Cerdas Memilih Mobil Keluarga, Hal Penting Dipertimbangkan dan yang Bisa Diabaikan

Tips Cerdas memilih mobil keluarga

Tips cerdas memilih mobil keluarga, faktor penting apa yang harus dipertimbangkan dan apa yang bisa diabaikan?

CaruserMagz.com – Mobil keluarga sudah hampir menjadi barang wajib bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat perkotaan. Sehingga penting untuk memilih mobil keluarga yang tepat demi kenyamanan keluarga dalam perjalanan baik dekat maupun jauh.

Lalu faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan dan bisa diabaikan saat memilih mobil keluarga? Kami ingin berkontribusi memberikan saran pada keluarga Indonesia, dalam memilih mobil yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Hal-hal Peting Dipertimbangkan: Cerdas Memilih Mobil Keluarga

Kapasitas Penumpang 7-Seater

Kapasitas penumpang minimal untuk 7 orang kami rasa adalah hal penting pertama yang wajib tersedia pada mobil keluarga. Karena walau jumlah anak sedikit dan masih kecil-kecil, akan ada kebutuhan untuk mengajak anggota keluarga lainnya di mobil tersebut.

Interior Xpander Cross
Interior Mobil 7-Seater – Tips Cerdas Memilih Mobil Keluarga

Fitur Keselamatan

Jika membandingkan calon mobil yang akan dibeli, maka sebaiknya pertimbangkan mobil dengan fitur keselamatan yang lebih lengkap. Karena itu sangat berguna untuk jiwa setiap anggota keluarga.

Fitur keselamatan minimal yang harus ada antara lain adalah seat-belt 3-titik di setiap kursi, dual-airbags, dan rem ABS-EBD-BA. Mobil dengan fitur keselamatan lebih canggih, tentu makin baik, hanya saja pertimbangkan juga budget jika itu membuat mobilnya jadi terlalu mahal.

Kelegaan Kabin

Mobil keluarga yang baik adalah mobil yang memiliki kabin lega untuk orang dewasa di tiap baris-nya. Karena mobil tersebut akan sering digunakan oleh penumpang yang bermacam-macam postur tubuhnya.

Mobil 7-seater rata-rata memiliki kabin baris ketiga yang sempit. Bahkan dari segmen mobil mewah berharga Rp 500 jutaan ke atas pun semisal Honda CR-V, Nissan XTrail, Hyundai Santa Fe, dan Toyota Fortuner, baris ketiganya tergolong sempit dan tidak nyaman untuk orang dewasa.

Hanya beberapa saja diantara mobil 7-seater yang memiiki kabin baris ketiga yang lega dan posisi duduk nyaman untuk orang dewasa. Biasanya dari segmen mobil yang lebih murah seperti Low MPV, Low SUV dan Medium MPV. Daftar mobilnya antara lain Honda All New BR-V, Suzuki XL7, Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga, juga Toyota Innova.

Komparasi Tampilan Belakang - All New BR-V vs Rush-Terios vs Xpander Cross vs XL7
Low SUV dengan kabin lega – All New BR-V – Rush-Terios – Xpander Cross – XL7

Kapasitas Bagasi

Kapasitas bagasi penting untuk tersedia cukup lega dengan semua kursi ditegakkan. Karena mobil keluarga bukan hanya untuk mengangkut orang, tapi juga barang bawaan. Mobil dari segmen Low MPV dan Low SUV adalah yang paling baik untuk kebutuhan ini.

Beberapa mobil 7-seater memiliki bagasi yang sangat sempit jika semua kursi ditegakkan, sehingga kurang kami rekomendasikan untuk dijadikan mobil keluarga, misalnya ada Datsun Go+, Datsun Cross, Renault Triber, dan Kia Sonet 7-Seater.

Kepraktisan

Kepraktisan adalah hal yang penting di mobil keluarga. Kepraktisan ini juga termasuk fleksibelitas ruang bagasi, ruang penyimpanan yang banyak dan lainnya. Berikut hal-hal yang termasuk dalam kepraktisan sebuah mobil keluarga:

  • Ruang Penyimpanan: Sebaiknya ada ruang penyimpanan dan cup-holder di tiap baris kabin, termasuk untuk tempat kartu dan coin di kabin depan.
  • Kemudahan akses antar baris: Kemudahan untuk keluar-masuk kabin baris ke-3 sangatlah penting pada mobil keluarga. Fitur yang paling cocok untuk kebutuhan ini adalah one-touch-tumble pada kursi baris kedua.

Kenyamanan

Kenyamanan di mobil keluarga harus menjadi prioritas ketimbang kenikmatan mengemudi dan kelengkapan untuk kebut-kebutan. Karena yang penting dari sebuah mobil keluarga adalah kenyamanan dan keselamatan dalam perjalanan.

Berikut poin-poin yang penting dipertimbangkan untuk kenyaman mobil keluarga:

  • Suspensi yang empuk – akan sangat berguna menghindari kelelahan penumpang karena getaran berlebihan saat melalui jalanan tidak rata.
  • Driving Position – kenyamanan pengemudi juga penting agar tidak cepat lelah untuk perjalanan jauh. Mobil dengan pengaturan ketinggian kursi, pengaturan setir yang lengkap akan lebih baik.
  • Posisi duduk penumpang – kemiringan sandaran kursi dan fleksibilitas pengaturan kursi sangat penting untuk kenyamanan penumpang.
  • Sandara kepala dan tangan – ketersediaan adjustable head rest dan arm-rest akan menjadi nilai tambah fungsional untuk kenyamanan.
  • Pembalut jok – bahan pembalut jok yang nyaman juga penting. Sehingga mobil yang secara build-in sudah nyaman pembalut kursinya akan lebih baik untuk dipilih.
  • AC – Penting tersedia AC double blower. Pengaturan tidak harus digital, namun mobil dengan AC auto-climate control akan lebih nyaman dibanding AC yang tidak auto.

Ground Clearance

Untuk mobil keluarga, GC yang tinggi akan lebih baik untuk kemampuan mobil menjelajah berbagai kontur jalan. GC minimal 200 mm (20 cm) adalah yang paling cocok untuk kondisi jalanan di Indonesia.

MPV mewah dengan GC rendah tidak kami sarankan untuk dipilih, kecuali memang hanya akan digunakan di jalanan mulus, yang kami kira itu hampir tidak mungkin di Indonesia.

Fitur Fungsional

Beberapa fitur fungsional juga bisa dipertimbangkan menjadi nilai tambah untuk mobil keluarga. Khususnya yang terkait dengan fitur keselamatan, kepraktisan dan kenyamanan, itu bisa diprioritaskan, misalnya sebagai berikut:

  • Sensor dan kamera parkir – akan sangat berguna untuk mempermudah parkir di ruang sempit, sehingga mobil aman dari tertabrak ke benda keras di parkiran.
  • Power outlet di tiap baris kabin – ini tidak begitu wajib, namun jika ada mobil yang memiliki fitur ini, akan lebih baik untuk kenyamanan semua penumpang.
  • Cup holder di tiap baris kabin – ini adalah kelengkapan yang hampir wajib, makin banyak cup holder akan lebih baik untuk mobil keluarga, terutama untuk digunakan saat perjalanan jauh.
  • Fitur-fitur pengendalian dan keselamatan – seperti Stablity Control, Hill Start Assist, Cruise Control atau adaptive cruise, lane keeping assist system, collision mitigation brake system, traction control dan lain sebagainya. fitur-fitur tersebut tentu membuat harga mobil lebih mahal, namun keberadaannya sangat bermamfaat.

Value for Money

Sebesar apapun harapan dan kesukaan seseorang calon pembeli mobil pada mobil yang ingin dia beli, pada akhirnya ketersediaan uang akan membatasi pilihannya. Maka orang yang cerdas memilih mobil akan menilai value for money dari mobil yang akan dibeli, agar mendapat mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Value for money adalah perbandingan antara harga mobil dengan kelengkapan fitur yang dimiliki mobil. Ada mobil yang terlihat lebih gagah dan lebih menarik, tapi ternyata harganya 2 kali lipat dari mobil lain dengan fitur-fitur yang sama atau bahkan lebih baik.

Ada mobil yang fiturnya lengkap, namun harganya berkali-kali lipat dari mobil lainnya. Namun ternyata harga yang mahal tersebut disebabkan oleh adanya fitur-fitur yang sebenarnya akan jarang digunakan atau tidak begitu fungsional, semisal sun-roof atau speaker branded.

Maka bedakan antara nafsu mata atau nafsu bergaya untuk tampil trendi dan kaya, versus kebutuhan atas mobil keluarga yang sebenarnya, yaitu akomodasi, kenyamanan, kepraktisan dan keselamatan dalam berpergian.

Kemudahan Perawatan dan Biaya Operasional

Pilihlah mobil yang mudah diakses bengkel-bengkel resminya, mudah didapat suku cadangnya dan harga suku cadangnya terjangkau oleh dompet Anda. Agar mobil Anda tidak menjadi mesin penguras isi rekening.

Selain itu, perlu diperhitungkan biaya operasional mobil tersebut, semisal terkait dengan hal-hal berikut:

  • Keiritan bahan bakar – makin irit suatu mobil keluarga, itu akan makin baik untuk ekonomi pemiliknya.
  • Biaya operasional dan perawatan – biaya servis rutin yang terjangkau juga penting dipertimbangkan.
  • Pajak – jangan terburu nafsu membeli mobil second keren berlencana Eropa, walau harganya nampak sudah murah. Karena pajaknya adalah pajak untuk standar barang mewah, itu akan menguras rekening Anda di akhir tahun.

Hal-hal yang Bisa Diabaikan

Beberapa hal sering menjadi faktor utama seseorang memilih mobil kesayangannya, namun sebenarnya untuk mobil keluarga, hal tersebut sebenarnya tidak begitu diperlukan dan bisa diabaikan demi mendapat mobil yang lebih tepat sesua kebutuhan.

Design Gagah Menawan

Selera tiap orang pada tampilan luar mobil adalah berbeda-beda. Jika Anda menginginkan semua orang sependapat bahwa mobil Anda terlihat gagah, cakep dan menawan, Anda pasti akan kecewa. Maka jadilah cerdas memilih mobil dengan mengutamakan hal-hal fungsional ketimbang pada tampilan dan gaya.

Yakinlah semua mobil sudah didesain sebaik mungkin oleh pabrikannya. Anda akan menyukai tampilan mobil Anda jika sudah memilikinya.

Maka pentingkanlah hal-hal yang memang penting dipertimbangkan untuk mobil keluarga, ketimbang nafsu memiliki mobil yang terlihat mewah atau yang membuat Anda nampak seperti orang kaya. Orang justru akan berprasangka buruk pada Anda, jika Anda terlalu bergaya yang tidak sesuai dengan level ekonomi Anda.

Kenikmatan Mengemudi

Ingatlah bahwa saat membeli mobil keluarga, kita akan mementingkan semua anggota keluarga sebagai penumpang mobil. bukan kenikmatan pribadi kita sebagai pengemudi. Maka keselamatan dan kenyamanan penumpang harus menjadi prioritas lebih besar ketimbang kenikmatan mengemudi.

Lagi pula, mobil yang terlalu nikmat dikemudikan biasanya memiliki set suspensi yang kalu dan tidak nyaman untuk penumpang. Selain itu, pengemudi yang keasyikan mengemudi, sering melupakan kenyamanan dan keselamatan penumpangnya, karena menikmati bermanufer di kecepatan tinggi.

Tenaga Besar

Yang lebih penting adalah bahwa tenaga mobil mencukupi untuk membawa beban maksimal mobil, tidak sekarat saat melahap tanjakan dan dapat dikendarai dengan halus. Maka mobil dengan angka tenaga optimum adalah lebih baik untuk dipilih jadi mobil keluarga.

Sedangkan mobil dengan tenaga besar biasanya akan berharga lebih mahal, karena teknologi mesinnya lebih canggih. Maka tidak perlu membeli mobil bertenaga super untuk sebuah mobil keluarga.

Fitur Hiburan Canggih

Fitur hiburan canggih sejatinya tidak begitu diperlukan di dalam mobil. Karena biasanyanya itu membuat harga mobil jadi terlalu mahal. Padahal secara fungsional, dengan fitur hiburan standar, itu sudah cukup. contoh fitur hiburan yang bisa diabaikan pada mobil antara lain adalah:

  • Speaker branded – ini adalah demi kepuasan nafsu bergaya dan telinga belaka. Padahal dengan speaker biasa, kita sudah mengerti dan mampu membedakan setiap kata-kata dan bunyi-bunyian yang keluar dari speaker tersebut. Sedangkan speaker branded membuat harga mobil bisa meningkat hingga puluhan juta.
  • Apple CarPlay dan Android Auto – fitur ini memang terasa canggih dan oleh karenanya mendongkrak harga mobil. Namun sejatinya fungsinya tidak begitu signifikan pada fungsi mobil. Gadget akan lebih banyak digunakan pada gadgetnya ketimbang terpusat di head unit kendaraan.
  • Head Unit dengan DVD PLayer – di masa kini, DVD tidak lagi digunakan orang secara masif, fungsinya sudah mulai ditinggalkan, maka head unit dengan DVD player tidak menambah value for money pada mobil.

Fitur Penunjang Non-Fungsional

Beberapa fitur sebenarnya jarang digunakan dan bahkan beberapa diantarannya banyak yang menganggur alias tidak pernah digunakan pemiliki mobil. Padahal itu menaikkan harga mobil secara signifikan, antara lain:

  • Sun-roof – fitur yang lebih banyak nganggur di Indonesia, karena cuaca yang relatif panas lebih membutuhkan atap mobil yang tertutup dari cahaya matahari.
  • Fitur-fitur gimmic semisal voice-command, remote start engine, fitur pintu bagasi dengan sensor, head-up display, dan lain sebagainya yang membuat harga mobil jadi mahal.
  • MID full digital – Jika ada mobil dengan MID full digital dan analog, namun perbedaan harganya jadi puluhan juta karena fitur tersebut, maka sebenarnya fitur digital tersebut bisa diabaikan.
  • Mode mengemudi sport – ini tidak begitu diperlukan pada mobil keluarga, karena mobil keluarga bukan untuk kebut-kebutan.

Nilai Jual Kembali (Resale Value)

nilai jual kembali mobil semestinya tidak menjadi faktor penting dalam memilih mobil keluarga. Karena kita membeli mobil untuk digunakan dengan aman dan nyaman. Bukan untuk segera dijual kembali.

Baca juga:

Dari banyak kriteria di atas, maka jenis mobil yang kami sarankan untuk dijadikan mobil keluarga, khususnya bagi kelas ekonomi menengah ke bawah adalah dari jenis Low SUV dengan pilihan 5 mobil, yaitu Honda All New BRV, Suzuki XL7, Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Atau MPV seperti Toyota Innova, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Wuling Cortez, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia.

Perbandingan All New BR-V vs Rush-Terios vs Xpander Cross vs XL7
Pilihan Low SUV di Indonesia All New BR-V – Rush-Terios – Xpander Cross – XL7

Itulah tips cerdas memilih mobil keluarga yang bisa kami sampaikan. Pada intinya adalah untuk lebih mementingkan faktor-faktor dari segi mamfaatnya pada mobil keluarga. Ketimbang hal-hal yang hanya menggoda mata dan telinga, namun sejatinya tidak begitu signifikan memberi mamfaat dan membuat mobil jadi lebih mahal harganya.

Demikian, semoga artikel ini bermamfaat bagi Sobat pembaca yang sedang memilih mobil untuk keluarga tercinta. Selamat memilih mobil kesayangan!

Tulis Komentar