Salah Satu Penyebab Power Window Mobil Macet atau Tidak Berfungsi

CaruserMagz.com – Mobil zaman sekarang rata-rata sudah menggunakan power window untuk membuka dan menutup kaca pintu. Jika masih ada mobil yang menggunakan tuas putar manual, rasanya sudah sangat ketinggalan zaman dan pastinya itu mobil murah. Misalnya mobil LCGC yang harga beli dan pajaknya disubsidi pemerintah.

 

Memang power window memudahkan penumpang mobil untuk membuka-tutup jendela kaca, namun jika terjadi kerusakan atau fungsinya macet, tidak semua orang bisa memperbaikinya.

 

Apalagi dengan fitur-fitur tambahan seperti auto up-down dan lain sebagainya yang melibatkan system computer (ECU), membuat kita harus menyerahkan masalah power window ke bengkel resmi.

 

Tulisan ini kami buat bukan berdasarkan kajian ilmiyah yang canggih, hanya berbagi pengalaman pribadi saat menghadapi masalah power window yang macet.

 

Pagi-pagi saat menyalakan mobil, kami terkejut tiba-tiba power window kaca pintu untuk pengemudi tidak berfungsi. Sedangkan ketiga pintu lainnya berfungsi dengan baik. Karena tidak mau pusing dan tidak mau gegabah memperbaiki sendiri, kami bawa mobil tersebut ke bengkel khusus power window.

 

Si montir membongkar doortrim kemudian mengecek semua kelistrikan system power window dan fuse (sekring), ternyata semua dalam kondisi normal. Kondisi motor juga tidak nampak ada tanda-tanda terbakar (burning) karena korslet. Alhasil sang montir bingung dan menyerah. Lalu dia menyarankan agar di bawa ke bengkel resmi.

 

Pada hari Sabtu (25-Juni-2016) kami membawa mobil tersebut ke bengkel resmi KIA Palembang yang baru saja pindah lokasi dari Jalan Veteran di tengah kota ke Jalan Tanjung Api-api yang berdekatan dengan Bandara SMB II.

 

Sumber Masalah

 

Si imut KIA Picanto 2012 tersebut langsung dicek oleh teknisi bengkel yang kelihatannya masih sangat belia. Awalnya dia juga bingung karena semua nampak baik-baik saja. Tak kehabisan akal, teknisi membuka cover motor power window dan mendapatkan sumber masalahnya.

 

Permasalahan yang ternyata menyebabkan power window macet adalah karena grease (gemuk) yang seharusnya melumasi poros (as) motor telah mengeras hingga seperti Tanah liat. Alih-alih melumasi as motor, grease ini malah menghambat putaran motor. Grease tersebut dibersihkan dan diganti dengan grease yang baru.

 

Mungkin penyebabnya adalah karena mobil tersebut sering terjemur seharian diparkiran, dan sudah 3 tahun lebih tidak ada maintenance untuk mengganti grease pada as motor power windownya.

 

Selama tidak bermasalah, terkadang kita tidak terlalu peduli akan komponen mobil yang tidak terkait dengan mesin, walau ternyata saat tidak berfungsi membuat kita kesulitan.

 

Kami tergelitik untuk bertanya, apa akibatnya jika kondisi tersebut dibiarkan. Sang teknisi menjawab bahwa jika kondisi kelistrikan system power window bekerja dengan baik, sementara motornya tidak dapat berputar karena tertahan oleh grease yang mengeras, maka akibat buruk yang dapat terjadi adalah motornya menjadi panas dan terbakar (burning). Hal itu terjadi jika saklar/tombol power window terus ditekan dalam waktu lama.

 

Setelah motor berfungsi kembali dengan sempurna, kami merasa sangat lega karena ternyata tidak harus mengganti spare part atau komponen tertentu. Karena kita semua tahu, inden komponen spare part KIA cukup lama, karena harus diimport langsung dari Korea.

 

 

Servis Gratis Karena masih Dicover Garansi

 

Hal yang menggembirakan bagi kami adalah pelayanan yang memuaskan dari bengkel resmi KIA Palembang. Sebelumnya kami fikir akan mengeluarkan biaya untuk servis ringan tersebut, paling tidak membayar jasa servisnya. Di luar dugaan, ternyata servis tersebut diberikan secara gratis alias cuma-cuma.

 

Kepala bengkelnya mengatakan bahwa power window adalah komponen yang termasuk fungsi utama, sehingga baik spare part maupun servisnya masih di cover garansi.

 

Berhubung KIA Picanto yang kami miliki ini dibeli pada akhir tahun 2012, maka garansi tersebut masih dapat kami nikmati hingga Desember tahun 2017. Terimakasih KIA, good treatment to customer will always earn a lots of satisfaction. Ternyata garansi 5 tahun itu bukan isapan jempol.

 

Semoga cerita berbagi pengalaman ini bermamfaat bagi sobat pembaca dan menjadi salah satu point untuk diperiksa saat mengalami power window yang macet.

 

Salam Otomotif!
Photo: by Yayan A. │Location:KIA,Palembang – Tanjung Api-api

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

2 thoughts on “Salah Satu Penyebab Power Window Mobil Macet atau Tidak Berfungsi

  • February 2, 2018 at 12:04 pm
    Permalink

    Bagai mana cara mengatasi power window honda mobilio aktif terus walau posisi mobil sudah off
    Tolong bantu gan

    Reply
    • February 5, 2018 at 9:04 am
      Permalink

      Kemungkinan masalah di kelistrikannya Mas Faqur. Coba bawa ke bengkel power window atau bengkel resmi Honda. Sepertinya ada masalah di kabel yang terkoneksi walau sudah posisi off. Itu berpotensi menghabiskan batre, jika fungsi eklektrik ada padahal posisi off.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *