Wuling Victory Meluncur Oktober 2020, Siap Gebuk Innova di Pasar Global

Wuling Victory - Tampak Depan

CaruserMagz.comWuling Victory Meluncur Bulan Depan – Wuling Victory cukup heboh diberitakan media otomotif seluruh dunia pada Mei hingga Juni 2020 lalu. Pasalnya mobil ini digadang-gadang sebagai produk global dari raksasa otomotif China yang akan menyerbu pasar dunia, hingga ke Eropa. Artinya, secara spesifikasi, kualitas dan fitur, MPV ini tidak akan main-main.

Victory adalah mobil yang bersejarah bagi sang pabrikan join venture SAIC Motor, General Motors dan Liuzhu Wuling Motors (SGMW), karena merupakan mobil pertama yang dipasangi logo global Wuling, berupa logo berbentuk huruf W yang kita kenal, namun berwarna silver, bukan merah menyala.

Baru-baru ini diberitakan oleh CarNewsChina.com, bahwa Wuling Victory akan segera diluncurkan untuk pasar dalam negeri pada awal kuartal ke-4 tahun 2020 ini, artinya kemungkinan Wuling Victory meluncur pada bulan Oktober. Belum ada kabar mengenai jadwal peluncuran internasional, namun dikabarkan MPV bongsor ini direncanakan mengaspal di Eropa pada tahun 2022.

Wuling Victory Tampak Belakang
Wuling Victory Tampak Belakang

Yang menarik dari rilis berita tersebut adalah daftar harganya yang masih disebut perkiraan, tapi cukup detil angkanya. Dikabarkan MPV mewah Wuling ini akan disediakan dalam 3 tipe, yaitu Standar, Premium dan Luxury, dengan banderol harga mulai 82.800 Yuan hinggga 138.800 Yuan.

Jika dirupiahkan itu sekitar Rp 177 Juta hingga 297 Juta. Sebagai perbandingan, Boujun 530 yang merupakan Wuling Almaz versi China dibanderol 75.800 – 115.800 Yuan atau sekitar Rp 160 – 244 jutaan, sedangkan di Indonesia berharga Rp 267 – 342 Juta. Dengan analogi harga Almaz tersebut, maka jika masuk ke Indonesia, Wuling Victory bisa head-to-head dengan Toyota Innova, yaitu dengan harga sekitar Rp 300 – 400 jutaan.

Jika diproduksi lokal di pabrik Wuling, bisa jadi harganya akan lebih murah, sehingga kurang dari 400 jutaan. Itu akan menjadi alternatif sangat menarik bagi peminat Toyota Innova atau bahkan SUV 7-Seater di Indonesia, mengingat fitur-fitur canggih serta tampilan desain eksterior dan interior Wuling Victory ini terlihat menggoda.

MPV mewah Wuling ini akan menjadi penantang sesungguhnya dari Innova, pada segmen Medium MPV 7-Seater. Sedangkan Wuling Cortez lebih akan merecoki segmen Low MPV dengan banderol bergesekan dengan segmen MPV dan Low SUV.

Dalam hal dapurpacu, Victory juga mendapat upgrade hingga lebih bertenaga dibanding Wuling Almaz. MPV Wuling ini dikabarkan akan dibekali mesin 1.500 cc Turbo 4-silinder bertenaga hingga 179,5 PS dan torsi 250 Nm. Berpenggerak roda depan dengan pilihan transmisi otomatis 8-percepatan dan manual 6-percepatan.

Baca: Wuling Victory, MPV yang Disiapkan untuk Pasar Eropa

Wuling Victory - Interior Kabin
Wuling Victory – Interior Kabin

Hal-hal yang menarik dari Wuling Victory ini antara lain desainnya yang futuristik dan sedap dipandang dari semua sisi, juga desain interior yang sangat berbau mobil premium Eropa. Konsep interiornya lebih simpel dan elegan, sehingga akan sangat menggoda semua level umur konsumen, kontras dengan Innova yang lebih digemari kalangan berumur banyak.

Fitur-fitur yang telah terdeteksi dari perkenalannya di bulan Mei 2020 lalu antara lain ada panoramic sun roof, head unit yang terintegrasi dengan pengaturan fitur-fitur mobil. Sangat memungkinkan mobil ini memiliki fitur voice command seperti pada Wuling Almaz, mengingat minimnya tombol-tombol pengaturan pada dashboard dan konsol tengah.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar