Aksesoris Mobil Penting dan Keren untuk Dimiliki

Aksesoris Mobil Penting yang Sebaiknya Anda Miliki, Membuat Mobil Lebih Aman dan Nyaman

Berita Tips

CaruserMagz.comAksesoris Mobil Penting dan Keren – Mobil modern masa kini telah dijejali berbagai fitur yang makin canggih untuk membuat perjalanan lebih aman, nyaman dan menyenangkan bagi pemiliknya. Berbagai inovasi sederhana membuat mobil modern terlihat lebih canggih dan menyenangkan.

Namun bukan berarti para pemilik mobil lama tidak dapat menikmati fitur-fitur tersebut, karena ada banyak pihak yang membuat fitur tersebut sebagai aksesoris tambahan untuk mobil versi lama. Sehingga dengan membeli perangkat aksesoris tersebut, pemilik mobil lama bisa menikmati fitur canggih, tanpa perlu mengganti mobilnya.

Beberapa aksesoris mobil kami kira layak dibeli untuk membuat mobil Anda jadi lebih aman, lebih nyaman atau lebih membuat pikiran Anda tenang selama perjalanan. Aksesoris-aksesoris mobil tersebut meyediakan fungsi semisal memberi peringatan jika ada masalah pada mobil lebih dini sebelum benar-benar menghentikan perjalanan Anda, membuat suasana kabin lebih nyaman dan sehat, atau sekedar memberi gaya modern pada mobil.

Di artikel ini, kami memberi rekomendasi aksesoris mobil penting yang bagus untuk Anda miliki, jika mobil yang Anda miliki belum menyediakannya secara build-in. Berikut daftar aksesoris mobil keren dan penting yang akan sangat bermamfaat jika Anda berniat mendandani mobil dengan aksesoris tambahan:

1. Tire Pressure Monitoring

Fitur pendeteksi tekanan ban sudah jamak di mobil-mobil masa kini, khususnya mobil mewah. Namun bagi Anda yang mobilnya tidak tersedia fitur tersebut, bisa membeli perangkat aksesoris yang kini banyak tersedia baik di ecommerse maupun toko off-line otomotif. Aksesoris ini akan sangat berguna untuk mendeteksi tekanan ban setiap saat, sehingga bila tekanan keempat ban tidak sama atau sudah di bawah tekanan standar yang dianjurkan pabrikan, bisa segera ditambah udara bannya.

Aksesoris Mobil - Car Tire Pressure Monitoring

2. Detektor Voltase Baterai

Sering terjadi mobil yang tiba-tiba tidak bisa dihidupkan atau mogok karena kehabisan daya listrik di baterainya. Masalah tersebut seharusnya bisa dideteksi lebih awal sebelum menimbulkan masalah, jika voltase baterai dicek atau terdeteksi setiap saat. Jika tegangan listrik baterai sudah di bawah 12-Volt, aksesoris detektor baterai yang biasanya tergabung dengan charger gadget, akan membunyikan alarm yang berarti Anda harus memeriksa baterai mobil, dan jika sudah tidak bisa diperbaiki, berarti Anda harus siap-siap membeli baterai baru.

Charger Mobil dengan Detektor Voltase Aki
Charger Mobil dengan Detektor Voltase Aki

3. Dash Cam

Beberapa mobil masa kini telah menyematkan dashcam sebagai fitur standar, antara lain ada Suzuki XL7 dan DFSK Glory i-Auto. Namun kebanyakan mobil lain bahkan yang berharga Rp 500 jutaan belum memilikinya. Fitur perekam perjalanan tersebut cukup berguna sebagai barang bukti jika mobil terlibat kecelakaan, atau sekedar untuk mengabadikan momen-momen berharga selama perjalanan dengan mobil.

4. Satellite Navigation

Fitur navigasi satelit sudah terintegrasi dengan head unit pada mobil mewah, tapi untuk mobil kebanyakan pada umumnya, belum ada fitur navigasi yang tidak memerlukan data internet ini. Untuk memilikinya, banyak pihak yang mengembangkan fitur navigasi satelit sebagai aksesoris tambahan. Fitur ini akan sangat berguna untuk perjalanan jauh, tanpa harus menyedot quota internet kita. Jika punya anggaran cukup banyak, carilah head unit layar sentuh yang sudah dilengkapi fitur navigasi satelit.

5. Car Air Purifier

Aksesoris pembersih udara kabin mobil akan sangat bermamfaat untuk menjaga kesehatan kita, apalagi di udara perkotaan yang makin parah polusinya. Fitur ini belum jamak pada mobil kebanyakan, tapi banyak disediakan sebagai aksesoris tambahan oleh pihak lain.

Car Air Purifier - Pembersih Udara Kabin Mobil
Car Air Purifier – Pembersih Udara Kabin Mobil

6. Kamera dan Sensor Parkir

Meskipun sudah jamak di mobil kalangan menengah ke bawah, masih ada mobil yang belum dilengkapi sensor dan kamera parkir. Namun fitur yang sangat bermamfaat tersebut sudah banyak disediakan sebagai aksesoris tambahan dengan kualitas tak kalah baik dari produk bawaan pabrikan mobil. Khusus untuk kamera parkir, diperlukan head unit monitor yang mendukung display kameranya.

7. Bluetooth Speakerphone

Jika mobil Anda belum memiliki fitur konektifitas telpon, untuk dapat melakukan panggilan telpon tanpa memegang handphone, maka aksesoris penghubung sistem audio head unit dan telpon genggam ini akan sangat berguna untuk meningkatkan keamanan berkendara di mobil Anda. Dengan aksesoris Bluetooth In-Car Speakerphone, anda dapat menerima telpon atau melakukan panggilan telpon tanpa harus melepaskan tangan dari lingkar kemudi.

8. GPS Tracker

Untuk senantiasa mengetahui posisi mobil Anda, GPS Tracker bisa jadi solusi. Aksesoris ini juga membuat mobil Anda bisa terdeteksi lokasinya jika dicuri atau Anda bisa memantaunya setiap saat jika dipinjam teman atau kerabat. Fitur ini pada umumnya terkoneksi dengan smartphone.

GPS Tracker Mobil
GPS Tracker Mobil

9. Key Finder

Selain pendeteksi lokasi mobil, aksesoris pendeteksi lokasi kunci mobil juga cukup keren untuk dimiliki. Karena sangat sering kita lupa, dimana kita menaruh kunci mobil seteleh menggunakannya. Terkadang saat akan melakukan perjalanan, banyak waktu tersita hanya untuk mencari posisi kunci, karena kita lupa dimana meletakkannya. Aksesoris Car Key Finder biasanya terhubung dengan aplikasi di smart-phone, sehingga penggunaannya cukup praktis.

10. Charger Gadget

Jika mobil Anda tidak dilengkapi port USB untuk mengecas gadget, maka aksesoris charger wajib dimiliki. Karena saat perjalanan cukup jauh, hanphone Anda pasti kehabisan daya listrik sebelum sampai di tempat tujuan. Sedangkan komunikasi dan koneksi internet adalah kebutuhan penting di zaman sekarang.

11. Holder Smart Phone

Saat berkendara, banyak orang teralihkan perhatiannya dari jalan karena mengoperasikan telpon genggam dengan tangan, baik untuk texting maupun sekedar melihat display di layar hp. Holder telpon genggam di dashboard akan sangat berguna untuk Anda yang menggunakan fitur navigasi dari handphone, semisal Google-Map atau Waze. Sehingga Anda tidak perlu memegang hp saat mengaktifkan fitur navigasinya.

12. Vacuum Cleaner Portable

Untuk menjaga kebersihan kabin mobil kapan saja dan dimana saja, aksesoris vacuum cleaner portable akan sangat bermamfaat untuk selalu ada di kabin mobil. Sehingga jika mobil berdebu atau banyak sisa makanan yang berserakan, kita tidak perlu menunggu sampai di rumah atau tempat carwash untuk membersihkannya.

13. Car Safety Hammer Escape Tool

Palu kecil pemecah kaca sebaiknya disediakan di kabin mobil, untuk kondisi darurat jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan Anda terperangkap di dalam mobil. Aksesoris ini mungkin sangat diharapkan untuk tidak pernah digunakan, namun dalam kondisi darurat itu akan sangat bermamfaat.

14. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Alat pemadan api sangat penting selalu ada di kabin mobil, ini juga untuk mengatasi kondisi darurat jika terjadi kebakaran di dalam kabin, sehingga kita bisa menyelamatkan jiwa dan menghindarkan mobil kita dari kerusakan yang lebih parah karena kebakaran.

15. Tempat Sampah dalam Kabin

Untuk menjaga kabin mobil tetap bersih dan rapi, Anda perlu memiliki tempat sampah berpenutup di dalam kabin mobil, sehingga sisa makanan atau packing makanan bisa disimpan sementara di tempat sampah tersebut, yang kemudian bisa dibuang ke tempat sampah jika telah sampai tujuan berkendara. Aksesoris sederhana ini membuat Anda tidak perlu repot membersihkan mobil karena sampah yang berserakan di mobil.

Tempat Sampah di Mobil
Tempat Sampah di Mobil

Baca Juga:
Aksesoris Mobil yang Biasanya jadi Bonus Pembelian Mobil Baru
Aksesoris Mobil yang Tidak Begitu Berguna

Itulah 15 aksesoris mobil penting dan keren untuk dipertimbangan jika Anda ingin menambahi fitur-fitur fungsional di mobil. Pada mobil modern masa kini, khususnya mobil mewah berharga Rp 500 jutaan hingga Miliaran, fitur-fitur canggih sudah disediakan secara build-in bahkan lebih canggih. Namun aksesoris tambahan yang menjalankan fungsi yang sama tetap bisa dinikmati oleh pemilik mobil model lama.

Selain 15 aksesoris tersebut, beberapa fitur canggih dan unik yang disediakan dalam bentuk aksesoris terus berkembang, sesuai pertambahan fitur canggih di mobil masa kini. Misalnya telah ada aksesoris untuk Head-up Display, detektor radar laser pihak polisi yang berguna di negara-negara maju untuk menghidari tilang karena over-speed, aksesoris motormood yang mendisplay ekspresi emoticon di bagian belakang mobil, untuk memberi tanda pada pengendara lain misalnya untuk terimakasih telah diberi jalan dan lain sebagainya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar