Pentingnya Dashcam pada Mobil, 10 Alasan Mengapa Anda Harus Punya

CaruserMagz.com – Pentingnya Dashcam Ada di Mobil Anda – Fitur Kamera dashboard pada mobil atau sering disebut sebagai Dashcam mulai marak disematkan oleh pabrikan mobil sebagai fitur build-in. Dimana sebelumnya fitur ini biasanya kita temui sebagai produk aksesoris mobil terpisah.

Di luar negeri, khususnya di negara-negara maju, dimana kesadaran pengguna jalan pada keselamatan berkendara sudah tinggi, hampir semua mobil dilengkapi dashcam, baik yang disediakan oleh pabrikan mobil atau yang dibeli sebagai aksesoris tambahan.

Pengertian dan Fungsi Dashcam

Dashcam merupakan singkatan dari Dashboard Camera, atau secara bahasa artinya adalah kamera yang diletakkan di dashboard mobil. Perangkat ini juga disebut dengan istilah keren ‘Electronic Logging Device‘ atau disingkat ELD, yaitu perangkat pencatat/perekam elektronik.

Fungsi dasar dari dashcam adalah untuk merekam secara detail dan jujur setiap kejadian di jalan, saat mobil yang memiliki perangkat ini berjalan.

Dashcam dapat merekam perjalanan di depan mobil atau juga termasuk di belakang mobil dalam bentuk video, termasuk juga merekam suara baik di dalam kabin maupun di luar kabin mobil, tergantung seberapa canggih perangkat tersebut.

Sehingga dashcam akan menjadi saksi atau barang bukti atas semua kejadian yang direkamnya, baik berbentuk visual berupa video mapun audio dari perekam suara. Misalnya jika terjadi kecelakaan atau pelanggaran lalu-lintas oleh pengguna jalan lain.

Baca juga: Waspadalah! Fitur Start-Stop Engine Button Bisa Sebabkan Kematian

Dashboard camera - mamfaat dan kegunaannya
Dashboard camera – mamfaat dan kegunaannya

Alasan Pentingnya Dashcam, Mengapa Anda harus Punya?

Setelah memahami fungsi dashcam sebagai perekam, layaknya CCTV di tempat-tempat semisal supermarket, lampu merah, minimarket atau perkantoran dan lain sebagainya, lalu apa saja alasan penting untuk memiliki perangkat ini di mobil pribadi?

Apa mamfaat memiliki dashcam dan apa saja perannya bagi pemilik dan pengguna mobil? Berikut kami rangkumkan satu-persatu:

1. Sebagai Bukti Valid jika Terjadi Kecelakaan

Pernahkah Sobat mengalami kecelakaan karena kecerobahan pengendara lain, namun alih-alih meminta maaf, sebaliknya mereka menuduh Anda yang bersalah? Lalu meminta ganti rugi pada Anda, atau bahkan menggugat Anda ke Pengadilan.

Itu adalah kondisi buruk yang menyesakkan dada, apalagi jika lawan Anda tersebut adalah orang berkuasa atau memiliki kerabat dari kalangan yang memiliki kekuasaan, sehingga mereka dapat memojokkan hingga menzalimi Anda.

Dashcam akan banyak membantu Anda mengungkap fakta dan pihak yang menyalahkan Anda tidak akan berkutik. Sebaliknya Anda dapat membalikkan tuduhan mereka dan meminta ganti rugi dari mereka, dengan bukti valid dari hasil rekaman dashcam.

Video dari rekaman dashcam dapat menyelamatkan Anda dalam litigasi, dan memaksa pihak yang lalai untuk bertanggung jawab atas kecelakaan itu. Bahkan bisa membuat pihak lain kalah dalam gugatan dan harus bertanggung jawab atas kerusakan mobil Anda.

2. Pentingnya Dashcam Jika Kena Tilang yang Salah

Jika tiba-tiba Anda kena tuduhan bersalah dan kena tilang secara tidak tepat, namun Anda yakin bahwa Anda tidak bersalah, hasil rekaman dashcam akan menyelamatkan Anda dari denda atau hukuman lain yang dituduhkan aparat.

Misalnya polisi tiba-tiba menyuruh mobil Anda berhenti lalu menuduh Anda telah menerobos lampu merah. Sementara Anda yakin saat melewati persimpangan, lampu masih hijau. Dengan menunjukkan bukti rekaman dari dashcam, Anda dapat membantah tuduhan polisi tersebut.

Tanpa rekaman dashcam, Anda hanya bisa pasrah tanpa perlawanan dan menerima kena denda di pengadilan. Apapun argumentasi verbal Anda, akan sulit menghindari tilang tersebut tanpa bukti yang valid.

3. Pentingnya Dashcam Membuat Anda jadi Pengemudi yang Baik

Dengan memiliki dashcam, Anda menyadari bahwa setiap kelakuan Anda selama mengemudi direkam dengan lengkap, sehingga hal itu akan menbuat Anda lebih waspada dan berusaha jadi lebih baik. Rasa diawasi membuat Anda akan berusaha menghindari kesalahan sekecil apapun.

Dashcam bisa menciptakan suasana seolah Anda sedang diawasi semua orang, termasuk aparat Polisi setiap saat. Karena hasil rekaman dashcam dapat dilihat siapapun jika terjadi insiden yang melibatkan mobil Anda, termasuk bisa ditayangkan di pengadilan jika kasus tersebut sampai kesana.

4. Mengawasi Saat Mobil Anda dipinjam atau Digunakan Orang Lain

Adakalanya mobil kita dipinjam oleh kerabat atau teman dekat. Dengan dashcam kita dapat mengetahui perlakuan pengguna tersebut pada mobil kita, apakah mereka ugal-ugalan atau mengemudi dengan hati-hati.

Itu bisa jadi bahan referensi bagi kita, apakah selanjutnya bisa mempercayakan mobil kita pada mereka, atau tidak akan pernah lagi meminjamkan mobil padanya.

Jika terjadi insiden, baik kecelakaan ataupun kerusakan mobil setelah dipinjam sang teman atau kerabat, kita dapat mengetahui dengan detail dan jelas dari hasil rekaman dashcam, mengenai sebab kejadian dan siapa yang sebenarnya salah. Sehingga menjadi dasar bagi kita untuk menuntut pertanggungjawaban kepada siapa.

Baca: Risiko Jika Mobil Sering Dipinjam Teman

5. Solusi untuk Orang Tua yang Khawatir pada Prilaku Mengemudi Anak

Senada dengan poin sebelumnya, bagi orang tua yang memiliki Anak yang sudah bisa mengemudi dan sering menggunakan mobil, baik sendiri maupun dengan teman-temannya. Dashcam bisa jadi solusi untuk pengawasan perilaku anak selama mengemudi.

Namun untuk poin ini, dashcam harus diset otomatis aktif, kapanpun saat mobil digunakan dan tidak dapat dimatikan, atau hanya Anda yang dapat mematikannya. Dengan demikian, pengguna mobil tidak dapat memanipulasi hasil rekaman dashcam.

Dashcam integrated dengan Rear View Mirror
Dashcam integrated dengan Rear View Mirror

6. Pentingnya Dashcam Jika Mobil Dibobol atau Dicuri

Dengan dashcam canggih, dashcam 4K-UHD misalnya, ini bisa menjadi bahan bukti valid jika mobil Anda dibobol atau dicuri. Karena dashcam canggih ini secara otomatis merekam dan mengunggah rekaman ke cloud di internet.

Jadi, bahkan jika mobil Anda dibobol, pemilik mobil dapat mengumpulkan bukti untuk ditunjukkan kepada polisi dan perusahaan asuransi saat Anda mengajukan laporan atau klaim. Walau pencuri atau pembobol berusaha merusak dashcam Anda.

7. Mencegah Pelecehan atau Kesewenangan Orang Lain

Jika ada pengguna jalan lain yang berusaha menyalahkan Anda atas suatu kejadian yang Anda tidak bersalah, lalu orang tersebut berusaha merusak mobil Anda atau memukul Anda dengan semena-mena.

Anda dapat memberitakukan pada orang tersebut bahwa semua kelakuannya direkam oleh dashcam, baik visual maupun audio. Sehingga dengan demikian, orang tersebut akan merasa ciut atau takut jika kelakuannya dipertontonkan pada Aparat kepolisian.

Baca: Kelakuan Pengemudi di Jalanan yang Menjengkelkan

8. Membantu Menyediakan Bukti untuk Pengguna Jalan Lain

Dashcam merekam semua kejadian selama perjalanan, sehingga jika terjadi insiden atau kecelakaan lalu lintas di depan mobil Anda, rekaman dari dashcam dapat membantu pihak-pihak yang terlibat dalam kecelakaan tersebut atau pun pihak kepolisian, untuk memutuskan siapa yang harus bertanggung jawab.

9. Fungsi Memori untuk Kenangan Perjalanan Anda

Rekaman perjalanan juga bisa menjadi kenangan indah, misalnya saat Anda melakukan perjalanan jauh, atau saat berwisata ke tempat-tempat indah, setiap momen dalam perjalanan akan menjadi kenangan yang bisa ditonton berulang-ulang dari hasil rekaman oleh dashcam.

10. Bahan Konten Menarik atau Sumbangsih untuk Jurnalisme

Hasil rekaman dari dashcam juga bisa menjadi bahan konten menarik untuk Anda yang suka melakukan perjalanan dengan mobil dan kreatif membuat konten video.

Semua kejadian di perjalanan bisa dijadikan konten, semisal kecelakaan, pengemudi lain yang ugal-ugalan, contoh-contoh pelanggaran lalu lintas, bahkan contoh sikap mengemudi yang baik dari pengguna jalan lain atau pemilik mobil itu sendiri.

Konten tersebut bisa menjadi sumbangsih yang berharga untuk jurnalisme, bahkan bisa menghasilkan uang jika dilakoni dengan professional dan disajikan secara menarik melalui channel YouTube atau situs sosial media lainnya.

Baca: Tips Mengemudi agar Terhindar dari Tabrakan Trombol Beruntun

Kesimpulan

Bagi Sobat yang peduli akan keselamatan berkendara dan memiliki kesadaran untuk terhindari dari kezaliman siapapun di jalan raya, maka pentingnya dashcam yang berkualitas baik ada di mobil adalah keharusan.

Kondisi jalanan yang kian padat dan banyaknya pengguna jalan yang tidak bertanggungjawab membuat kita sebaiknya mengumpulkan bukti yang valid, jika harus berhadapat dengan situasi yang tidak diinginkan.

Ada banyak dashcam yang dijual sebagai produk after market, baik yang memiliki view single ke depan saja, maupun yang memiliki view ganda, ke depan dan ke belakang mobil. Pilihlah yang terbaik sesuai kebutuhan Anda. Demikian, semoga artikel ini bermamfaat.