Mitsubishi Xpander Tak Bisa Dipakai Mudik, Konsumen Pilih Mobil Lain

CaruserMagz.com – Mendekati musim mudik lebaran, permintaan unit kendaraan yang siap digunakan meningkat secara signifikan. Itu penjadi peluang spasial bagi produsen mobil di Indonesia. Namun hal itu tidak bisa menjadi berkah bagi PT MMKSI dengan Mitsubishi Xpander-nya, karena kapasitas produksi yang terbatas membuat waktu inden tidak memungkinkan konsumen untuk mendapat unit kendaraan yang dipesan dalam waktu cepat.

 
Kondisi tersebut dibenarkan oleh PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) bahwa menjelang Lebaran, penjualan Mitsubishi Xpander tidak ada peningkatan.

 
Bukan karena mobil tersebut kurang peminat, namun lebih karena waktu inden yang lama, sehingga banyak konsumen yang telah memesan tidak bisa menggunakan mobil barunya untuk mudik lebaran.

 
Sedangkan kompetitor dari Toyota dan Daihatsu, mempercepat produksinya pada model-model yang sedang hangat seperti Toyota All New Rush dan Daihatsu All New Terios. Inden kedua Low SUV tersebut dikabarkan lebih cepat, sehingga tidak sedikit konsumen yang beralih membeli SUV tersebut.

 
“Jika dilihat dari SPK sejauh ini masih stabil, tapi mungkin ada konsumen yang lebih mencari unit ready untuk digunakan saat mudik Lebaran,” kata Imam Choeru Cahya, Head of Sales and Marketing PT MMKSI.

 
Sebenarnya sudah ada peningkatan pada waktu inden Xpander, yaitu sekitar 3 bulan yang sebelumnya sempat mencapai 6 bulan. Namun itu belum cukup untuk memenuhi ekspektasi konsumen yang membutuhkan mobil saat mudik lebaran. Sehingga banyak yang memilih membeli unit ready di dealer.

 
Baca juga:
Inden Xpander Kian Lama, Pelanggan Batal SPK
Mitsubishi Xpander Tumbangkan Avanza dari Gelar Raja MPV Indonesia

 
Dengan kondisi tersebut, Mitsubishi juga telah resmi meluncurkan Xpander di 2 negara tetangga, yaitu Filipina dan Thailand. Sehingga selain memenuhi pesanan di Indonesia, PT MMKSI juga harus memenuhi kebutuhan ekspor. Namun PT MMKSI mengatakan bahwa kapasitas produksinya mampu memenuhi pesanan Xpander tersebut.

 
Sejak kehadirannya, Mitsubishi Xpander memang cukup fenomenal karena langsung diserbu konsumen. Sejak Februari 2018 Xpander berhasil merebut gelar mobil terlaris di Indonesia dari Toyota Avanza. Hingga akhir April 2018, Xpander telah terjual sebanyak 29.069 unit, sedangkan Avanza 28.330 unit.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *