan hal yang menyenangkan dan semua prosesnya mendebarkan, apalagi jika mobil tersebut adalah mobil pertama. Hingga banyak membuat orang menjadi kurang cermat dalam mengukur kemampuan finansialnya.

Euforia membeli mobil baru jangan sampai membuat kita terburu nafsu hingga kurang cermat dalam menghitung pengeluaran. Karena jika salah hitung, bukan rasa senang yang kita dapatkan, melainkan krisis keuangan yang disebabkan angsuran kredit dan biaya operasional mobil.

Membeli mobil secara kredit merupakan salah satu pilihan paling logis bagi kita yang belum punya uang untuk membeli mobil secara cash. Khususnya bagi sobat yang berpenghasilan tetap sehingga punya keyakinan bahwa bisa membayar angsuran hingga lunas.

Saat sejumlah uang untuk Down Payment (DP) sudah terkumpul, terkadang itu membuat kita tidak sabar untuk segera memboyong mobil impian ke rumah. Namun harga mobil yang dibeli perlu dipertimbangkan dalam kaitannya dengan jumlah angsuran per bulan yang harus kita tanggung. Jangan memaksakan diri, lalu hanya menghitung besaran angsuran dengan mengabaikan biaya-biaya rutin lainnya dari operasional mobil itu sendiri.

Biaya yang harus Dihitung sebelum Beli Mobil secara Kredit
Biaya yang harus Dihitung sebelum Beli Mobil secara Kredit

“Akibat buruk dari salah hitung kemampuan finansial saat membeli mobil secara kredit adalah tidak terpenuhinya kebutuhan pokok, hanya untuk menutupi biaya operasional mobil. Itu adalah penderitaan hidup yang bisa sangat lama menyiksa kehidupan!”

Berikut biaya-biaya lain yang harus dihitung sebelum memutuskan membeli mobil secara kredit, dalam kaitannya dengan jumlah angsuran per bulan dibandingkan dengan jumlah penghasilan.

Down Payment dan Biaya Awal Lainnya – Jika membeli mobil baru, maka yang menjadi beban hanya uang muka (DP) saja, Uang DP sebaiknya sebesar mungkin, agar cicilan per bulan sekecil mungkin. Namun saat membeli mobil bekas, perlu disiapkan dana untuk service lanjutan jika diperlukan. Detilnya bisa dibaca disini: Hal Penting Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas.

Angsuran (Cicilan Kredit) – Angsuran adalah biaya bulanan terbesar sebagai konsekuensi membeli mobil secara kredit. Ini adalah siksaan yang lama untuk tabungan atau biaya bulanan jika Sobat salah mengukur kemampuan finansial. Sebaiknya total angsuran tidak melebihi 30% dari total penghasilan minimum bulanan Anda, agar kebutuhan pokok tidak terganggu oleh angsuran mobil. Lebih kecil persentasenya, akan lebih baik.

Biaya Bahan Bakar – biaya rutin selanjutnya adalah bahan bakar. Masukkan perhitungan biaya bbm ini sebagai bagian dari biaya wajib bulanan layaknya cicilan kredit, bukan biaya operasional yang opsional.

Biaya Servis Rutin dan Penggantian Suku Cadang – Ketahui secara detail biaya perawatan rutin dalam waktu 5 tahun atau 100.000 km pertama. Sisihkan uang tiap bulan untuk biaya pasti tersebut, agar Anda tidak kaget saat waktu servis tiba.

Pajak Tahunan – Pajak tahunan adalah kewajiban yang tidak bisa ditunda, Anda sebaiknya menyisihkan uang tiap bulan agar saat waktu bayar pajak, uangnya telah ada dan Anda tidak perlu menggunakan uang yang seharusnya untuk kebutuhan pokok atau terpaksa pinjam sana-sini untuk pajak mobil yang biasanya tidak kecil untuk mobil baru.

Pajak 5-Tahunan – Jika Anda mengambil tenor kredit 5-tahun atau lebih, maka pajak 5-tahunan akan lebih besar dari pajak tahunan biasa. ini juga perlu disisihkan uang perbulan lebih banyak mulai awal tahun ke-5.

Biaya-biaya lain – Perawatan Rutin seperti cuci mobil, salon, dan aksesoris juga perlu diperhitungkan dengan cermat, jangan terbawa emosi menghiasai mobil hanya untuk kepuasan mata, tapi membuat dompet Anda jebol hingga tak mampu bayar cicilan bulanan.

Itulah beberapa unsur biaya kepemilikan mobil yang harus diperhitungkan sebagai biaya bulanan selain angsuran, jika Sobat membeli mobil secara kredit. Jangan mengukur kemampuan finansial hanya dari angsuran, karena ada banyak komponen biaya lain yang berpotensi membuat keuangan Anda ambrol.

Baca juga: Daftar Lengkap Biaya Kepemilikan Mobil

Ingin punya mobil - Komponen Biaya Operasional, Perawatan, dan Kepemilikan Mobil
Komponen Biaya Operasional, Perawatan, dan Kepemilikan Mobil

Wrap-up

Unsur biaya yang harus diperhitungkan sebagai pengeluaran bulanan untuk mobil antara lain: Angsuran kredit, bahan bakar, service rutin, Pajak. Hitung total biaya-biaya tersebut untuk per tahun kemudian dibagi 12-bulan, itulah biaya wajib bulanan yang akan Sobat keluarkan jika membeli mobil secara kredit.

Jangan sampai jumlah pengeluaran untuk biaya kepemilikan mobil tersebut lebih besar dari perkiraan, hingga Anda tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan pokok. Saran kami, sebaiknya beli mobil secara cash saja, bersabar menabung akan lebih baik dan hemat dalam jangka panjang. Karena dengan cara kredit, uang yang Anda keluarkan bisa mencapai sekitar 170% hingga 200% dari asli harga mobil.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar