Tanda Wiper Mobil Harus Diganti, Berapa Lama Usia Pakai Karet Wiper?

Tanda Wiper Mobil Harus Diganti

Tanda wiper mobil harus diganti. Tips perawatan wiper mobil, kapan saatnya ganti wiper kaca mobil? Berapa lama usia pakai wiper?

CaruserMagz.com – Wiper merupakan salah satu komponen penting pada mobil saat harus menempuh perjalanan di suasana hujan. Fungsinya sangat krusial terkait keselamatan berkendara, karena wiper bertugas mempertahan visibilitas yang baik bagi pengemudi terhadap kondisi jalan di depan dan belakang mobil.

Karena fungsi wiper baru terasa penting saat hujan, perawatan komponen ini sering diabaikan. Apalagi wiper tergolong jarang bermasalah dalam waktu singkat karena usia pakai yang mencapai hitungan tahun.

Namun tidak sedikit kita jumpai mobil dengan wiper yang seharusnya sudah diganti, masih tetap digunakan oleh pemilik mobil. Ini adalah hal yang kurang baik, karena fungsinya tidak akan maksimal, terutama berkaitan dengan keselamatan berkendara.

Risiko Tetap Menggunakan Wiper yang sudah Kadaluarsa

Visibilitas yang tidak mencukupi – Misalnya jika harus berkendara di malam hari dalam suasana hujan deras, wiper yang tidak lagi berfungsi dengan baik tidak bisa menyapu air dan kotoran secara maksimal, sehingga tidak memberikan visibilitas yang cukup pada pengemudi.

Kerusakan kaca akibat gesekan – Karet wiper yang sudah mengeras memberi risiko kerusakan pada kaca, sehingga mengganti wiper akan lebih murah dibanding akibat buruk pada kualitas kaca mobil.

Kebisingan – Suara gesekan kaca dan karet wiper yang sudah kadaluarsa akan mengurangi kenyamanan berkendara.

Beban Motor wiper lebih berat – Kerusakan motor penggerak wiper juga menjadi risiko yang mungkin terjadi akibat membiarkan wiper kadaluarsa tetap digunakan dalam waktu lama.

Tanda Karet Wiper Mobil Harus Diganti

Oleh karena itu, penting untuk kita ketahui ciri-ciri wiper mobil sudah harus diganti. Agar risiko-risiko di atas tidak kita alami. Berikut beberapa kondisi yang menjadi tanda bahwa wiper mobil harus diganti:

Meninggalkan Bekas

Wiper kaca yang masih bagus bisa menyeka air dan debu di kaca dengan sempurna hingga terlihat bersih. Jika wiper meninggalkan bekas berupa garis-garis air atau banyak debu tertinggal di permukaan kaca, itu adalah tanda bahwa karet wiper sudah kurang elastis, getas, kering, atau mengeras.

Ciri Wiper Kaca Mobil Minta Diganti
Ciri Wiper Kaca Mobil Minta Diganti

Menimbulkan Bunyi Berisik

Wiper yang masih bagus juga ditandai dengan bunyi yang lebih senyap saat wiper digunakan. Bunyi yang berisik saat wiper menyapu kaca menandakan wiper sudah harus diganti.

Bunyi tersebut disebabkan oleh karet wiper yang sudah tidak elastis atau mengeras. Jika dipaksakan untuk terus digunakan, maka akan menimbulkan baret atau lecet pada kaca.

Pergerakan Wiper Terhambat

Pada level yang lebih parah, jika wiper bergerak tidak lagi mulus di permukaan kaca. Kondisi tersebut merupakan tanda bahwa karet wiper sudah mengeras dan benar-benar tidak lagi elastis, sehingga harus segera diganti.

Baca juga:

Saran untuk Ciri Wiper Mobil Harus Diganti

Jika tiga kondisi tersebut sudah terjadi pada wiper mobil Anda, maka sebaiknya lakukan penggantian, minimal karetnya. Akan lebih baik jika keseluruhan hingga seluruh gagangnya jika mobil sudah tergolong berumur.

Untuk lebih aman, maka sebaiknya lakukan penggantian karet wiper berdasarkan usia pakai. Karena karet punya keterbatas waktu penggunaan, yang diakibatkan paparan sinar matahari, temperatur panas di siang hari dan dingin di malam hari. Sebaiknya mengganti karet wiper setiap 6 hingga 12 bulan.

Sekali lagi, sebaiknya jangan anggap remeh pemeliharaan wiper mobil Anda, karena komponen tersebut punya peran penting terhadap keselamatan saat harus berkendara di kondisi hujan.

Tulis Komentar