Toyota Raize Indonesia Diluncurkan, Ini Varian Harga dan Fitur Canggihnya

Toyota Raize Indonesia Diluncurkan - 30 April 2021

CaruserMagz.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi menghadirkan Toyota Raize Indonesia pada Jumat 30 April 2021, dengan peluncuran secara virtual, menyusul peluncuran Daihatsu Rocky, pada pagi di hari yang sama.

Menyasar kaum muda, kembaran kolaborasi ke-5 dari Daihatsu-Toyota ini dibangun dengan tampilan imut berciri khas Jepang dan berteknologi canggih. Dengan flatform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), mobil kembar tersebut banyak mendapat improvement dalam hal build quality, desain interior dan fitur-fitur kekinian.

Peluncuran Raize ini bertepatan dengan peringatan 50 tahun kehadiran Toyota di Indonesia, sebagaimana diungkapkan Presiden Direktur PT TAM, Susumu Matsuda.

Raize tipe G - Abu-abu
Raize tipe G – Abu-abu

Tahun ini merupakan tahun penting bagi kami karena merupakan ulang tahun ke-50 di Indonesia dan kami akan terus mendampingi Anda seraya meningkatkan mobilitas. Kemudian pada hari ini juga, kami dengan bangga menghadirkan Toyota Raize yang akan melengkapi lini SUV untuk setiap kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Susumu Matsuda, President Director PT TAM.

Varian Mesin Toyota Raize 2021

Toyota Raize 2021 ini diluncurkan dengan 2 pilihan varian mesin, yaitu mesin 1.0-liter, 3-silinder Turbo dan mesin 1.2-liter 4-silinder Naturally Aspirated. Mesin 1.0 Turbo mampu menghasilkan tenaga 98 ps dan 140 Nm, sedangkan mesin 1.2 NA memiliki tenaga 88 ps dan torsi 113 Nm.

Namun sama halnya dengan Daihatsu Rocky, Toyota Raize bermesin 1.2 liter belum bisa dipesan, karena baru akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2021.

Varian dan Harga Toyota Raize 2021

Untuk pilihan tipe dan varian, Toyota menyediakan total 3 tipe, yaitu tipe 1.0T G, 1.0T S (GR SPORT) dan 1.2 G, dengan masing-masing tipe ada 2 varian transmisi, yaitu MT dan CVT, dan masing-masing varian ada 2 pilihan kombinasi warna, yaitu single-tone dan dual-tone.

Tipe Toyota Raize 2021
Tipe Toyota Raize 2021

Untuk tipe bermesin 1.0T, ada 8 varian berdasarkan pilihan kombinasi warna, maka kemungkinan akan ada total 12 hingga 16 pilihan varian. Berikut 8 pilihan varian untuk tipe bermesin 1.0 Turbo:

  • RAIZE 1.0T G M/T ONE TONE – IDR. 219.900.000
  • RAIZE 1.0T G M/T TWO TONE – IDR. 222.200.000
  • RAIZE 1.0T G CVT ONE TONE – IDR. 233.100.000
  • RAIZE 1.0T G CVT TWO TONE – IDR. 235.400.000
  • RAIZE 1.0T GR SPORT CVT ONE TONE – IDR. 244.700.000
  • RAIZE 1.0T GR SPORT CVT TWO TONE – IDR. 247.000.000
  • RAIZE 1.0T GR SPORT CVT TSS ONE TONE – IDR. 263.700.000
  • RAIZE 1.0T GR SPORT CVT TSS TWO TONE – IDR. 265.900.000

Harga tersebut kemungkinan sudah termasuk keringan pajak PPnBM 0%, sehingga mulai Juni 2021 harga tersebut akan naik, dan kembali pada harga sesungguhnya dengan PPnBM 100% pada tahun 2022 mendatang.

Pengertian GR Sport

GR SPORT berarti bahwa mobil tersebut mendapat aksesoris Sport ala Gazoo Racing, merupakan Divisi Racing Toyota yang berkompetisi di berbagai turnamen balap dunia.

Namun ini berbeda maksudnya dengan mobil-mobil seperti GR Yaris dan GR 86. Penempatan GR di belakang nama mobil dan ada embel-embel Sport berarti bahwa mobil tersebut hanya mendapat aksesoris sporty, sedangkan singkatan GR di depan nama mobil berarti mobil tersebut dalah mobil perperforma tinggi, atau sport car.

Aksesoris tersebut pada Raize GR Sport adalah bodykit pada bagian bumper depan-belakang dan sideskirt, sehingga tampilan mobil ini diharapkan lebih menarik minat orang-orang yang suka pada tampilan mobil yang terlihat lebih gagah dan sporty.

Tampilan Eksterior

Tampilan eksterior Raize ini mengambil bahasa desain kesukaan orang-orang Jepang yang mengotak dan dengan sudut-sudut tajam. Karena awalnya mobil ini memang diperuntukkan bagi konsumen Jepang, dan kini Raize menjadi salah satu mobil terlaris di Jepang.

Mungkin akan banyak komentar orang Indonesia yang tidak menyukai bahasa desain ini, namun jika sudah melihat mobil ini dari dekat, akan terasa berbeda berkat build quality-nya yang kini terlihat lebih rapi, solid dan bagus.

SUV compact tampak samping
Toyota Raize tampak Samping

Desain eksteriornya sangat kental dengan nuansa Rush-Terios generasi pertama, khususnya terlihat pada pillar-C dan bagian depan dan belakang yang mengotak. Namun ornamen detailnya lebih modern dengan lampu-lampu LED.

Mobil ini berdimensi kompak layaknya pada kisaran kompetitor di segmen ini, yaitu 4 meter. Dimensi Toyota Raize adalah 4.030 mm x 1.710 mm x 1.635 mm untuk panjang x lebar x tinggi.

Jarak antar sumbu roda 2.525 mm dan ground clearance 200 mm. Itu artinya mobil ini memiliki kabin belakang yang lega dan daya jelajah yang sama dengan Toyota Avanza.

Toyota Raize Putih tampak Belakang
Toyota Raize Putih tampak Belakang

Interior Modern dan Solid

Nuansa mewah dan modern langsung terasa saat kita masuk ke interior Toyota Raize. Walau bahannya masih dari plastik keras, namun nuansanya lebih solid dibanding Calya dan Agya, desain interior juga lebih modern sehingga membuat desain eksterior yang agak jadul terobati.

Mobil ini sangat menarik di interior berkat layar head unit 9-inci, cluster meter full digital yang bisa diubah-ubah displaynya, AC digital dan berbagai tombol di palang setir serta paddle-shift.

Instrument Cluster Raize yang Modern dengan layar full digital
Instrument Cluster Raize yang Modern dengan layar full digital

Kursinya juga berdesain sangat proper, jauh lebih baik dari Agya dan Calya yang seperti seadanya. Kursi Raize terlihat tebal, empuk dan berbentuk semi bucket yang nyaman. di Interior, mobil ini terasa wajar berharga Rp 200 jutaan untuk mobil mungil.

Interior Compact SUV canggih
Interior Toyota Raize Indonesia

Fitur Keselamatan Canggih

Raize GR Sport yang merupakan tipe andalan dari SUV mungil Toyota ini mendapat paket fitur keselamatan canggih yang disebut Toyota Safety Sense (TSS), terdiri dari beberapa fitur yang memamfaatkan kamera radar, yaitu antara lain:

  • Lane Departure Assist with Steering Control – Mendukung dan membantu pengemudi untuk mencegah mobil keluar jalur tanpa sengaja melalui peringatan visual dan bunyi, jika peringatan belum membuat pengemudi merespon secara benar, system akan menggerakkan kemudi.
  • Pedal Missoperation Control – Mencegah tabrakan dengan objek di depan saat diparkiran atau kondisi jalan macet, ketika salah menginjak pedal gas terlalu kuat, system akan mengaktifkan rem.
  • Pre Collision System – Sistem kamera dan radar yang terintegrasi untuk mencegah tabrakan atau mengurangi dampak kerusakan akibat tabrakan dari arah depan.
  • Adaptive Cruise Control – Sistem cruise control yang mampu mendeteksi kendaraan lain di depan, lalu menjaga jarak aman dengan kendaraan tersebut secara otomatis. Sehingga benar-benar bisa diandalkan untuk mengurangi kelelahan kaki saat berkendara jarak jauh di jalan tol.
  • Front Departure Alert – Fitur yang mengingatkan pengemudi dengan suara jika ada mobil lain yang mendahului.

Raize tipe GR Sport TSS juga mendapat beberapa fitur keselamatan yang tidak ada pada tipe lainnya, yaitu sebagai berikut:

  • Rear Cross Traffic Alert – Mendeteksi kendaraan yang mendekat dari sisi belakang saat mundur keluar dari tempat parkir.
  • Blind Spot Monitor – Mengidentifikasi setiap objek di area blind spot kendaraan menggunakan teknologi radar.
  • 6-Airbag – dua di depan, dua di sepanjang sisi samping mobil, dan dua di kursi pengemudi dan penumpang depan.

Selain fitur-fitur canggih yang tergabung dalam paket TSS tersebut, semua tipe Toyota Raize telah mendapat beberapa fitur keselamatan yang lumayan canggih seperti Rem ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA).

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang bermesin 1.0-Turbo diproduksi oleh fasilitas PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan telah mulai bisa dipesan oleh peminatnya sejak 30 April 2021. Sedangkan tipe bermesin 1.2-NA baru akan tersedia di paruh akhir tahun 2021.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar