Tips Oplos Pertalite Jadi Bensin RON-92, Harga Lebih Murah dari Pertamax

Tidak Semua Mobil Murah bisa Pakai BBM Murah

CaruserMagz.comTips Oplos Pertalite Jadi Bensin RON-92 – Situs media otomotif yang reputable, OtoDriver.com memposting artikel mengenai tips mengoplos BBM bensin di tengah kenaikan harga BBM yang meroket, dengan judul yang cukup fantastis, yaitu “Kenaikan Harga BBM Bikin Pusing? Ngoplos Bensin Ini Bisa Jadi Alternatif“.

Dalam artikel itu, OtoDriver merujuk pada hasil konsultasinya pada HM Gazy Amin, Direktor PT Catur Bangun Putra, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang distribusi BBM di Indonesia.

Menurut Gazy, untuk mensiasi harga BBM yang mahal, bisa dilakukan dengan cara mengoplos BBM RON rendah dengan RON tinggi untuk meninggkatkan spesifikasi BBM tersebut.

Baca:  Harga BBM Swasta VIVO dan SHELL Turun saat Pertamina Naikkan Pertalite dan Pertamax

Dia mencontohkan mengoplos BBM RON-89 dari Vivo dengan Pertamax Turbo yang memiliki angka RON-98. Dengan jumlah liter yang sama, maka angka RON hasil oplosannya akan linier dengan proporsi jumlah kuantitas.

Sehingga pada akhirnya menghasilkan BBM dengan RON lebih tinggi, tapi dengan harga lebih murah dari Pertamax RON-92. Artikel saran OtoDriver tersebut lebih jelas bisa dibaca pada screenshot berikut:

Tips Oplos Bensin dari OtoDriver
Tips Oplos Bensin dari OtoDriver

Jika saran tersebut kita jadikan basis untuk mendapatkan hitung-hitungan paling optimum, agar bisa membeli BBM bensin RON-92 dengan harga yang lebih murah dibanding Pertamax, maka bisa kita simulasikan untuk mengoplos Pertalite dengan Pertamax Turbo (*syarat dan ketentuan Pemerintah berlaku).

Baca:  Daftar Harga BBM Non-subsidi di 34 Provinsi Setelah Naik per 3 Agustus 2022: PertaMax Turbo, Dexlite, PertaDex

Sehingga pada akhirnya, kita bisa mendapatkan bensin RON-92 dengan harga yang lebih murah dari Pertamax RON-92, tapi sedikit lebih mahal dari Pertalite. Berikut simulasi hitungannya:

Cara Beli Bensin RON-92 dengan harga di bawah Pertamax
Cara Beli Bensin RON-92 dengan harga di bawah Pertamax – sumber: CaruserMagz-IG

Jadi dengan uang Rp 200.000, kita bisa mendapatkan 17,4 liter BBM RON-92 sebagai hasil oplosan antara Pertalite dan Pertamax Turbo.

Jika dibandingkan membeli 100% Pertamax RON-92, maka uang Rp 200.000 hanya akan mendapatkan 13,8 liter saja. Sedangkan dengan cara mengoplos Pertalite+Pertamax Turbo, kita bisa mendapatkan harga di Rp 11,493/liter dan jumlah 3,6 liter lebih banyak.

*Tapi saran ini tentu hanya bisa dilakukan jika mobil yang diisi BBM memenuhi ketentuan Pemerintah untuk boleh diisi Pertalite, yaitu mobil bermesin 1.400 cc ke bawah, semisal LCGC, small hatchback atau sub-compact SUV.

Baca:  Barang Penting Dibawa saat Mudik dengan Mobil Pribadi, Jangan Disepelekan!

Secara ilmiah, kami tidak begitu memahami teori oplos-mengoplos BBM ini, apakah memang proporsi kuantitas linier dengan proporsi angka RON. Tapi kami kira, media sekelas OtoDriver tidak akan sembarangan memposting artikel.

Demikian tips oplos Pertalite Jadi Bensin RON-92 ini, semoga bermamfaat. Jika Sobat punya saran berbeda atau ternyata ada risiko buruk yang mungkin terjadi dari saran tersebut, jangan segan untuk berbagi di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *