Beda 4WD vs AWD - Sistem Penggerak Roda Mobil

Beda 4WD vs AWD pada Sistem Penggerak Mobil, Apakah Sama?

CaruserMagz.comBeda 4WD vs AWD – Ada empat jenis sistem penggerak roda mobil, antara lain Front Wheel Drive (FWD) atau penggerak 2-roda depan, Rear Wheel Drive (RWD) atau penggerak 2-roda belakang, Four Wheel Drive (4WD) atau penggerak 4-roda, dan yang terakhir All Wheel Drive (AWD) atau penggerak semua roda.

FWD dan RWD tentu jelas dan mudah difahami, namun kita jadi bertanya, apa beda 4WD dan AWD, karena toh mobil pada umumnya beroda empat, artinya sama saja antara penggerak 4-roda dan semua roda pada mobil. Sehingga banyak yang mengira, tidak ada beda antara 4WD vs AWD.

Namun ternyata kedua sistem tersebut ada perbedaannya, yaitu dalam hal cara kerja, karakteristik dan penggunaannya di jenis mobil apa saja.

Berikut detail perbedaan 4WD vs AWD pada sistem penggerak mobil:

 

Cara Kerja dan Pengoperasian

Sistem Four Wheel Drive (4WD) lebih sederhana dibanding All Wheel Drive (AWD). Mobil dengan sistem 4WD biasanya berpenggerak 2-Roda dalam keadaan normal, kemudian pengaktifan penggerak 4-rodanya dilakukan secara manual oleh pengemudi, baik melalui tuas transmisi tambahan, maupun tombol elektronis pada mobil modern.

Sedangkan sistem AWD pada awalnya menggerakkan keempat roda mobil secara terus menerus, tidak ada pilihan untuk merubahnya jadi penggerak 2-roda. Namun belakangan, pabrikan telah merubahnya menjadi bisa berpenggerak 2-roda, hanya saja tetap berbeda dari 4WD, karena pengaktifannya dilakukan secara otomatis dengan bantuan sensor.

Pada mobil dengan sistem AWD, fungsi sensor sangat penting untuk mendeteksi apakan penggerak 4-roda dibutuhkan atau tidak. Sehingga pengemudi tidak perlu memindahkan mode berkendara ke 4-roda atau 2-roda. Jadi bedanya pada cara pengoperasian, dimana 4WD diaktifkan secara manual, sedangkan AWD otomatis oleh komputer.

Mobil dengan penggerak 4WD (4x4)
Mobil dengan penggerak 4WD (4×4)

Sistem dan Perangkat Teknologi

Sistem 4WD lebih mengandalkan sistem mekanis, sehingga pada dasarnya 4WD lebih ringkas secara perangkat teknologinya. Sedangkan sistem AWD lebih rumit, karena melibatkan sistem komputerisasi dengan sensor dan komponen elektronik.

Komponen elektronik dan sensor diperlukan pada sistem AWD untuk mendeteksi grip ban ke jalan dan memperkirakan kondisi jalan, yang outputnya berupa kesimpulan apakah sistem penggerak 4-roda perlu diaktifkan atau tidak.

 

Jenis Mobil yang Menggunakan

Pada awalnya sistem 4WD atau sering juga ditulis 4×4, lebih banyak disediakan pada mobil truk yang membutuhkan torsi besar. Perkembangan selanjutnya sistem 4WD ini disediakan pada mobil-mobil penumpang, khususnya SUV, namun tetap lebih banyak pada SUV ladder frame seperti truk double cabin, SUV untuk mobil lapangan  dan SUV yang diperuntukkan menerjang medan off-road.

Sedangkan sistem AWD banyak digunakan pada semua jenis mobil penumpang, khususnya mobil mewah seperti sport sedan, crossover premium, bahkan hingga supercar dan hypercar.

Supercar dengan penggerak AWD
Supercar dengan penggerak AWD

 

Apa Keunggulan 4WD dan AWD

Sistem 4WD lebih unggul untuk medan off-road, karena pengemudi dapat memilih secara manual, apakah akan mengaktifkan sistem penggerak 4-roda atau 2-roda saja.

Sedangkan sistem AWD punya keunggulan dalam kepraktisan penggunaannya, sehingga pengemudi tidak perlu dipusingkan untuk memikirkan apakah sistem 4-roda perlu diaktifkan atau tidak. Mobil dengan AWD biasanya unggul dalam hal performa di jalanan mulus, karena torsi disalurkan ke keempat roda saat diperlukan.

Baca juga:
Memahami Fitur Lane Departure Warning dan Lane Keeping Assist
Pengertian dan Cara Menggunakan Fitur Cruise Control

 

Kesimpulan

Dari daftar perbedaan Sistem Penggeran 4WD vs AWD tersebut, dapat disimpulkan pada tabel berikut:

Deskripsi
Four Wheel Drive (4WD)
All Wheel Drive (AWD)
Cara Aktifasi Manual Otomatis
Sistem Kerja Mekanis Komputerisasi
Jenis mobil Truk, SUV, Double Cabin SUV, Sportcar, Supercar, Hypercar
Purpose Off-Road Performa dan Kecepatan
Keunggulan Tangguh di Medan Off-Road Bertenaga Besar dan Cepat

Demikianlah beda 4WD dan AWD, semoga bisa difahami dengan  jelas, dan membuat kita lebih bisa membedakan sistem mana yang lebih kita butuhkan untuk mobil yang kita pilih. Jika sobat pembaca punya informasi lain mengenai topik ini, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar