Mobil-mobil yang Terancam dengan Kehadiran Raize dan Rocky

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky - Siapa saja yang Terancam

CaruserMagz.com – Kehadiran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang merupakan sub-compact SUV berkonfigurasi 5-Seater mau tak mau berpotensi menjadi acaman serius bagi pesaingnya di segmen yang sama, maupun di segmen berbeda.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bisa menjadi alternatif paling menggoda untuk calon pembeli mobil kedua yang sudah berminat pada mobil-mobil 5-seater lainnya di segmen berbeda, semisal Compact SUV, Small dan Medium Hatchback, dan Sub-compact SUV.

Pasalnya dari banyak hal kedua SUV mungil kembar tersebut sangat menggoda, khususnya karena brand image, kemudahan dan biaya perawatan, biaya operasional, serta resale value yang tinggi, dimana semua faktor tersebut memberi rasa Peace of Mind pada konsumen.

Toyota Raize tampak belakang
Toyota Raize tampak belakang

Apalagi dengan fitur-fitur canggihnya yang menggoda, tampilan eksterior yang imut namun gagah, interior modern yang sangat berbeda dari mobil-mobil kembar keluaran ADM sebelumnya, seolah mobil ini berada pada level yang jauh lebih tinggi, hingga berasa mobil 500 jutaan untuk fitur-fiturnya.

Baca juga:

Ditambah lagi keringan pajak barang mewah PPnBM yang membuat harga kedua mobil tersebut bisa bersaing dengan segmen yang jauh dibawahnya semisal small hatchback non-LCGC.

Berikut daftar mobil-mobil yang bisa digantikan oleh Toyota Raize atau Daihatsu Rocky dalam hal akomodasi, kepraktisan dan fitur-fiturnya.

Small Hatchback

Beberapa mobil small hatchback tipe tertinggi bisa jadi sangat terancam oleh kehadiran Raize-Rocky yang mendapat diskon PPnBM. Karena harganya tipe bawah kedua sub-compact SUV tersebut sudah bisa bersaing dengan tipe tertinggi small hatchback dalam daftar berikut:

  • Suzuki Ignis – Rp 204,5 jutaan.
  • Honda Brio RS Urbanite – Rp 200,2 juta (dengan PPnBM 0%)
  • Kia All New Picanto – Rp 221 – 236 jutaan

Secara tampilan, Raize dan Rocky tentu lebih gagah dari semua small hatchback. Apalagi ground clearance-nya yang mencapai 200 mm, tentu akan memiliki daya jelajah lebih baik.

Hanya menambah beberapa juta rupiah, konsumen peminat small hatchback tipe tertinggi tersebut sudah bisa memiliki sub-compact SUV berbody lebih besar, kabin lebih lapang dan fitur lebih baik.

Medium Hatchback

Medium hatchback yang punya keterbatasan dalam hal daya jelajah karena ground clearance yang rendah, tentu bisa juga terancam. Pasalnya konsumen bisa menikmati berbagai fitur yang lebih canggih pada Raize atau Rocky, namun tetap dengan kabin yang lega, GC lebih tinggi dan harga jauh lebih murah tentunya.

Berikut medium hatchback segmen-B yang peminatnya bisa mengalihkan seleranya pada Rocky dan Raize:

  • Toyota Yaris – Rp 248 – 284 jutaan (dengan PPnBM 0%).
  • Honda City Hatchback – Rp 289 – 299 jutaan.
  • Kia All New Rio – Rp 289 – 299 jutaan.
  • Suzuki Baleno – Rp 235 – 247,5 jutaan.
  • Daihatsu Sirion – Rp 202 – 216,5 jutaan.

Compact SUV

Compact SUV 5-seater yang bertubuh lebih besar juga bisa terancam dengan kehadiran Raize dan Rocky. Pasalnya dalam hal akomodasi 5-seater dan kelegaan kabin, sub-compact SUV keluaran ADM tersebut juga menawarkan hal yang tidak jauh berbeda.

Apalagi fitur-fitur canggih seperti TSS atau ASA, belum ada pada compact SUV yang berharga Rp 300 hingga 400 jutaan di Indonesia saat ini, seperti pada daftar mobil berikut:

  • Honda HR-V 1.5 – Rp 313 – 348 jutaan.
  • Kia Seltos – Rp 300 – 360 jutaan.
  • Hyundai Kona – Rp 393 jutaan.
  • Suzuki S-Cross – Rp 304 – 320,5 jutaan.

Sub-compact SUV

Pesaing sesunggunya dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky adalah mobil-mobil di segmen sub-compact SUV yang saat ini baru dihuni oleh Nissan Magnite dan Kia Sonet, dimana keduanya adalah mobil CBU India. Kemungkinan akan menyusul satu lagi SUV mungil yang juga diproduksi di India, yaitu Renault Kiger.

  • Kia Sonet – Rp 199,5 – Rp 296 Jutaan.
  • Nissan Magnite – Rp 214,8 – 244,8 Jutaan.
  • Renault Kiger

Namun karena status pesaing Rocky dan Raize bergelar CBU, maka dalam hal harga, jagoan Toyota dan Daihatsu tersebut akan menang telak dalam hal harga sepanjang tahun 2021, berkat diskon pajak PPnBM.

Secara fitur, Raize dan Rocky punya kelebihan pada varian tertinggi dengan fitur-fitur safety sense-nya, yaitu TSS pada Raize dan ASA pada Rocky.

Gelar mobil CKD dan faktor jaringan servis purna jual, ketersediaan spare part dan resale value juga akan membuat kembaran Raize-Rocky juga jauh mengungguli pesaingnya yang CBU.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar