Mobil Listrik Nissan Leaf segera Hadir, Ini Harga dan Spesifikasinya

Mobil Listrik Nissan Leaf Indonesia

CaruserMagz.com – Mobil listrik Nissan Leaf kabarnya akan segera rilis di Indonesia. Terlihat berbagai gambar sudah muncul terkait dengan mobil EV tersebut. Potongan emblem bertuliskan Zero Emission menandakan bahwa mobil ini adalah mobil listrik sepenuhnya.

PT Nissan Motor Distributor Indonesia sudah mulai membuka pemesanan atau pre-booking untuk All New Nissan LEAF. Mengingat bahwa mobil tersebut segera akan dipasarkan di Tanah Air dalam waktu dekat.

Awalnya Nissan Leaf dikabarkan masuk ke Indonesia pada tahun 2020. Namun karena beberapa kendala akhirnya baru bisa resmi dirilis pada tahun 2021.

Nissan Leaf indonesia segera Meluncur
Nissan Leaf indonesia segera Meluncur

Harga Mobil Listrik Nissan Leaf Terbaru 2021

Kebanyakan mobil listrik yang dijual di Indonesia memiliki kisaran harga miliaran rupiah. Namun belakangan pabrikan sudah mulai membuat mobil listrik yang cukup terjangkau semisal Hyundai Kona dan Ioniq.

Nissan Leaf ternyata juga ditawaran dengan harga relatif murah. Di situs Samsat, Nissan Leaf (4×2) A/T tercatat memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NKJB) sebesar Rp 529 juta. Hal ini juga berkaitan dengan pengenaan bobot sebagai minibus.

Bahkan Nissan Leaf juga mendapatkan patokan harga dari Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP-PKB) senilai Rp 555.450.000. Harga tersebut jauh lebih murah dari mobil listrik dari merek premium semisal BMW atau Tesla.

Kabar yang beredar, harga Nissan Leaf Indonesia ini adalah Rp 675.600.000 di kawasan DKI Jakarta. Ini akan bersaing ketat dengan Hyundai Ioniq yang telah banyak kita temui di jalanan.

Baca: Crossover Listrik Nissan Masa Depan

Interior Dashboard Nissan Leaf
Interior Dashboard Nissan Leaf

Spesifikasi Nissan Leaf

Nissan Leaf memiliki dua varian, yakni tipe standar dan tipe e+. Model standar diklaim memiliki tenaga 147 hp dengan torsi maksimal 236 lb-ft. varian standard ini dibekali baterai lithium-ion 40 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 240 Km.

Sedangkan tipe Leaf e+ menggunakan motor listrik dengan output 214 hp dan torsi maksimal 250 lb-ft. Baterainya berkapasitas 62 kWh yang mampu meningkatkan jangkauan jarak 40% lebih jauh hingga 363 km.

Dengan demikian, masyarakat Indonesia kini memiliki tambahan alternatif untuk mobil listrik sepenuhnya yang terjangkau, walau belum sepenuhnya dapat dikatakan terjangkau, mengingat harganya masih tergolong mahal untuk kalangan menengah ke bawah.

Namun paling tidak menjadi pertanda, bahwa era mobil listrik telah dimulai. Semoga ke depan akan makin banyak mobil listrik yang bisa mencapai harga pada level mobil sejuta umat. Juga infrastruktur stasiun pengecasan mobil listrik yang makin banyak.

Tulis Komentar