Honda CR-V PHEV - Tampak Depan

Honda CR-V PHEV Bisa Tempuh 90,9 km dengan 1 Liter Bensin, Mobil Teririt di Dunia

Berita Honda SUV

CaruserMagz.com – Honda CR-V PHEV (Plugin Hybrid Electric Vehicle) diluncurkan pada ajang Beijing Motor Show 2020 yang digelar mulai 26 September hingga 5 Oktober 2020. Ini adalah mobil Honda pertama di China yang mengusung teknologi plug-in Hybrid. Honda CR-V PHEV ini akan mulai dijual pada Januari 2021 di China.

Hal yang menarik dari CR-V PHEV ini adalah claim Honda Global terhadap konsumsi bahan bakarnya, yang hanya memerlukan 1,1 liter bensin untuk menempuh 100 km. Itu artinya figur konsumsi bahan bakar CR-V hybrid ini adalah 90,9 km/liter bbm. Rasanya belum ada mobil yang meminum bensin sehemat itu, apalagi ini adalah sosok SUV 7-Seater yang bertubuh cukup bongsor.

Honda CR-V PHEV - Dengan Tampilan yang Lebih Segar
Honda CR-V PHEV – Dengan Tampilan yang Lebih Segar

Seperti dikabarkan oleh situs Honda Global, efisiensi bbm tersebut didapat berkat pengembangan teknologi hybrid terbaru Honda yang diberi nama Sport Hybrid i-MMD yang menggunakan dua motor listrik. Sayangnya pihak Honda belum membeberkan bagaimana detail kombinasi mesin bakar dan motor listriknya, kapasitas baterai dan apa yang membuat CR-V hybrid ini bisa sangat efisien dalam mengkonsumsi bbm.

Sistem powertrain CR-V hybrid ini diklaim memberikan rasa berkendara paling mirip dengan Electric Vehicle (EV) murni, termasuk mode berkendara sehari-hari yang nyaman dan sangat senyap, tapi juga bisa memberikan sensasi performa mobil EV dengan respons torsi instan dan tenaga besar. Ini mengingatkan kita pada mobil-mobil hybrid Nissan dengan teknologi e-Power-nya.

Honda CR-V PHEV - Powertrain System - i-MMD
Honda CR-V PHEV – Powertrain System – i-MMD

CR-V PHEV dikabarkan menggendong mesin bensin 2.0L berkode LFB13 yang berkolaborasi dengan dua motor listrik. Tenaga dari mesinnya saja bisa mencapai 145 hp, sedangkan motor listriknya menyumbang tenaga sebesar 90,5 hp (67.5 kW). Kombinasi mesin bensin dan motor listrik tersebut dikabarkan menghasilkan sekitar 181 hp dan torsi maksimum hingga 315 Nm.

Selain penampakan eksterior berupa grill dan bumper berbeda, perubahan yang sudah terungkap adalah dimensi CR-V PHEV yang lebih besar dari versi non-hybrid, yakni panjang 4.694 mm, lebar 1.861 mm, dan tinggi 1.679 mm.

Baca juga: Mengapa Honda CR-V Tetap Lebih Menarik dari Wuling Almaz

Honda CR-V PHEV - Mobil Teririt di Dunia
Honda CR-V PHEV – Mobil Teririt di Dunia

Dengan kehematan bbm sedemikian efisien, namun tetap menyediakan performa yang bertenaga layaknya mobil listrik murni, maka Honda CR-V ini bisa menjadi dream-car banyak orang, apalagi CR-V sangat cocok dijadikan mobil keluarga karena kapasitas 7-penumpang dan kenyamanan yang superior. Semoga mobil berteknologi listrik ini juga akan mengaspal di Indonesia, karena sangat menarik berkat figur konsumsi bbm-nya yang bahkan lebih hemat dari motor skuter matic.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar