Dominic Toretto (Vin Diesel) - Membalap dengan NOS - Fast & Furious

Memahami NOS, Cara Kerja Nitrous yang Bikin Mobil Kencang di Film Fast & Furious

AutoWorld Tips

CaruserMagz.com – Memahami Gas Nitro atau NOS dan Cara Kerjanya Membuat Mobil Super Kencang – Jika teman-teman adalah penggemar film “The Fast and The Furious“, tentu kalian mengenal tabung NOS yang digunakan pembalap jalanan seperti Dominic Toretto, Brian O’Conner, Letty dan kawan-kawannya. Benarkah gas di dalam tabung NOS tersebut bisa membuat mobil jadi super kencang dan bagaimana cara kerjanya? Simak artikel ini hingga selesai.

Mengenal Gas Nitrous Oksida

Gas di dalam tabung NOS sebenarnya adalah Nitrous Oksida yang dalam rumus kimianya adalah N2O. Ini adalah senyawa yang berbeda dengan Nitrogen Oksida (NO2). Nitrous merupakan gas yang tidak berwarna dan sebenarnya bukanlah gas yang mudah terbakar seperti anggapan banyak orang. Namun gas ini memiliki sedikit aroma dan rasa manis jika terkena lidah manusia.

Gas yang nama lengkap kimianya Dinitrogen Monoksida ini lebih masif digunakan untuk pembiusan (anastesi) dan mematikan rasa (analgesik) di dunia kedokteran. Gas ini juga dikenal sebagai “Gas Tertawa” karena efek kegirangan (euforia) yang dialami manusia apabila menghirupnya, sehingga dulu pernah digunakan sebagai halusinogen rekreatif (hiburan).

Nitrous merupakan salah satu gas rumah kaca, sehingga dia juga bersifat pencemar udara, N2O termasuk gas yang berbahaya karena memiliki 298 kali pengaruh yang lebih kuat per satuan berat dibanding CO2 dalam rentang waktu 100 tahun. Di udara, Nitrous Oksida bereaksi dengan atom oksigen membentuk NO yang mampu memecah lapisan ozon.

Nitrous Kit - NOS Kit yang Terpasang di Bagasi Mobil
Nitrous Kit – NOS Kit yang Terpasang di Bagasi Mobil

Cara Kerja NOS

Sifat N2O yang dimamfaat pada tabung NOS adalah bahwa pada suhu tinggi N2O bersifat oksidator kuat seperti oksigen. Sehingga gas ini telah digunakan di dunia balap sejak awal tahun 1950-an untuk meningkatkan tenaga mesin. Karena sifat ini, gas Nitrous juga digunakan pada pembakaran roket. Di dunia militer, gas ini digunakan untuk mendeteksi ranjau atau peledak lainnya yang gagal atau belum meledak.

Mengijeksikan gas Nitrous ke ruang bakar mesin mobil berarti menyuntikkan oksidator ke mesin bersama dengan bahan bakar ekstra. Gas Nitrous yang melepaskan oksigen pada temperatur 299oC (570oF) meningkatkan tekanan di ruang bakar dan menambah jumlah oksigen sehingga membakar lebih banyak bbm. Dengan meningkatkan proses pembakaran akan menambah tenaga yang dikeluarkan mesin secara signifikan dan pada akhirnya membantu mobil mencapai kecepatan yang lebih tinggi.

Mengapa Harus Gas Nitrous Oksida?

Mungkin banyak orang berfikir, jika komponen terpentingnya dari gas Nitrous yang diambil pada proses pembakaran adalah Oksigen, mengapa tidak menggunakan tabung oksigen saja sekalian. Namun sifat oksigen yang sangat mudah terbakar akan menyebabkan ledakan di ruang mesin, itu sangat berbahaya karena bisa merusak mesin atau bahkan menyebabkan kebakaran hebat.

Nitrous oksida adalah pilihan yang lebih aman karena tidak mungkin meledak pada suhu kamar dan di bawah tekanan tinggi. Hal yang lebih penting di mesin adalah proses pembakaran yang rata atau mulus, efisien dan tidak meledak-ledak. Hal tersebut senada dengan bahan bakar beroktan tinggi yang lebih bagus dari yang beroktan rendah, karena oktan tinggi mengurangi ledakan yang tidak perlu pada proses pembakaran.

Gas Nitrous Oxide di dalam tabung NOS biasanya berbentuk cairan. Liquid gas tersebut seketika menguap di intake manifold, yang mengurangi suhu di intake charge. Proses pendinginan ini membantu menurunkan detonasi dan meningkatkan keluaran tenaga mesin.

Berapa Banyak Tenaga (HP) yang Ditambah oleh Nitrous?

Jika melihat balapan di film “Fast and Furious” yang menggunakan NOS, mungkin kita mengira itu hanya permainan kamera dan melebih-lebihkan belaka. Namun pada kenyataannya itu benar adanya, gas Nitrous Oksida bisa menambah tenaga yang luar biasa banyak hingga sekitar 100 atau 200 tenaga kuda dalam waktu yang instan. Namun itu berarti Anda harus membakar uang ekstra untuk kecepatan luar biasa yang meningkatkan risiko kecelakaan fatal.

Jadi tidak bisa serampangan, Anda harus mengikuti beberapa aturan untuk menikmati kecepatan dan tenaga buas dari kinerja NOS. Kuncinya adalah memilih tenaga kuda yang benar untuk sebuah mesin. Misalnya, mesin 4-silinder dapat menampung tambahan tenaga kuda 40 hingga 60 hp, sedangkan mesin 6-silinder mampu ditambah 75 hingga 200 hp. Jadi, setiap mesin memiliki kapasitas terbatas terkait berapa banyak tenaga ekstra dari NOS yang dapat ditampungnya. Anda harus menambahkan kit NOS yang sesuai dengan kemampuan mesin kendaraan Anda.

Baca: Memahami Perbedaan Tenaga Kuda vs Torsi

Apakah Nitrous di Mobil Dilarang?

Hanya sedikit negara di dunia yang mengeluarkan aturan tambahan terkait NOS atau menyatakannya ilegal, misalnya di New South Wales Australia dan California Amerika Serikat. Namun kebanyakan negara tidak mempermasalahkannya. Bahkan di negara-negara yang aturan lalu-lintasnya ketat seperti Inggris Raya dan Jerman NOS adalah legal, untuk kendaraan jalanan sekalipun. Permasalahannya mungkin adalah dengan perusahaan asuransi kendaraan yang tidak bersedia membayar klaim atas kecelakaan yang terjadi terkait modifikasi dengan NOS, jika pemilik mobil menggunakan jasa mereka.

Cara Menggunakan NOS di Mobil

NOS atau Nitrous Oxide digunakan pada mobil dengan serangkaian perangkat yang disebut “Kit Nitrous“. Perangkat ini rata-rata memiliki bagian-bagian sebagai berikut ini:

  • Sebotol nitrous terkompresi
  • Jet bahan bakar dan nitrous
  • Saluran pipa bertekanan tinggi
  • Konektor listrik
  • Solenoida
  • Beberapa sakelar
  • Pengkabelan
  • Braket pemasangan
  • Perangkat keras yang diperlukan
  • Manual instruksi

Tidak ada kit aftermarket yang 100% lengkap. Beberapa mobil mendapat kit lengkap dari pabrikan, tetapi itu dibuat untuk beberapa mobil berperforma tinggi tertentu, seperti Mustang GT. Anda harus membeli beberapa komponen tambahan untuk instalasi yang aman.

NOS Kit - Nitrous Kit dan Komponennya
NOS Kit – Nitrous Kit dan Komponennya

Instalasi harus dirangkai dan dipasang oleh tenaga ahli, karena ini bukanlah modifikasi yang berisiko rendah, baik pada mobil maupun penumpangnya. Berhati-hatilah, karena botolnya bisa meledak jika terlepas. Kebocoran gas ini di ruang kabin mobil juga berbahaya, apalagi jika dalam kondisi mobil dikendarai. Ingat ini adalah gas yang juga digunakan sebagai obat bius untuk pasien yang akan dioperasi oleh dokter. Terhirup gas ini saat mengemudi, akan membuat Anda terbangun di alam akhirat.

Waspadai Beberapa Peringatan Berikut!

Pengemudi – Menggunakan NOS di jalan raya bukanlah pilihan bijak. Sebaiknya hanya digunakan untuk arena balapan dan hanya dilakukan oleh pengemudi profesional. Karena kecepatan dan tenaga besar yang tiba-tiba bukanlah sesuatu yang bisa dianggap mainan jalanan. Pengemudi harus menanganinya dengan hati-hati dan mampu menghandel kecepatan dengan tetap tenang untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Mesin – Pastikan mesin mobil yang mengaplikasikan NOS benar-benar kompatibel. Nitrous oksida dapat menghasilkan tenaga besar yang dapat membuat kendaraan mengalami tekanan dan ketegangan yang sangat besar. Mesinnya harus cukup kuat untuk menangani tenaga ekstra, konstruksi sasisnya juga harus kokoh untuk kecepatan tinggi.

Frequensi Pemakaian – Jangan melakukan NOS yang berlebihan. Ini bukanlah perangkat yang bisa digunakan terus-menerus. Menggunakan lebih banyak oksida nitrat daripada yang dapat ditangani mesin akan menyebabkan efek kerusakan pada berbagai komponen mobil, seperti kopling dan gear-box. Selain itu, kecepatan dan percepatan yang dihasilkan bisa jadi melewati batas kemampuan mobil dari sisi ketahanan konstruksi dan aerodinamis.

Ban – Spesifikasi dan daya tahan ban juga harus disesuaikan jika Anda memodifikasi kemampuan mobil terhadap kecepatan dan output tenaga. Pertanyaannya adalah apakah ban tersebut mampu menampung tenaga dan kecepatan baru yang dihasilkan oleh NOS.

Itulah semua hal tentang NOS atau gas Nitrous Oksida yang bisa membuat mobil kencang di lintasan balap. Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar jika Sobat pembaca memiliki pengalaman mengenai topik ini.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar